logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pembangunan bendungan terbesar di Bali habiskan 486M

Merdeka.com-Bendungan Titab Ularan di Kab-Buleleng, Bali, mulai diisi air (impounding). Ini dilakukan setelah masa pengerjaan 2011-2014, dan menghabiskan Rp 486M uang negara. Dirjen Sumber Daya Air Mudjiadi menuturkan, sumber air bendungan dari Sungai Saba. Diharapkan ke depan mampu mengatasi kekeringan dan penanggulangan banjir di Kec-Seririt, Kab-Buleleng.

 

Bendungan Titab juga mengairi daerah irigasi Saba dan Puluran 1.794,82 Ha. Bendungan ini hasil kajian mampu meningkatkan intensitas tanam dari 169% jadi 275%. “Jadi mampu meningkatkan panen. Misal setahun 2x, jadi setahun 3x” ujar Mudjiadi (13/12).

 

Bendungan Titab Ularan bisa memenuhi kebutuhan air baku 350 liter/detik di 3 kecamatan : Seririt, Banjar dan Busungbiu di Kab-Buleleng. Menambah cadangan energi listrik 2 x 0,75 MW untuk Kec-Busungbiu dan sebagai daerah konservasi air dan pariwisata. Bendungan Titab Ularan terbesar di antara 6 bendungan di Bali : Palasari, Grogak, Telaga Tunjung, Benel, dan Muara. Kapasitas tampung bendungan 12 juta / kubik.

 

Direncanakan ada 2 Waduk lagi dibangun Di Provinsi Bali : Telaga Waja di Karangasem, dan Waduk Sidan di Badung. Meski, pihaknya fokus menyelesaikan Bendungan Titab-Ularan dulu. “Kita selesaikan dulu yang ini baru lanjut dua itu. Bendungan di Bali itu ada khasnya. Yakni untuk pariwisata atau arena arung jeram”. Pembangunan Bendungan Titab-Ularan bekerja sama PT Nindya Karya dan PT Brantas Abipraya. (idr; http://www.merdeka.com/uang/pembangunan-bendungan-terbesar-di-bali-habiskan-dana-rp-486-miliar.html)-FatchurR

————-

Sajian lainnya, tentu tidak kalah menarik dalam rangka “Aku Cinta Indonesia :

  1. Pemerintah bakal beli 500 Kapal
  2. Bakal dibangun Rusunawa di Pasar Rumput
  3. Sejarah baru MOU Kemen Agraria-TR dan HKBP
  4. Proyek Jalan-Jembatan 13T dibangun di Sulteng

———–

 

Pemerintah bakal beli 500 Kapal

Jakarta-Pemerintah akan beli 5.000 kapal laut ukuran sedang dalam 5 tahun. Kapal2 itu bagian dari program konektivitas antar pulau guna membangun poros maritim. “Kita akan siapkan 5.000 kapal sedang. Konektivitas tidak bisa berjalan tanpa pembangunan infrastuktur laut seperti kapal,” kata Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli saat seminar ‘Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia‘ di Jakarta (15/12).

 

Seminar itu diadakan TNI AL. Hadir pada seminar itu Kasal Ade Supandi, Panglima TNI diwakili Kasum TNI Didit Herdiawan, mantan Kasal Marsetio, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Hasyim Muzadi dan para peserta seminar yang sebagian besar dari TNI AL.

 

Rizal menjelaskan, kapal-kapal itu akan dibagi ke UKM2, khususnya di sektor koperasi, perikanan dan nelayan. Dengan kapal2 itu, lanjut dia, diharapkan meningkatkan produksi dan aktivitas para pekerja koperasi, nelayan dan perikanan.

 

“Selama ini, terjadi penangkapan ikan oleh kapal besar. Kedepan, tidak hanya kegiatan penangkapan ikan tetapi dibangun industri perikanan berbasiskan masyarakat kecil,” tutur Rizal. (Robertus Wardhy/FER; Suara Pembaruan dan http://www.beritasatu.com/nasional/331619-rizal-ramli-pemerintah-bakal-beli-5000-kapal-laut.html)-FatchurR

————-

 

Bakal dibangun Rusunawa di Pasar Rumput

Merdeka.com – Kemen PU-PR bersama Pemprop DKI akan membangun rusunawa terpadu di Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Rusunawa ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan diharapkan mampu mengatasi permasalahan pemukiman di Jakarta.

“Ini jadi tonggak pembangunan rusun terpadu dan ditindaklanjuti dengan pembangunan rusun lain, seperti di Pasar Minggu. Semoga persoalan pemukiman bisa tuntas” kata Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga KemenPU-Pera Mirna Amien (8/12).

Mirna menjelaskan, pembangunan Rusunawa ini menggunakan anggaran KemenPU-Pera Rp 950M. Pembangunan menggunakan anggaran jamak 2 tahun. Rusunawa dibangun 2016 dan selesai 018. Rusunawa Pasar Rumput memiliki 2 tower, total 25 lantai dan 2.000 unit. Luas bangunan 120.000M2.

Kesepakatan ini ditandai penandatanganan nota kesepahaman antara Gubernur DKI Ahok-Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono yang diwakili Mirna. “Tahun 2016, dilelang pembangunan rusun Pasar Rumput. Selama ini kendalanya perlu ada koordinasi macam2, padahal desainnya ada,” ujarnya. (Eko; http://www.merdeka.com/jakarta/pemerintah-bakal-bangun-rusunawa-terpadu-di-pasar-rumput.html)-FatchurR

—————-

 

Sejarah baru MOU Kemen Agraria-TR dan HKBP

Merdeka.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) tanda tangani MoU sertifikasi asset milik gereja HKBP. Kerja sama ini  sebelumnya dilakukan BPN dengan NU dan Muhammadiyah.

“Penandatanganan MoU Kemen-ATR/BPN dengan HKBP ini sejarah baru. Sebelumnya Kemen ATR/BPN tanda tangani MoU serupa dengan NU dan Muhammadiyah, kali ini dengan HKBP yang juga gereja terbesar di Asia Tenggara,” ujar Martin Manurung, warga HKBP yang Ketua DPP NasDem kala menyaksikan penandatanganan MOU kepada wartawan di Kemen ATR/ BPN, Senin (7/12).

Dengan MoU itu, ujar Martin, maka HKBP dan pemerintah Indonesia telah melakukan perubahan terkait sertifikasi aset milik lembaga2 keagamaan. “Dengan MoU ini, lembaga agama : NU,Muhammadiyah dan HKBP dapat memiliki kepastian hukum yang lebih jelas terkait asset2 miliknya, seperti Rumah Ibadah, Sekolah, Rumah Sakit, dan lain-lain,” kata Martin.

Bagi pemerintah, MoU ini membantu memperbaiki pendataan dan meningkatkan layanan masyarakat. “Saat ini, pemerintah tak hanya menunggu dan jadi ‘tuan’, tetapi Kemen ATR/BPN menjemput bola dan jadi pelayan masyarakat. Saya harap penandatanganan MOU dengan HKBP ini ditindaklanjuti dengan baik di lapangan,” simpul Martin. (eko; http://www.merdeka.com/peristiwa/mou-kementerian-agraria-dan-tata-ruang-dengan-hkbp-sejarah-baru-ri.html)-FatchurR

————–

 

Proyek Jalan-Jembatan 13T dibangun di Sulteng

Jakarta -Pemerintah lewat Kemen PUPR mulai melaksanakan proyek pelebaran jalan dan penggantian jembatan di Sulteng. Nilai proyek Rp 1,3T. Pelaksanaan proyek ditandai penandatanganan kontrak pekerjaan multiyears ini. Anggaran proyek ini diambil dari APBN 2015-2018. Penandatanganan disaksikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Kontrak yang ditandatangani menyangkut 5 paket pekerjaan fisik jalan dan kontrak paket pengawasan, dengan nilai Rp 1,3T. “Setelah ditandatangani kontrak ini kita jadi satu tim dan ‘argo’-nya mulai berjalan. Saya minta kepada kontraktor dan pengawas segera melaksanakan tugas masing2” ujar Basuki dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR (18/9/15).

Prosesi penandatanganan ini dilakukan di sela kunjungan kerja Basuki ke Sulteng 18-19/9/2015. Dalam kesempatan ini Basuki didampingi Direktur Jembatan Hedi Rahadian, Direktur Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan dan Fasilitasi Jalan Daerah Subagyo, Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Jembatan Solo Riyadi Limbong, serta Kepala Dinas PU Sulteng Syaifullah Djaffar.

“Diharapkan perbaikan jalan dan jembatan ini meningkatkan mobilisasi orang, barang, logistik dan jasa hingga mampu meningkatkan perekonomian dan usaha di Sulteng,” ujar Gubernur Sulteng, H. Longki Djonggola. (dna/dnl; http://finance.detik.com/read/2015/09/19/160649/3023377/4/proyek-jalan-dan-jembatan-rp-13-triliun-mulai-dibangun-di-sulteng)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita