Pengisian batere cepat

Jakarta, Pcplus- Oppo dalam konferensi menjelaskan VOOC rapid charge technology dari varian Oppo Find 7 dan 7a terbaru miliknya.  Ini teknologi pengisian baterai yang lebih cepat dari charger biasa. Dengan teknologi ini, pengisian baterai selama 5 menit produk Oppo bisa digunakan menelpon 2 jam.

 

Pengisian 10 menit bisa mengisi baterai 25%. Isi selama 30 menit, baterai terisi 75%. . Tambahkan 15 menit lagi dan baterai terisi 90%. Perlu satu jam untuk terisi 100%. Teknololgi VOOC rapid charge yang telah memiliki 16 hak paten. Banyak yang berbeda dengan charger cepat milik Oppo ini.

 

Oppo menggunakan charger khusus, dan hanya miliknya inilah pengisian cepat dapat dilakukan. Charger ini lebih besar dari ukuran charger smartphone lainnya. Dalam charger ini ditanam MCU smartchip untuk mengatur arus. Disertakan juga teknologi yang Oppo sebut voltage open loop dan multi-step constant current charging.

 

Untuk mengisi batere penuh perlu waktu lebih lama ketimbang setengah jam pertama pengisian baterai. Ini merupakan kerja dari chip MCU yang mereduksi voltase pengisian baterai dari 4500mAH, ke 3500mAH, 2000mAH, 1000mAH dan terus berkurang hingga baterai terisi 100%.

 

Ini untuk memastikan pengisian baterai berlangsung aman dan stabil. Sehingga proses pengisian baterai tidak menimbulkan arus pendek yang bisa menyebabkan meledaknya ponsel. Charger khusus dan pin khusus yang memastikan VOOC Rapid Charge Oppo berlangsung aman. dok. LowyatTV

 

VOOC Rapid Charge menggunakan 5 lapis pengaman. Pengamannya banyak, karena makin cepat dan besar daya yang dimasukkan ke dalam baterai, ada resiko overheating dari charger, kabel, perangkat, atau baterai. Untuk menjamin keamanan saat pengisian, Oppo menaruh dua pengaman panas di dalam charger, pada kabel, pada ponsel, hingga pada baterai yang diisi.

 

Pengaman ini mencegah arus pendek saat ponsel diisi dengan cepat. Saat charger dihubungkan arus AC, terdapat IC dan chip MOS mengidentifikasi jika terdapat kelebihan arus dalam charger. Chip MCU akan mengidentifikasi perangkat yang dihubungkan dengan charger mendukung fast charging atau tidak.

 

Kalau mendukung, maka VOOC Rapid Charge akan berjalan. Kalau ponsel tidak mendukung teknologi ini, jangan harap pengisian ponsel akan secepat yang terjadi pada Oppo Find 7/7a. Perbedaan lain terletak pada kabel micro USB charger ini.

 

Meski menggunakan port micro usb yang sama dengan kebanyakan charger, Oppo menggunakan pin yang lebih banyak pada kabel microUSB-nya. Jika micro USB biasa menggunakan 5 pin, Oppo menggunakan kabel micro USB 7 pin.

 

Pin yang berlebih ini fungsinya untuk mengaktifkan pengaman arus listrik lapis ketiga di dalam perangkat ponsel. Pengaman ke-5 ditaruh didalam baterai untuk memastikan baterai tidak mengalami kelebihan arus dan voltase listrik.

 

Oppo juga menambahkan pengaman kelima, sekering di dalam baterai. Untuk langsung memutus arus begitu baterai teridentifikasi bermasalah. (http://www.pcplus.co.id/2014/07/berita-teknologi/dibalik-pengisi-baterai-cepat-vooc-rapid-charge-oppo/)-FatchurR

One Response to Pengisian batere cepat

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Wouw keren ya , cocok dipakai untuk Hp selama traveling, yang perjalananya membutuhkan waktu lama, seperti melaksanakan ibadah haji.Mas Wawang dalam perjalanan Jeddah ke Madinah, sempat mengalami lowbat, di Hpnya sehingga sulit dihubungi, untung saat istirahat di Pom bensin, dan rest area disana, sempat beli pulsa dan ngecharge batere bergiliran, karena ternyata chargernya disimpan di koper besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita