logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pasar Domestik Potensial-Kemenperin Kembangkan Industri Kacamata

Pasar Domestik Potensial-Kemenperin Kembangkan Industri Kacamata(ekonomi.bisnis.com)-JAKARTA; Kemenperin terus mendorong pertumbuhan industri kacamata dalam negeri melalui peningkatan investasi, di samping memacu pengembangan produktivitas dan kualitas untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

 

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan potensi industri kacamata di Indonesia sangat besar. “Karena itu, pemerintah berupaya mendorong sektor ini agar lebih tumbuh dan berkembang” tuturnya dalam keterangan resmi (18/5/2019).

 

Pihaknya bakal fokus menggenjot investasi dan ekspansi di sektor industry kacamata sehingga berefek berantai yang luas bagi perekonomian nasional. Dampak positif itu antara lain penerimaan negara dan penyerapan tenaga kerja.

 

“Apalagi, kacamata produksi dalam negeri sudah berkualitas yang mampu bersaing dengan produk impor. Kami akan mendorong perluasan pasarnya terutama ekspor. Selain itu, dengan investasi baru, juga akan mensubstitusi produk impor,” paparnya.

 

Sebelumnya, Gati beserta jajaran mengunjungi satu2nya produsen kacamata yang terintegrasi di dalam negeri, yakni PT Atalla Indonesia. Pabrik di Tangerang, Banten ini berkapasitas produksi 4.500 lusin kacamata per hari dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 600 karyawan.

 

Kunjungan kerja ini sebagai agenda rutin untuk mengetahui kondisi di lapangan, khususnya sektor industri kacamata yang kini pembinaannya ada di bawah Ditjen IKMA, setelah terbitnya Peraturan Permenperin No. 35 / 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perindustrian.

 

Atalla Indonesia, salah satu perusahaan yang memanfaatkan fasilitas Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing di kancah global. BMDTP merupakan insentif fiskal untuk sektor industri tertentu, berupa subsidi bea masuk oleh pemerintah atas bahan baku produksi yang diimpor suatu perusahaan.

 

“BMDTP merupakan pengembalian bea masuk yang diberikan atas importasi bahan baku yang belum diproduksi di dalam negeri, atau diproduksi di dalam negeri tapi belum memenuhi spesifikasi atau belum mencukupi kebutuhan dan diimpor dari negara non-FTA [Free Trade Agreement],” jelas Gati.

 

Pihaknya juga akan memberlakukan SNI untuk produk kacamata yang beredar di pasar domestik, guna melindungi industri dan konsumen di dalam negeri. (Annisa Sulistyo Rini; Editor : Annisa Margrit; Bahan dari : https://ekonomi.bisnis.com/read/20190518/257/924332/pasar-domestik-masih-potensial-kemenperin-kembangkan-industri-kacamata)-FatchurR *

3 Responses to Pasar Domestik Potensial-Kemenperin Kembangkan Industri Kacamata

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Rangsangan industri kacamata berupa BMTD ini, stlh berpengalaman ekses negatifnya boleh dikata minim bahkan hilang. Mmg dikala itu gajih PNS minim yg jk mau cukup hrs cari objekan, kebanyakan org ambil jalan pintas. Hal ini amat merugikan, pengusaha hanya berpikir bagaimana dpt hasil se besar2nya, pdhal produk yg di export kecil, tapi untuk dpt BMTD, diatur bersama otoritas terkait memainkan angka2 diatas kertas, artinya kemajuan industrinya cuma angkanya yg besar, shg bisa klaim BMTD bodong.

  • FatchurR says:

    Kayaknya BMDTP disiapkan agar bisa bersaing untuk ekspor dan juga bersaing didalam negeri dari produk impor

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Perjalanan panjang dg upaya2 yg tdk menunjang di jadoel, setlh ada perbaikan kesejahteraan pekerjanya disertai kesadaran secara umum serta ditunjang law enforcement ketat oleh KPK serta otoritas pemerintah, barulah terjadi perubahan positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita