Pertanyaan soal Registrasi ulang Prabayar

Jakarta-(31/10/2017), dimulai registrasi SIM Card bagi pengguna  baru kartu perdana  atau lama. Berikut pertanyaan2 yang mengemuka soal registrasi dan jawabannya. Apa Dasar Hukumnya?

Iini diatur dalam Permen Kominfo No. 12/2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, yang diubah dengan Permen Kominfo No. 14/2017 Tentang Perubahan atas PerMenkominfo No. 12/2016.

Caranya?
Registrasi nomor kartu perdana bisa dilakukan sendiri, yaitu mengirim SMS ke nomor 4444, format pesannya NIK#NomorKK#. Pelanggan lama dengan format ULANG#NIK#NomorKK#. Ada beda format untuk masing2 operator. Info itu harus sesuai NIK yang tertera di eKTP dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil berhasil.

Bila ingin aman, pelanggan seluler ke gerai operator masing2. Ini ditempuh bila permasalahan KTP belum jadi atau lainnya. Gerai operator yang nanti akan memberikan solusinya.

Buat Apa Registrasi SIM Card?
“Ini mengurangi pelanggan beli (kartu) terus buang, beli buang. Itu manfaat registrasi prabayar bagi. Operator bisa tahu siapa pelanggannya, sedangkan masyarakat aman,” sebut Menkominfo Rudiantara.

Sampai Kapan?
Registrasi prabayar mulai 31/10/2017. Waktu paling lambat dibatasi sampai 28/2/2018.

Apa Sanksi Kalau Tak Registrasi?
Calon pelanggan tidak bisa mengaktifkan kartu perdana dan pemblokiran no. lama secara bertahap. Bila melampaui batas akhir, diberi masa tenggang dengan pemblokiran bertahap. Jika tidak registrasi ulang akan diblokir layanan panggilan keluar, masuk, serta SMS. Jika membandel, diblokir layanan internet.

Bagaimana Kalau Belum Punya KTP?
Dirjen Dukcapil  Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, yang belum usia 17 tahun atau belum punyai KTP, tidak ada masalah. “NIK itu ada sejak bayi lahir. Jadi, anak (15) bisa kartu seluler. Semua penduduk punya NIK dan NIK ada di KK” ujarnya. Jadi bisa lihat no. NIK yang 16 digit itu melalui KK.

Apakah Data Pelanggan Aman?
Saat proses verifikasi operator seluler ke database Dukcapil, mereka bisa mengakses info pelanggan, seperti NIK, KK, nama, tempat tanggal lahir, hingga alamat. Dukcapil dan operator bekerjasama dan menjaga kerahasiaan data.

Operator seluler berkomitmen merahasiakan data pelanggan, data tidak dikomersilkan atau keperluan lain.  Zudan menegaskan. Di masa mendatang, dokumen2 berbasis NIK, dari SIM, pasport, asuransi dsb.

Apakah Perlu Nama Ibu Kandung?
Registrasi SIM Card pelanggan lama dan baru ini hanya butuh info No. NIK dan KK. “Tidak perlu nama ibu kandung” tegas Dirjen Penyelenggara Pos & Informatika (PPI) KemenKominfo Ahmad M. Ramli.

Harus SMS ke 4444, Nomor Apa Itu?
Kominfo pihak penyelenggara penertiban data pelanggan prabayar mengatakan, 4444 nomor khusus untuk semua operator. “Itu kode akses ke jaringan internal mereka,” ujar Plt KaHumas KemenKominfo Noor Iza. Meski operator seluler punya pelanggan kemudian meregistrasi ke no. 4444, pesan yang diterima tidak akan nyasar.

“Jadi, pelanggan Telkomsel daftar ke 4444 masuk ke Telkomsel, pelanggan Indosat masuk ke Indosat juga daftar ke 4444,” sebutnya. Setelah itu, operator memvalidasi info itu ke Ditjen Dukcapil. Registrasi SIM Card prabayar dengan SMS ke 4444 . (Said Bin AD; dari grup WA-BPTg; sumber Yurio Kriso)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://inet.detik.com/telecommunication/d-3707451/semua-pertanyaan-anda-soal-registrasi-sim-card-terjawab)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita