Nuklir untuk penyakit kritis

Nuklir untuk atasi penyakit kritisJakarta – Promosi pemanfaatan nuklir untuk tujuan damai terus digalakkan banyak negara. Selain sebagai sumber energi alternatif utama, teknologi nuklir dikembangkan untuk kepentingan medis. Dunia kedokteran telah memanfaatkan nuklir untuk penanganan beberapa penyakit kritis seperti kanker dan gangguan ginjal.

 

Data World Health Organization (WHO) menunjukkan, kematian akibat kanker di dunia mencapai 8,2 juta orang di tahun 2012. Dari total penderita kanker, 20 persen di antaranya disebabkan oleh konsumsi rokok, dan 70 persen kematian disebabkan oleh kanker paru-paru.

 

Kepala Batan; Djarot Sulistio Wisnubroto menjelaskan, penyinaran radiasi telah digunakan untuk penanganan penyakit kanker. Adapun untuk gangguan ginjal, proses renografi telah membantu para dokter untuk mendiagnosis kondisi ginjal pasien.

 

“Sederhananya, kalau kita kena kanker, obat paling efektif, ya teknologi nuklir. Tapi kita tidak ingin kena kanker, bukan?,” ujar Djarot, di Jakarta, belum lama ini. Djarot menjelaskan, pemeriksaan renografi mengharuskan injeksi senyawa Iodine-131 hipuran ke dalam tubuh pasien.

 

Iodine-131 adalah senyawa radioaktif yang akan membantu memetakan fungsi ginjal, adapun hipuran adalah tracer atau senyawa pembawa yang akan membawa Iodine-131 menuju organ yang diperiksa. Dosis senyawa radioaktif yang dimasukkan ke dalam tubuh sangat kecil sehingga tidak mengganggu organ internal tubuh.

 

Untuk penyakit kanker, lanjut dia, dunia kedokteran telah menemukan Positron Emission Tomography (PET) Scan guna mengetahui fase kanker. Tak jauh berbeda dengan Ranogram, saat melakukan PET-Scan, pasien akan disuntik dengan senyawa radioaktif, yang mana senyawa itu akan menuju ke organ target. Selanjutnya, pasien akan masuk ke dalam sebuah scanner berbentuk tabung. Scanner akan memindai, dan hasilnya akan terlihat di layar komputer.

 

“Kami sebenarnya telah memproduksi berbagai peralatan berbasis nuklir untuk kepentingan kesehatan namun tidak secara masif. Produksi itu prototype saja yang akan dijadikan rujukan untuk kepentingan penelitian berbagai rumah sakit,” tambah dia.

 

Melihat pentingnya nuklir untuk kesehatan umat manusia, berbagai perusahaan nuklir di dunia terus mengembangkan riset nuklir untuk kesehatan, salah satunya adalah Rosatom, perusahaan nuklir asal Rusia. Saat ini Rosatom telah menyuplai produk-produk seperti isotop, radiofarmasi, instrumen radioisotop, dan senyawa kimia termasuk Iodine-131 ke lebih dari 30 negara.

 

Selain itu, Rosatom juga tengah memproduksi peralatan medis khusus Ephatom gamma CT scanner yang bisa mendiagnosis beragam kondisi medis. Produksi masal scanner ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

 

Rosatom tengah mengembangkan sebuah pusat penelitian, pengembangan, dan pelatihan nuklir untuk kesehatan yang direncanakan beroperasi pada 2015 di kota Dimitrovgrad. Rusia juga akan membangun pusat-pusat penelitian nuklir untuk kesehatan di kota-kota lain, seperti di Obninsk dan Tomsk.

 

“Komitmen kami adalah untuk mengembangkan teknologi nuklir untuk tujuan damai, termasuk nuklir untuk energi. Kami menyediakan beberapa item penting untuk mendukung perawatan bagi para pasien di dunia,” ujar Wakil Presiden Rosatom International Network Ivan Dybov. (Penulis: IIN/FER; Sumber: Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/kesehatan/229264-teknologi-nuklir-untuk-penanganan-penyakit-kritis.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita