logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Penjabaran Kaca Depan Mobil Harus Melengkung

Penjabaran Kaca Depan Mobil Harus Melengkung(cnnindonesia.com)-JAKARTA, Kaca depan mobil2 yang beredar saat ini bentuknya tidak rata, melainkan sedikit melengkung. Bukan salah desain, ada alasan tertentu mengapa kaca depan mobil dirancang seperti itu.

Penjelasan Production GM Kia Mobil Indonesia (KMI) Arifani Perbowo kaca depan melengkung berguna membuat mobil lebih lincah bergerak karena tidak tertahan angin. “Kenapa kaca depan melengkung, ya fungsinya supaya mobil lebih aerodinamis saat melaju,” katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com  (9/1)
Dulu, desain kaca depan mobil dibuat lancip. Seiring waktu dan banyak penelitian ditemukan desain terbaik menyerupai tetesan air. Bentuknya menggelembung di depan lantas meruncing di belakang. “Lihat saja pesawat dibuat seperti itu. Tidak lancip. Kaca juga seperti itu dibuat, aerodinamis, karena kaca menghambat angin” jelasnya.

Kendati melengkung, tak ada ketentuan khusus soal besar sudut pembuatannya. Yang harus dipertimbangkan desain kaca depan tak sampai mengurangi estetika kendaraan. “Semelengkung mungkin bagus. Tapi nanti repot untuk karet wiper dan pembuatan kaca. Kaca lengkung itu juga dibuat 3 dimensi, maksudnya ditarik disemua sisi,” kata Arifani.

 

Jenis kaca yang biasa digunakan pada mobil ada dua, yaitu Temperred Glass (temperlite) dan Laminated Glass (lamisafe). Kedua jenis kaca ini punya perbedaan. Termperlite itu kaca biasa yang dibuat lebih keras dengan proses pemanasan. Kaca ini diklaim lebih kuat dan jika pecah akan menjadi serpihan sehingga tidak terlalu berbahaya untuk penumpang.

Laminase dibuat dengan 3 lapisan bahan, 2 kaca dan 1 lembaran film PVB. Tapi kekuatan dari kaca ini  terletak pada lembaran filmnya. Jadi saat ada benturan, kaca tidak berantakan karena merekat dengan lapisan film. (ryh/fea; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190109190931-384-359688/penjabaran-mengapa-kaca-depan-mobil-harus-melengkung)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita