logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Penyelam kibarkan bendera didalam laut

Penyelam-di-bawah-lautSemangat proklamasi sampai juga dibawah laut. Lihatlah secara rutin Aceh melakukannya, termasuk yang berikut ini di Bontang. Yk kita ikuti yang dilakukan FDSB Samarinda :

 

SAMARINDA, KOMPAS.com — Demi membangkitkan semangat nasionalisme, puluhan penyelam dari Free Diving Samarinda Backpacker (FDSB) mengibarkan bendera Merah Putih 4 x 2 meter di bawah Laut Gelembung Abadi Bontang, Kaltim, dari Minggu hingga Senin (17-18/8/2014). Upacara singkat itu dilakukan tanpa menggunakan alat bantu pernapasan oksigen.

Ketua Penyelam FDSB Fadli menjelaskan, pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus, mengibarkan bendera di bawah laut merupakan bentuk sikap nasionalisme para penyelam terhadap negara Republik Indonesia. Pihaknya mengibarkan bendera selama dua hari berturut-turut, yakni 17 dan 18 Agustus 2014.

“Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut tersebut tidak sama dengan di darat. Pertama kami mengibarkan bendera Merah Putih, memberi hormat dan berdoa. Setelah itu, satu per satu mencium bendera Merah Putih, kemudian langsung naik ke permukaan,” kata Fadli (18/8/2014).

Menurut dia, upacara singkat itu berlangsung selama 10 menit, sedangkan lagu “Indonesia Raya” dinyanyikan di atas kapal saat para penyelam sudah naik ke permukaan. Pihaknya tidak bisa berlama-lama di bawah laut sedalam 10 meter karena sama sekali tidak menggunakan alat bantu pernapasan dan oksigen, kecuali kacamata selam.

“Kami ini penyelam bebas tanpa bantuan oksigen. Hanya pakai kacamata selam, jadi hanya bertahan selama 10 menit di laut kedalaman 10 meter,” ungkapnya.

Menurut Fadli, pengibaran bendera di bawah laut itu merupakan kegiatan pertama FDSB. Dia berharap, kegiatan pengibaran bendera tersebut akan berlanjut setiap tahun dengan waktu dan kedalaman air yang bertambah.

“Kami mencintai laut dan kami mencintai Tanah Air ini. Semoga berlanjut tiap tahun, dan di laut yang lebih dalam lagi, juga waktu yang agak lama,” harapnya.

Selain itu, Fadli juga berharap, pengibaran bendera Merah Putih tersebut mampu membangkitkan rasa kecintaan penyelam lainnya terhadap Tanah Air.

“Awalnya target kami hanya beberapa penyelam yang ikut mengibarkan bendera, tapi waktu berkumpul ada sekitar 20 orang penyelam yang ikut dalam acara ini. Mereka semua sepakat tidak menggunakan scuba, dan hanya menggunakan kacamata selam,” pungkas Fadli. (Kontributor Samarinda, Hyuna Azamta Asyifa; Farid Assifa; http://regional.kompas.com/read/2014/08/18/15504551/Puluhan.Penyelam.Kibarkan.Bendera.di.Bawah.Laut.Tanpa.Alat.Bantu.Pernapasan)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita