logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pohon ganti kelamin

Merdeka.com-Pohon berusia 5.000 tahun ini di Fortingall Yew, Perthshire, Skotlandia, mengalami proses pergantian kelamin. Ahli perkebunan kemarin mengatakan kejadian itu fenomena langka dan tak lazim. Pohon itu ratusan tahun diketahui berkelamin jantan, namun baru2 ini putik bunga mulai bermunculan, menandakan sebagian dari pohon ini berganti kelamin.

“Ini kejadian langka, tidak biasa dan tidak sepenuhnya bisa dimengerti,” ujar Max Coleman, ahli perkebunan dari Kebun Raya Kerajaan Edinburgh, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (2/11). Menurut Coleman, pergantian kelamin itu disebabkan ada pergeseran keseimbangan hormon dalam pohon itu. “Salah satu faktor pemicunya adalah tekanan lingkungan,” kata dia.

Namun, kata dia, pohon itu terlihat sehat. Para ahli kini akan terus mengamati perkembangan dari pohon itu. [pan; http://www.merdeka.com/dunia/pohon-5000-tahun-ini-ganti-kelamin.html]-FatchurR

————

 

Berikut tambahan artikel IPTEK lainnya :

  1. Target Indonesia punya 1000 Start up digital
  2. Terminal A akan dikelola pusat
  3. Peredam Kap mobil anti bising dan panas
  4. Waktu berbahaya nyalakan AC

————

 

Target Indonesia punya 1000 Start up digital

Kemenkominfo bekerja sama dengan pelaku industri teknologi mewujudkan 1.000 perusahaan rintisan digital (startup) baru yang bermutu dan siap menghadapi pasar. Chief Executive Kibar Kreasi Yansen Kamto, yang terlibat proyek itu, mengatakan rencana ini bagian dari pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

“Targetnya 1.000 startup itu total di tahun 2020. Kita maunya tiap tahun ada 200 startup berkualitas lewat proses inkubasi dan pendampingan yang tepat supaya berkembang baik,” kata Yansen saat ditemui Nextren di Gedung Kemenkominfo, (20/10/15).

“Kemenkominfo sebagai lead saja. Soal dana, diambil dari sesama pemain industry. Dari pemerintah belum tahu. Tapi dukungan itu bisa bentuk apa saja, jadi dari mereka tidak harus finansial. Misalnya infrastruktur internet yang mumpuni,” imbuhnya. Yansen mengatakan program ini dijalankan mulai 2016. Pengembangan startup mulai dari level akar rumput, yaitu masih berbentuk ide belaka.

Dia berharap proyek ini bisa menampung 8.000 ide pembuatan startup lokal, diseleksi dan diberi pelatihan sehingga ide2 terbaik bisa terwujud. Ada ajang hackathon atau membuat prototipe aplikasi dalam waktu 24 jam. Tujuannya merangsang pemilik ide startup agar membuat tim dan memiliki produk setengah jadi.

Tahap berikutnya, startup yang punya prototipe akan didampingi dan dibimbing hingga siap dilepas ke publik. Mereka juga disiapkan menjadi startup yang sudah layak memperoleh pendanaan.

“Kita mau perubahan di industri startup Indonesia. Kini kita dianggap pasar, padahal kita berpotensi lebih besar dari sekedar jadi pasar produk global. Kini waktunya kita jadi produsen,” pungkas Yansen. (Yoga Hastyadi Widiartanto; Editor: Oik Yusuf;

http://www.nextren.com/read/2015/10/21/203600931/Indonesia.Ditargetkan.Punya.1.000.Startup.Digital.Pada.2020?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp)-FatchurR

————-

 

Terminal A akan dikelola pusat

Merdeka.com-Menhub Ignasius Jonan memastikan pengelolaan Terminal Tirtonadi Solo akan diambil alih pemerintah 2016. Tak hanya Tirtonadi, semua terminal tipe A juga bakal diambil alih. Jonan mengatakan pengambilalihan ini guna memperbaiki sarana dan prasarana serta manajemen.

“Terminal tipe A akan dikembalikan kepada pemerintah pusat paling lambat Desember 2016,” ujar Jonan di sela meninjau proyek pembangunan Terminal Tirtonadi Solo, (31/10). Mantan Dirut PT KAI itu menjelaskan, pihaknya memberi kesempatan kepada pemda mengelola keberadaan terminal tipe A untuk meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Khusus Terminal Tirtonadi, Jonan minta diperbaiki sampai selesai. Terkait anggaran itu pusat sampai saat ini terus memberi bantuan anggaran, namun berapa kisarannya, Jonan tidak merinci. “Terminal Tirtonadi ini harus dibangun sampai selesai. Termasuk pembangunan jalur integrasi antara terminal dengan stasiun Solo Balapan (sky bridge),” jelasnya.

Kadishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad menambahkan, pihaknya ingin mengelola keberadaan Terminal Tirtonadi. Pasalnya, keberadaan terminal dapat meningkatkan PAD dan ekonomi sosial di Solo. “Kami mengirim surat ke pemerintah pusat agar Terminal Tirtonadi ini tidak diambil alih. Tetapi bisa dikelola Pemkot Solo,” katanya.

Sumber PAD dari Terminal Tirtonadi, Rp 5,5 milyar per tahun. Permohonan ini dimaksudkan untuk menyelaraskan program kebijakan pemkot yang lain : Penataan pedagang, dan penataan tata ruang yang sebagian ditata di kawasan terminal Tirtonadi. (Ren; http://www.merdeka.com/peristiwa/jonan-pastikan-2016-terminal-tipe-a-akan-dikelola-pusat.html)-FatchurR

————

 

Peredam Kap mobil anti bising dan panas

Jakarta, Otomania-Memasang peredam pada kendaraan roda-4, tidak se-mata2 diaplikasikan pada pintu2 mobil untuk menjaga kesenyapan kabin. Asesories ini bisa dipasang pada langit2 kap mesin. Peredam ini berfungsi mereduksi suara mesin dan menjaga agar kap mesin tidak cepat panas.

 

Rokhmat, pemilik toko Mart Audio, di Mall Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta Pusat, Lantai 5 Blok F2 No-1, menjelaskan, peredam kap mesin tidak pakai yang terbuat dari aspal. Bahan itu tidak tahan akan panas dan mudah meleleh. Sebaiknya, buat peredam kap mesin berbahan lapisan aluminium. Bahan ini disebutkan memiliki keunggulan tahan panas dibanding bahan aspal.

 

“Karena fungsi lapisan di sini tidak hanya sebatas meredam suara, tapi juga meredam panas mesin sehingga tidak cepat naik ke kap mesin, daan membuat catnya cepat pudar. Tapi tetap jangan lupa untuk memilih peredam dengan bahan yang tepat,” ujar Rokhmat.

 

Rokhmat menambahkan, melapis peredam ini, disiapkan Rp 250.000. Biaya ini termasuk ongkos pasang. Pengerjaan bisa ditunggu, karena penyelesaiannya butuh waktu tidak lebih dari satu jam. (Ghulam Muhammad Nayazri; Azwar Ferdian; http://www.otomania.com/read/2015/10/20/080400230/Paket.Peredam.Kap.Mobil.Anti-bising.dan.Panas?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp)-FatchurR

————

 

Waktu berbahaya nyalakan AC

Jakarta, Otomania-Penyejuk kabin (AC), berfungsi penting dalam kendaraan. AC bertugas menyejukkan atau mendinginkan kabin mobil guna melawan panasnya suhu luar. Ada hal2 yang harus diperhatikan bila ingin menyalakan atau mematikan AC.

Masih banyak pengguna kendaraan roda-4 yang tidak tahu, menyalakan atau mematikan AC saat berkendara dengan putaran mesin tinggi itu berbahaya. Bahaya dalam hal ini bukan dalam konteks kecelakaan, tapi kinerja AC akan menjadi cepat rusak.

Dijelaskan, Rustam dari bengkel spesialis AC mobil di kawasan Duren Sawit, jika pengguna mobil sering menyalakan-mematikan AC mobil berulang kali, dan kendaraan ini sedang berkecepatan tinggi, karena akan terjadi perubahan putaran mesin dan beban kompresor mendadak jadi besar.

“Jika dilakukan berulang, misalnya dalam 30 menit ketika di jalan tol Anda lebih dari 2x mematikan dan menyalakan AC, maka akan terjadi gesekan keras antar pulley dan pressure plate pada kompresor AC. Komponen magnet clutch di kompresor cepat terkikis dan akhirnya rusak,” ujar pria asal Sukabumi itu kepada KompasOtomotif akhir pekan lalu.

Rustam menganjurkan, bagi pengguna mobil ada baiknya jika mematikan dan menyalakan AC itu ketika kendaraan dalam posisi diam. Tapi jika kondisinya memang harus menyalakan atau mematikan ketika berjalan maka wajib dilakukan penurunan kecepatan.

“Sebaiknya kalau tidak penting sekali tunggu saat mobil berhenti. Ini sering terjadi apalagi mereka yang merokok di dalam mobil dan kebiasaan sering menyalakan dan mematikan AC. Kekuatan AC mobil akan menjadi berkurang,” katanya. (Azwar Ferdian; Kompas Otomotif dan http://www.otomania.com/read/2015/10/12/110200130/Awas.Ini.Waktu.yang.Berbahaya.Nyalakan.AC)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita