logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Olimpiade SKI Robot-beraksi di Olimpiade Pyeongchang

Olimpiade SKI Robot-beraksi di Olimpiade Pyeongchang(sumber.com)-Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang tak hanya ajang bertemunya atlet dunia. Kompetisi bergengsi ini dijadikan perhelatan pamer teknologi robot Korea Selatan.

 

Selain pakai robot pembersih, robot pemandu, sampai robot yang melakukan pemboran dinding untuk menyerahkan obor Olimpiade, robot2 juga memiliki kategori kompetisinya dalam Olimpiade.

 

Dilansir dari The Verge, turnamen ski “Edge of Robot: Ski Robot Challenge” diikuti oleh 8 tim robotik dari :  universitas penelitian dan perusahaan swasta. Masing2 mengirimkan satu robot berlomba dan memperebutkan hadiah $10.000.

 

Layaknya kompetisi ski internasional, robot2 ini berlomba bermanuver ski dan meluncur untuk mencapai garis finish. Siapa tercepat mencapai garis finish dan berhasil menghindari rintangan, dia pemenangnya. Robot2 ini dilengkapi sensor kamera untuk mendeteksi tiang bendera biru dan merah yang menghadang lintasan mereka.

 

Mereka diberi poin berdasar banyaknya tiang yang dapat mereka hindari, dan waktu tercepat untuk mencapai garis finish. Turnamen ini diadakan pada lintasan ski 80 mt bertempat di Welli Hilli Ski Resort, sejam jauhnya dari lokasi perhelatan Olimpiade di Pyeongchang.
Perlombaan ini tidak semudah yang kelihatannya. Dengan temperatur yang dingin hingga memecahkan rekor tersendiri, fungsi robot menjadi terpengaruh dan banyak dari mereka yang terjatuh dan terjungkir ke bawah lintasan.

Kalau ini terjadi pada atlet manusia mungkin akan terlihat mengerikan. Tapi karena semua peserta kompetisi ini adalah robot, apalagi mereka dipakaikan pakaian ski untuk ukuran anak-anak, jelas perlombaan ini jadi  lucu untuk dilihat.

 

Untuk dapat berlomba di turnamen ski “Edge of Robot: Ski Robot Challenge”, robot2 ini harus memenuhi kualifikasi robot humanoid, seperti kemampuan untuk berdiri pada 2 kaki dan memiliki persendian yang menyerupai siku dan lutut. Tinggi minimumnya adalah 50cm.

Robot terkecil yang mengikuti turnamen ini : Taekwon V (namanya berasal dari karakter robot pada film kartun Korea), dengan tinggi 75 cm. (Ellisa Gunawan;  Bahan dari :  (https://sumber.com/teknologi/berita-terkini-teknologi/sumber/robot-beraksi-olimpiade-ski-pyeongchang.html)-FatchurR

One Response to Olimpiade SKI Robot-beraksi di Olimpiade Pyeongchang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita