logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pentingnya Tutup pentil Ban

Merdeka.com – Sebagian besar Anda mungkin pernah menggerutu saat polisi menilang karena motor Anda tidak menggunakan tutup pentil ban. Namun tahukah Anda tutup pentil merupakan komponen yang juga penting?

Fungsi tutup pentil ban (atau valve cap), mencegah udara di dalam ban agar tidak keluar via celah kecil pada katup. Tidak hanya itu, tutup pentil mampu menahan kotoran dan air agar tidak masuk. Sebab, jika terlanjur masuk akan menimbulkan korosi yang menyebabkan katup menjadi bocor.

Hal ini jelas berhubungan dengan faktor keselamatan yang diakibatkan oleh tidak adanya tutup pentil ban. Memang tidak akan langsung terasa akibatnya, namun banyak kejadian ban bocor halus hanya karena tidak menggunakan tutup pentil.

Coba bayangkan apabila kendaraan dipakai dalam kecepatan tinggi, sementara ban mengalami kerusakan seperti yang disebutkan di atas. Intensitas yang tinggi pada pemakaian dalam kondisi tersebut dapat memicu kecelakaan. Lantas, apakah boleh menggunakan tutup pentil variasi? Kenapa tidak?

Yang perlu diingat, harus ada sil karet pada tutup pentil. Mengingat kini sudah banyak tutup pentil dengan berbagai bahan, seperti plastik, metal yang dilapisi karet, dan lain sebagainya. Yang lebih baik lagi adalah tutup pentil yang memiliki indikator untuk mengetahui tekanan ban berkurang atau tidak.

 

Garis besarnya tutup pentil tidak hanya membuat aman, tapi bisa untuk pemanis pada ban. So, jangan lagi anggap remeh tutup pentil ban ya guys. (Ega; http://www.merdeka.com/otomotif/jangan-sepelekan-ini-pentingnya-tutup-pentil-ban.html)-FatchurR

———–

 

Naskah lainnya yang tidak kalah menarik :

  1. Siapa pencipta Logika Matematika yang hiasi Google
  2. Jangan salah matikan motor
  3. Jangan colok Flashdish ini ke Laptop
  4. Kabar gembira bagi penggemar pete

————-

 

Siapa pencipta Logika Matematika yang hiasi Google

Liputan6.com, Jakarta-Hari Senin (2/11/15), laman depan mesin pencari Google dihiasi ‘sesuatu’. Ya, di sana terpampang logika matematika di huruf pembentuk kata ‘Google’. Saat diklik, maka Google secara otomatis mengarahkan kita pada pencarian dengan kata kunci ‘George Boole’.

George Boole merupakan seorang matematikawan Inggris. Karyanya berfokus pada logika, yang jadi peletak dasar revolusi digital dan hari ini merupakan HUT kelahirannya ke-200. Karena itulah, Google Doodle secara khusus merayakannya.

Matematikawan kelahiran Lincolnshire ini digembar-gemborkan sebagai salah satu matematikawan paling berpengaruh di-abad ke-19. Ia merancang sistem logika, yang bertujuan menyingkat pemikiran kompleks menjadi persamaan sederhana.

Warisan terbesarnya : Logika Boolean, teori matematika, yang semua variabelnya “benar” atau “salah”, atau “on”-“off”. Teori ini mendahului era digital. Seorang berkebangsaan USA, Claude Shannon, menerapkan logika Boolean membangun sirkuit listrik (1930) yang mengarah jadi komputer modern.

Sederhananya, animasi Google Doodle menggambarkan gerbang logika yang digunakan di komputasi dan berasal dari fungsi Boolean. Pertama, huruf “g”, dua huruf “o”, huruf “l” dan huruf “e” di Google me-nyala2 berdasar gerbang logika di antara huruf2 itu. Ketika “x” dan “y” di huruf “g” yang kedua menyala, maka huruf2 itu pun menyala, yang mengaktifkan huruf lainnya pada waktu yang berbeda.

Contoh, ketika x dan y menyala, maka huruf “g” pertama (xANDy) dan huruf “o” kedua (xORy) pun menyala. Gerbang “XOR” yang mengaktifkan huruf “o” pertama dikenal sebagai gerbang “Exclusive OR”, yang berarti hanya menyala ketika satu dan hanya satu dari x atau y adalah benar.

Kini logika yang dibangun Boole ini mendasari perangkat digital, yang ada di hampir setiap baris kode komputer, dan mengubah cara menjalani hidup kita. Misal, pencarian Google untuk 2 kata, sebut saja “David Cameron”, meliputi fungsi “AND”, yang berarti nilai “David” dan “Cameron” perlu muncul dalam hasil pencarian.

Boole, yang menghabiskan hidupnya sebagai profesor di University College Cork di Irlandia, juga seorang pemikir awal teori kecerdasan buatan, percaya pemikiran manusia dapat direduksi jadi serangkaian aturan matematika, dan menganjurkan mesin sebagai cara menggantikan pekerjaan manusia yang membosankan. Demikian dikutip dari Times, Senin (2/11/15)-(why/isk; http://tekno.liputan6.com/read/2354916/logika-matematika-hiasi-google-hari-ini-siapa-penciptanya)-FatchurR

———–

 

Jangan salah matikan motor

Merdeka.com – Kebiasaan bagi pengendara motor kebanyakan, mematikan mesin saat kendaraan masih melaju. Apakah ini berbahaya bagi mesin? Jawabnya: YA!

Beberapa kasus mesin rusak diakibatkan kebiasaan sepele, seperti mematikan mesin saat kendaraan melaju pada putaran tinggi. Ini membuat mesin tidak mendapat aliran oli karena mesin mati, sementara di dalamnya masih berputar.

Efeknya bisa membuat mesin menjadi aus dan yang lebih parah lagi adalah rusak pada dinding silinder. Alangkah lebih baik apabila Anda mematikan mesin motor saat kendaraan sudah berhenti dan putaran mesin tidak sedang tinggi.

Biasanya dengan dalih ter-buru2, pengguna motor melakukan hal ini. Padahal kebiasaan sepele tersebut justru membuat masalah pada motor mereka. (Ega; http://www.merdeka.com/otomotif/awas-salah-matikan-motor-bisa-berakibat-fatal.html)-FatchurR

————-

 

Jangan colok Flashdish ini ke Laptop

KOMPAS.com-Hati2 perangkat USB flashdisk yang satu ini. Kalau biasanya sembarang colok flashdisk berakibat masuknya virus, perangkat buatan peneliti bernama Dark Purple ini bisa langsung merusak komputer Anda. Flashdisk itu tidak biasa. Dark Purple menyebut sebagai USB 2.0 Killer dan ketika dicolok ke dalam port USB, langsung mengalirkan listrik negatif berkekuatan 220 volt.

Dilansir KompasTekno dari ArsTechnica, (19/10/15), arus listrik itu langsung memanggang sejumlah komponen dalam komputer atau laptop. Dan akibatnya, langsung rusak tanpa bisa dinyalakan kembali. Dark Purple tak merinci kerusakan yang bisa terjadi akibat memasang flashdisk ini. Dapat diprediksi bahwa arus listrik tersebut memanggang port USB dan merusak sirkuit yang ada di motherboard.

Perangkat hard disk serta CPU biasanya berkesempatan lebih besar selamat dari serangan listrik itu. Kendati tidak diketahui akibatnya 2 komponen penting itu. Sebelumnya flashdisk seperti ini yang beredar, dengan kekuatan listrik lebih kecil, yaitu 100 negatif volt. Listrik itu dialirkan dalam bentuk loop atau berulang kali hingga akhirnya sirkuit komputer mengalami kerusakan.

USB Killer 2.0 buatan Dark Purple tampaknya bekerja dengan cara yang tidak jauh berbeda. Flashdisk tersebut dengan mudah dan cepat merusak laptop Lenovo Thinkpad. (Reza; ARS Technica dan http://tekno.kompas.com/read/2015/10/19/16290067/Jangan.Colok.Flashdisk.Ini.ke.Laptop.Bisa.Gosong)-FatchurR

—————

 

Kabar gembira bagi penggemar pete
Sekitar awal Nopember 2013 saya dapat info bahwa ada orang makan pete tiap hari 2×8 biji, kuat berlutut berjam2 tanpa rasa sakit. Terus saya mendapat broadcast berikut ini:

 

Sejak tahun 2006 tulang pinggang saya sakit, duduk lama terasa sakit, berdiri lama sakit, terlebih saat menggendong anak dan saat tidur tengkurap. Sekitar 2 bulan lalu saya makan pete rutin, 10 buah tiap hari. Setelah beberapa hari rasa sakit berkurang dan kini hampir2 tak ada lagi rasa sakit di pinggang.

 

Ibu mertua juga makan, tadinya jarinya susah dan agak sakit bila digerakkan. Kini, jauh lebih baik. Tadi pagi Bapak Frederik S. Waworuntu menulis kalimat pada saya: Manfaat pete sudah diteliti oleh peneliti Belanda sejak zaman penjajahan. Mereka tertarik karena di pedesaan Indonesia rata-rata orang tua sering mengkonsumsi pete ini dan mereka jarang mempunyai masalah tulang.

 

Rata-rata masalah pada orang tua adalah proses penuaan jaringan ikat yang dibangun oleh kolagen yang terdapat pada kulit, otot, tulang, rambut, kuku. Pete mengandung gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa kolagen.

 

Pete juga mengandung Albumin yang adalah protein plasma tubuh kita yg mencapai 60%. Pete mengandung serat untuk membantu pencernaan bekerjasama dengan gelatin dan mineral kalium, kalsium, fosfor dan besi yang dikandungnya.

 

Wow, luar biasa TUHAN yang sudah menciptakan buah ajaib pete. Seharusnya saya operasi dan menghabiskan banyak uang. Dokter bilang penyakit saya adalah HNP atau saraf kejepit. Cobalah pete, khususnya bagi orang2 tua yg sudah berusia diatas 50 thn, yg kadang2 menjumpai problem pd tulang;

 

Lutut tidak bisa ditekuk; sakit lutut kl berdiri atau berjalan. Silahkan mencoba obat herbal karunia Tuhan. (Hanny Purwanto-72; dari grup sebelahg)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita