NX30 memudahkan transfer foto

samsung-nx30Samsung mengenalkan kehadiran NX30 di Indonesia pada Februari 2014. Kamera mirrorless terbaru dengan kemampuan tangkap 20.3MP ini menawarkan desain bodi yang nyaman digenggam serta variasi lensa yang dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan (changeable).

Hadir berbodi hitam, kamera ini sekilas tidak berbeda dengan kamera model DSLR (Digital Single Lens Reflex). Perbedaan terletak dari bentuknya yang lebih kecil serta ringan. Samsung menyematkan berbagai macam fitur pintar dan efek foto, termasuk konektivitas WiFi.

Desain
Dari sisi desain, NX30 menempatkan tombol-tombol yang mudah dijangkau oleh jari tangan. Perangkat ini menghadirkan akses mudah untuk pengaturan kamera AUTO, M (Manual), S (Shutter Priority), A (Apperture Priority) dan pengaturan lainnya dalam satu antarmuka melingkar.

Terdapat pula akses mudah untuk menyetel pengaturan untuk multi-shot atau burst mode, self-timer maupun single-shot. Sama seperti pengaturan modus foto seperti yang disebutkan di atas, pengaturan pilihan single-shot atau multi-shot ini memiliki antarmuka melingkar.
Ada pula satu tombol bundar berwarna merah untuk langsung menuju modus rekam video. Tombol pengaturan ini terletak di bodi atas kanan NX30, yang bisa dijangkau dengan jari telunjuk atau jempol tangan kanan.

NX30 juga dilengkapi dengan LCD Super AMOLED layar sentuh yang dapat diputar 270 derajat. Dengan kemampuan putar ini, pengguna bisa dengan bebas memposisikan layar mendongak ke atas atau ke bawah.

Kamera Samsung ini berdimensi 127 x 95.5 x 41.7mm dan berat 375 gram. Di sisi bawah, terdapat slot baterai rechargeable 1410mAh serta kartu penyimpanan SD Card. Di bagian kiri terdapat colokan untuk mikrofon, tombol pembuka kunci dekat pangkal lensa serta tombol untuk membuka lampu flash.

Samsung NX30 juga memiliki beberapa tombol fisik seperti delete, slideshow, menu dan navigasi yang terletak di sisi belakang atau samping layar LCD. Untuk pengisian daya baterai, pengguna dapat memanfaatkan port USB mini serta HDMI di bagian sisi kanan NX30.

Fitur
Fitur Smart Auto memungkinkan Anda optimal menangkap gambar, tanpa pusing mengatur bukaan apperture atau kecepatan rana (shutter speed) atau ISO.  Ada pula fitur Remote Viewfinder, Baby Monitor dan MobileLink. Fitur ini bisa  menghubungkan perangkat dengan smartphone Android melalui aplikasi Samsung Home Monitor serta Samsung Smart Camera.

Tidak mesti menggunakan smartphone Samsung Galaxy, pengguna juga dapat menggunakan device Android lainnya untuk menghubungkan smartphone dengan NX30. Dengan fitur Remotefinder, pengguna bisa menangkap gambar atau video yang dibidik kamera NX30 melalui smartphone.

Pengguna dapat mengunduh Samsung Smart Camera gratis di Google Play bersize 21,74MB dan memanfaatkan Remotefinder untuk menangkap gambar jarak jauh. Dengan jangkauan kurang dari 10 meter, pengguna dapat menangkap gambar melalui smartphone. Untuk mentransfer file dari NX30 ke smartphone, pengguna bisa menggunakan fitur MobileLink.

Sesuai dengan momen foto yang ingin pengguna tangkap, NX30 menyediakan fitur Smart. Fitur spesifik ini secara otomatis mengambil gambar optimal untuk momen tertentu seperti Sunset, Silhoutte, Smart Jump Shot, Waterfall, Panorama, Action Freeze, Macro serta Beauty Face.

Foto atau video yang sudah ditangkap dan tersimpan dalam memori, dapat ditransfer ke Dropbox, Flicker atau YouTube. NX30 yang dijual seharga Rp12 juta ini juga dilengkapi fitur AutoShare, sehingga kamera dapat langsung mengirim foto ke smartphone.

Kamera anyar ini memiliki fitur rekam video 1080p HD (60 frame per detik) dan mendukung konektivitas NFC. NX30 juga mendukung rekam audio dengan mikrofon serta pengaturan ISO 100-25.600.

Foto
Ukuran foto dapat diatur mulai dari pilihan 20M (5472×3648) hingga paling rendah di 1,1M (1024×1024). Pengguna juga bisa mengatur kualitas foto mulai dari Super Fine, Fine, Normal serta RAW.

Untuk memudahkan fokus objek foto dalam modus Auto, pengguna bisa mengaktifkan Touch AF atau Tracking AF. Tracking AF secara otomatis mengambil fokus dari objek terletak di tengah layar. Pengguna juga bisa menjepret objek foto dengan menyentuh layar LCD melalui pengturan One Touch Shot.

NX30 juga berfitur OIS (Anti-guncangan) agar foto tetap menampilkan gambar terbaik, walau penggunanya menjepret gambar dalam posisi bergerak. Di NX30, ada 2 pilihan fitur OIS atau image Optical Image Stabilizer. OIS Mode 1, mengaktifkan fitur OIS saat pengguna menekan setengah (tidak terlalu dalam) tombol shutter serta OIS Mode 2, kamera akan selalu mengaktifkan fitur Optical Image Stabilizer.

Video
NX30 dapat merekam video resolusi full HD 1080p. Pengguna bisa mengatur di posisi maksimal dengan hasil video 1920×1080 (50p) serta terendah di resolusi 640×480 (25p). Samsung juga menyediakan opsi video For Sharing, yang memungkinkan kamera menangkap video hingga 30 detik dengan mengoptimasikan resolusi serta kualitas video.

Pengguna juga dapat mengatur kualitas video dengan pilihan HQ atau Normal. Saat merekam video, pengguna juga dapat mengaktifkan DIS (Digital Image Stabilization) untuk meminimalisir video yang goyang. NX30 juga menyuguhkan efek Fade In atau Out pada modus video.

Ketika merekam video, kamera dapat merekam audio dengan mengaktifkan fitur Voice On. NX30 juga menyediakan fitur Mic Level Auto atau Manual. Pengaturan Mic Level digunakan agar besar atau kecilnya volume suara yang masuk terekam sesuai dengan keinginan pengguna. Bila tidak ingin repot, NX30 menyediakan fitur Auto pada fitur Mic Level tersebut.

Kesimpulan
Kamera NX30 dengan bodi ringan bisa Anda bawa pergi kemana-mana dengan nyaman. Fitur yang diunggulkan dari kamera ini salah satunya ialah kemudahan dalam mentransfer foto dan video dari kamera ke smartphone Android melalui aplikasi Samsung Smart Camera. Proses mentransfer foto dari kamera ke smartphone pun tidak memakan waktu lama.

Tersedia fitur Smart yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar sesuai momen yang diinginkan. Misalnya untuk karya fotografi seni, pengguna bisa mengaktifkan modus Sunset atau Action Freeze untuk mendapatkan tangkapan gambar terbaik. Hasil rekaman video full HD 1080p juga terasa sangat halus.

Kelebihan
– Fitur MobileLink untuk transfer file cepat ke smartphone Android
– Fitur Remote Viewfinder bisa dipakai untuk menjepret foto dari jarak jauh.
– Kualitas foto dan video yang tidak diragukan.

Kekurangan
– Tanpa kartu SD (memori ekspansi), fitur MobileLink atau Remote Viewfinder tidak dapat digunakan
– Harga mahal Rp12 Juta (ahl; http://techno.okezone.com/read/2014/05/26/207/990231/samsung-nx30-mudahkan-transfer-foto-ke-smartphone)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita