logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pesawat Terbang di halaman rumah anda

Lilium Aviation Pesawat Terbang di halaman rumah(bbc.com/indonesia)-Perusahaan rintisan (Lilium Aviation) sedang membuat pesawat pribadi yang 100% bertenaga listik dan mungkin bisa jadi mobil terbang.

 

Perusahaan ini didirikan (2015) oleh 4 insinyur dan mahasiwa doktoral dari Technical University of Munich dan dikembangkan di inkubator yang didanai Badan Ruang Angkasa Eropa, ESA. “Tujuan kami pesawat untuk se-hari” kata Daniel Wiegand, salah seorang pendiri Lilium Aviation. Menurut tim Lilium, masalah pesawat pribadi itu bandara, mahal dioperasikan dan digunakan serta jauh dari pusat kota.

 

“Kami akan buat pesawat yang bisa lepas landas vertikal dan tak butuh prasarana rumit dan mahal seperti bandara,” kata Wiegand. Konsep Pesawat ini dijanjikan bisa terbang tanpa prasarana penerbangan. Ia butuh ruang terbuka 225 m2, seluas halaman belakang rumah untuk terbang dan mendarat.

 

Dengan daya jelajah 500 km dan kecepatan 400 km/jam, pesawat terbang mencapai ketinggian 3 km. Tenaganya bisa diisi ulang malam hari dengan catu daya rumahan. Fungsinya serupa helikopter tetapi pesawat Lilium menghadirkan perbedaan2 menguntungkan dibanding helikopter. Misal, kipas bertenaga batere yang lebih senyap dan bersih lingkungan ketimbang mesin turbin dan piston milik helikopter.

 

Helikoper juga sering mengalami kegagalan terbang di udara yang sering berakibat pada bencana, serta mahal, sulit dibangun, dan membutuhkan perawatan harian yang rumit.

 

Pesawat Lilium menggunakan 36 kipas motor, 12 di setiap sayapnya dan 6 dalam sayap kecil yang muncul dari bagian hidung, yang total menghasilkan 435 tenaga kuda. Sistem pendorongnya (mencakup kipas elektrik, batere 320 KW, dan kendali tenaga) dirancang sedemikian rupa sehingga ketika satu gagal maka tak harus pendaratan darurat.

 

Selain itu, pelatihan pilot helikopter butuh latihan lama dalam hal tekhnik pendaratan yang aman jika terjadi kegagalan mesin. Latihan yang mahal dan melelahkan: menghabiskan puluhan jam dan bernilai hingga £30.000 atau Rp590 juta.

 

Pesawat Lilium diibaratkan pesawat olahraga ringan dengan dua penumpang yang izin terbangnya butuh pelatihan 20 – 30 jam dan bernilai kurang dari £6.000 (Rp120 juta). Hal tersulit dari menerbangkan Lilium -yaitu lepas landas dan mendarat vertikal- akan ditangani sistem pengendali otomatis, serupa dengan rancangan peswat tak berawak Ehang 184 dengan 4 baling-balin dan mobil terbang Terrafugia TF-X.

 

Kemudahan2 ini ada kekurangannya. Klasifikasi Lilium membatasi operasinya di udara yang tak ramai pada siang hari dan hanya bisa dilakukan dalam cuaca cerah. Dengan janji pesawat senyap dan bebas emisi, pesawat tetap belum bisa lepas landas dan mendarat vertikal sebelum disahkan otorita penerbangan.

 

Tak seperti kendaraan siap jalan seperti Terrafugia, PAL-V One buatan Belanda dan Aeromobil dari Slovakia, maka Lilium Jet yang tak beroda sepenuhnya merupakan mesin terbang. Meski demikian, dibanding Terrafugia yang rumit, jet Lilium ini mesin yang sederhana, dan kesederhanaan itu menempatkannya pada jalur cepat untuk diproduksi.

 

Perusahaan ini sukses menunjukkan konsep dengan purwarupa 25 kg dan kini sedang membangun versi utuh. Lilium rencananya siap memproduksi model ini (31/12/2018). Anda bisa baca artikel ini berbahasa Inggris di The flying machine in your back garden dan artikel sejenis di BBC Autos. (Matthew Phenix; Bahan dari :  http://www.bbc.com/indonesia/vert_aut/2016/06/160529_vert_aut_lilium)-FatchurR

One Response to Pesawat Terbang di halaman rumah anda

  • Harry Reksosamudro says:

    Jet Lithium cikal bakal mobil terbang masa depan, pd awalnya diperlukan penelitian & percobaan yg butuh banyak waktu juga biaya, terutama segi keselamatan penumpangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita