logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Peneliti Muda bikin Robot cegah Kelangkaan Air bersih

Peneliti Muda bikin Robot cegah Kelangkaan Air bersih(techno.okezone.com)-JAKARTA; Insinyur asal Tiongkok, You Wu membuat robot yang kabarnya mampu menyelamatkan kelangkaan air bersih. Bahkan menyelamatkan 2 triliun galon air minum yang hilang setiap tahunnya.

 

American Society of Civil Engineers memperkirakan ada 240.000 jeda air di AS setiap tahun, setara dengan membuang lebih dari 2 triliun galon (7,5 triliun liter) air minum yang diolah setiap tahun. Bahkan sekira 20% air bersih di seluruh dunia hilang setiap harinya.

 

Dilansir dari laman Science Alert (10/9/18), ide itu bermula saat Wu yang besar di Tiongkok mengalami kesusahan air. Hal ini lantaran, para pejabat di daerahnya mematikan air selama setengah hari setiap minggu atas nama konservasi.

 

Pengalaman itu berkontribusi pada minat pria (28) ini dalam mengatasi kelangkaan air, yang ia pilih untuk dipelajari lebih mendalam setelah pindah ke AS 10 tahun lalu. Tepatnya, sebagai lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Wu mengembangkan robot yang mampu mendeteksi kebocoran di pipa air.

 

“Ketika robot bergerak dengan air melalui pipa “tangan” menyentuh pipa dan merasakan gaya isap yang disebabkan kebocoran,” kata Wu saat diwawancara Business Insider.  Wu mengungkapkan jika robot ini dirancang untuk memeriksa pipa tanpa mengganggu layanan air, dan itu dapat dimasukkan ke dalam pipa di hidran dan di persimpangan tiga arah.

 

Dari sana, lanjut dia sistem analisis menciptakan peta yang memberi tahu operator pipa di mana kebocoran, seberapa besar mereka, dan apa kemungkinan kegagalan bencana. Sejauh ini, robot telah diuji di Arab Saudi, Virginia, dan Inggris.

 

“Banyak metode pendeteksian kebocoran tersedia di pasar, tapi opsi ini bergantung pada mendengarkan suara yang disebabkan oleh getaran pipa dan pengurangan tekanan. Berfokus pada akustik tidak bekerja dengan baik di kota2 karena tingkat kebisingan,” imbuh Wu.

 

Wu membutuhkan waktu selama lima tahun untuk membuat prototipe. Versi saat ini, Lighthouse, dirilis pada Januari 2018, tidak lama setelah ia mendapatkan penghargaan 30 Under 30 untuk bidang manufaktur dan industri dari Forbes.

 

Untuk terus mengembangkan robot tersebut, Wu juga bekerjasama dengan teman kuliahnya Tyler Mantel untuk membentuk WatchTower Robotics, yang mereka dirikan pada Juni dengan dukungan dari Techstars Sustainability Accelerator.

 

“Tujuan akhir saya menempatkan peralatan robot kami ke tangan teknisi lapangan di tiap kota di dunia. Sehingga setiap kota di dunia dapat memiliki lebih sedikit kehilangan air karena kebocoran dan mendukung pertumbuhan populasi lebih banyak,” kata Wu. (ahl; Pernita Hestin Utari; Bahan dari : https://techno.okezone.com/read/2018/09/10/56/1948532/peneliti-muda-bikin-robot-untuk-cegah-kelangkaan-air-bersih)-FatchurR *

One Response to Peneliti Muda bikin Robot cegah Kelangkaan Air bersih

  • Harry Reksosamudra says:

    Penemuan robot pendeteksi bocornya pipa air bersih disaluran bawah tanah, memungkinkan penanggulannya lbh effisien dlm segala aspeknya. Krn populasi bertambah otomatis jg kebutuhan air bersih, yg kedepan nya malah perlu dihemat, agar tdk terjadi kelangkaan air. Penemuan Wu yg revolusioner ini, walau sederana tp manfaat gunanya, luar biasa sangat diperlukan demi masa depan yg lbh baik, krn tidakkah air itu komponen tubuh yg terbanyak dlm badan manusia ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita