Penyebab Ilmiah Suhu Kota Surabaya

(kabarsurabaya.org)- Saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia memasuki kemarau yang biasanya pancaran sinar matahari terasa panas dan menyengat. Namun beberapa hari terakhir ini udara di Kota Surabaya justru dingin. Suhu dingin ini terjadi pada malam dan pagi saat dini hari.

 

Hal ini dialami oleh Wulan (30) yang tinggal di kawasan Gunung Anyar Surabaya. “Saya biasanya pakai AC kalau malam, tapi kemarin tiba-tiba saya merasa dingin, sempat menggigil, langsung AC dimatikan dan narik selimut”

 

Rupanya Andrew Setiawan (28) merasakan hal sama. “Tiga harian ini saya kedinginan, kadang pagi males mandi,  airnya kayak ada es batunya” . Yang dikatakan Wulan dan Andrew Setiawan ini juga dirasakan warga Surabaya lainnya. Ini terlihat dari beragam status yang diposting di medsosnya. Rata-rata mereka menanyakan mengapa ini bisa terjadi, padahal memasuki musim kemarau.

 

Menanggapi fenomena ini, Hary Tirto Djatmiko Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG  menjelaskan, fenomena suhu udara dingin ini alami yang biasa terjadi pada puncak musim kemarau. Biasanya terjadi pada Bulan Juli sampai Agustus.

 

Suhu udara yang dingin di bulan Juli ini disebabkan faktor alam, karena kandungan uap di atmosfer yang sedikit. Hal ini terjadi karena minimnya awan yang terbentuk. Secara fisika, uap air dan air adalah zat yang potensial untuk menyimpan panas.

 

Rendahnya kandungan uap di atmosfer ini mengakibatkan energi radiasi yang dilepas dari Bumi ke luar angkasa saat malam tidak tersimpan di atmosfer. Sehingga energi untuk meningkatkan suhu udara tidak signifikan. Kondisi ini menyebabkan suhu udara di Indonesia saat malam di musim kemarau lebih dingin bila dibandingkan saat musim hujan.

 

Selain faktor intern, ada faktor dari luar yang mempengaruhi. Faktor adanya udara dingin yang bergerak dari Benua Australia ke Indonesua. Angin yang disebut Moonson dingin Australia ini membawa hawa dingin yang kering dengan kecepatan tinggi. Ini bisa menambah dingin suhu di Indonesia seperti saat ini.

 

(yyan; Bahan dari : http://www.kabarsurabaya.org/2020/07/ini-sebab-ilmiah-suhu-kota-surabaya.html?m=1)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita