logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pertama di Indonesia UMKM ini memproduksi Motor Listrik

Pertama di Indonesia UMKM ini memproduksi Motor Listrik(beritasatu.com/ekonomi)-PT TOMARA JAYA PERKASA (TJP) jadi perusahaan berskala UMKM pertama di Indonesia yang memproduksi motor listrik roda-3 untuk niaga. Thap awal, motor listrik yang diberi merk Tomara ini diproduksi 300 unit per tahun.

 

“Kalau motor listrik impor ada beberapa, seperti di Batam, tapi yang merakit seperti kita sepertinya baru kami yang pertama,” kata Dirut TJP, Charles saat peluncuran motor listik di Komplek Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung, Jakarta, (9/3/2019).

 

PT TJP merakit (assembling) motor listrik roda tiga dengan komponen lokal 70%. Sisanya masih impor seperti sistem kelistrikan, controler dan motor dinamo. “Suplier lokal kita memproduksi rangka, box hingga roda. Kini kita baru perakitan, ke depan kita bisa menjadi industri manufakrur,” kata Charles.

 

Untuk tahap awal, perseroan akan memproduksi 300 unit motor roda tiga untuk niaga. Adapun motor roda dua baru prototype. Kota yang disasar : Gorontalo Solo, Bali hingga Surabaya.”Ke depan kami akan menggandeng BUMdes,” kata Charles.

 

Segmen motor listrik roda-3 ini untuk petani di pedesaan atau perkebunan mengingat di daerah2 untuk isi bensin jauh hingga biaya operasional meningkat. Selain itu, motor listrik ini bisa dipakai di perkotaan untuk keperluan niaga seperti usaha gas atau galon. “Motor listrik sebaiknya tak dipakai di jalan protokol,” kata Charles.

 

Motor listrik lebih hemat energi dan ramah lingkungan dibanding BBM fosil. “Kendaraan ini jadi warisan anak2 kita agar lingkungan lebih terjaga karena meningkatnya polusi” katanya.

 

Motor listrik Tomara dibanderol Rp 20 juta – Rp 35 juta ini memiliki sejumlah tipe yakni berdaya 1.000 watt hingga 1.200 watt. Adapun sekali isi baterai (charge), bisa digunakan untuk 50 hingga 90 km. “Charge baterai butuh 7 jam,” kata Charles.

 

Dia berharap pemerintah mendukung motor listrik dengan menyediakan tempat isi baterai di tempat umum. “Saat ini di Puspitek Serpong ada, kami harap ke depan ada di mall, atau minimarket” katanya.

 

Secara regulasi, pihaknya siap melakukan serangkaian tes dan sertifikasi di Kemenhub. “Aturannya, Kemhub motor di atas 50 cc harus ada tes. Sedangkan motor kami setara dengan 30-40 cc, tapi prinspnya kami siap tes,” kata Charles. (Whinso Bagus Prasetyo/WBP; Bahan dari : BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/ekonomi/542030/pertama-di-indonesia-umkm-ini-produksi-motor-listrik-roda-3)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita