Pelaku Cyber Crime resah dengan Registrasi ulang

Diakui atau tidak, dunia digital Indonesia diwarnai kejahatan2. Penipu ngaku jadi “mama minta pulsa”. SMS minta transfer uang, menagih kontrakkan, tipuan undian berhadiah, gendam lewat telepon. Juga ada sindikat bayaran penyebaran hoax, dan kebencian. Kejahatan cyber jadi profesi.

Semua mudah terjadi dan pelaku sulit dilacak, karena nomer telepon untuk alat kejahatan tanpa identitas benar. Berbekal SIM Card yg bisa dibeli murah, bisa dipakai kejahatan dan dibuang, besoknya beli lagi. Kejahatan cyber marak. Hoax/penyebaran kebencian diproduksi dan sembunyi di Anonimitas.

Program pemerintah wajib daftar ulang beridentitas data eKTP membuat resah . Dengan program ini, berarti yang menipu dan nyebarin hate speech mudah terdeteksi. Ini membuat orang tidak bebas ganti ganti nomer karena ada pembatasan. Identitas dituntut jadi jelas. Peluang kejahatan jadi sempit.

Program untuk keamanan pengguna telpon ini ditentang habis2an. Karena Program daftar ulang dengan validasi identitas ini merugikan secara politik dan ekonomi pelaku kejahatan. Itu jadi tak aneh kalau mereka lalu membuat hoax macam2 untuk menggagalkan.

Ada hoax menakut nakuti masyarakat seakan registrasi ini akan dikriminalisasi dg UU ITE. Ada hoax bahwa program ini mencuri data pribadi, padahal yg diminta cuma no. NIK dan No. KK. Hingga ada hoax  tuduhan politik dikaitkan pilpres 2019. Yang ujung2nya mengajak masyarakat menolak daftar ulang.

Lewat penyebaran hoax massif, mereka berharap bisa dipercaya, dan program daftar ulang ini gagal. Kalau gagal mereka tetap bisa menipu dan terus nyebarin hoax/ujaran kebencian. Apakah tipu daya dan fitnah ini kita biarkan? Sistem identitas tunggal yg terintegrasi layanan publik dan keamanan, itu cita2 lama yg diprogramkan pemerintahan sebelumnya. Karena hambatan eKTP program ini kini diwujudkan.

Akankah kita tunduk dan ikut kemauan produsen hoax dan pelaku cyber crime? Mereka harus dilawan. Dengan ikut mendaftar nomor kartu telepon kita. Supaya nomer kita tetap bisa kita pakai, masyarakat  makin tertib dan aman, maka kita makin bersih dari kejahatan siber.

Mati kita dukung denga mendaftar ulang dan tak percaya Hoax. Kita tak akan maju dan sejahtera jika masyarakat disibukkan hoax-hasutan-penipuan. Wujudkan sistem data kependudukan, terintegrasi sehingga meningkatkan pelayanan dan keamanan. (By Prof Henri Subiakto; Staf Ahli Kemkominfo)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://redaksiindonesia.com/read/pelaku-cyber-crime-resah-hadapi-registrasi-ulang-kartu-prabayar.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita