logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Polar Vortex Penyebab Cuaca Dingin Ekstrem di AS

Polar Vortex Penyebab Cuaca Dingin Ekstrem di AS(cnnindonesia.com)-JAKARTA, Sejak 30/1/19, Cuaca Ekstrem (dikenal dengan Polar Vortex melanda  negara2 bagian di AS. Apa itu Polar Vortex? Polar Vortex, aliran udara dingin bertekanan rendah yang berputar di kutub utara dan selatan. Aliran udara dingin ini berputar berlawanan arah arum jam.

Pusaran udara dingin ini berputar konstan di utara (atau selatan). Tapi, saat musim dingin, aliran udara ini kadang jadi tak stabil dan melebar secara acak. Ketika peristiwa ini terjadi, wilayah yang terimbas biasanya bisa mengalami temperatur dibawah nol derajat, seperti dikutip dari Scijinks.gov.
Ketika hal ini terjadi saat musim dingin di bumi belahan utara, sehingga berimbas pada negara2 sekitar seperti Kanada, AS, Rusia, atau China bagian utara. Di Amerika Serikat, peristiwa ini kerap terjadi dan seringkali diasosiasikan dengan wabah udara dingin, seperti dilansir dari  Weather.gov.

Akibat fenomena ini, cuaca di Chicago mencapai (-) 28° C bahkan sebagian wilayah di Ontario ada yang mencapai minus 54° C. Di saat bersamaan, di Alaska yang lebih dekat kutub utara bersuhu (-) 11° C. Cuaca ekstrem serupa sempat melanda Kanada dan AS (2014). Akibat cuaca dingin yang ekstrem ini sebagian air terjun Niagara membeku. Danau Michigan pun membeku.

 

Terkait Perubahan Iklim?

Pengaruh pemanasan global dan perubahan iklim pada seringnya polar vortex terjadi jadi perdebatan. Peneliti mulai bisa menyibak pengaruh pemanasan global dan perubahan iklim pada curah hujan, gelombang panas, kebakaran hutan, dan kekeringan. Tapi mereka belum dapat bukti kalau pemanasan global berpengaruh pada polar vortex.

“Saya nyatakan ilmu sains hal ini belum lengkap. Hingga k ini kami belum dapat bukti,” jelas Ben Kiran, profesor ilmu atmosfer dari Universitas Miami Rosenstiel, Sekolah Ilmu Kelautan dan Atmosfer, dikutip Channel News Asia. Perubahan iklim disebut belum berpengaruh pada frekuensi berapa sering polar vortex terjadi. Tidak juga ditemukan hubungan perubahan iklim dan dinginnya suhu polar vortex.

Warga  mesti menggunakan ski untuk keluar rumah akibat salju terlalu tebal. Saking dinginnya, uap nafas langsung jadi es ketika seorang wanita mencoba ber-OR di luar rumah. Cuaca ekstrim di AS berdampak pada 250 juta penduduk.

 

Mengutip Reuters, setidaknya 21 orang meninggal, diantaranya wanita (60) wafat di rumahnya kawasan Ohio akibat hipotermia. Mengutip VOA Indonesia, lebih dari 11.000 penerbangan dibatalkan. (din/eks; Bahan dari : CNN Indonesia dan https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190201194153-199-365826/mengenal-polar-vortex-penyebab-cuaca-dingin-ekstrem-di-as)-FatchurR *

One Response to Polar Vortex Penyebab Cuaca Dingin Ekstrem di AS

  • Harry Reksosamudra says:

    Membayangkan peristiwa alam yg terjadi di negeri 4 musim spt Amerika dari kacamata kita yg dua musim ini, merasakan setiap pergantian musim dipastikan diiringi oleh peristiwa alam yg dlm kondisi normal sj ckp ribet. Aplgi adanya polar vortex, ribetnya kian bertambah gawat malahan, sp2 airmancur beku jg di rmh2 air PAM nya juga beku, amat mengganggu aktifitas harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita