logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Motor Listrik terinspirasi dari Gambar Anak2

skuter motochimp(bbc.com/indonesia)- Skuter elektrik dan sepeda yang dilengkapi motor makin menjamur akhir2 ini.

Sebagian besar didesain dan dibuat ‘apa adanya’. Bahkan terkesan ‘menempelkan motor bertenaga baterai’ ke alat transportasi beroda dua ini.

 

Untung, ada yang peduli, dengan memperhatikan tidak hanya aspek teknologi, tapi memperkenalkan gaya menawan. Salah satunya Motochimp, sepeda motor buatan Singapura, yang menyedot perhatian di ajang pameran desain industri internasional di Shenzhen, Cina.

 

“Motochimp ingin merayakan spirit kebebasan dan mobilitas urban yang spontan,” ungkap Larissa Tan, CEO Vanda, perusahaan yang melahirkan Motochimp. “Sangat ramah lingkungan, bergaya, murah biaya operasional tanpa kehilangan personalitas”. Ketika diluncurkan (1946), Piaggio Vespa bukan skuter motor pertama di dunia.

 

Sudah ada model2 dengan berbagai bentuknya- selama 50 tahun. Namun Vespa jadi fenomena global berkat inovasi teknik dan penampakannya yang tidak biasa. Motochimp ingin meniru Vespa dalam konteks tersebut.

 

Sangat Praktis

“Konsep kami terinspirasi gambar seorang anak perempuan usia (10)” kata Tan. “Dari sini kami mengembangkannya, tanpa ada batas2 kreativitas dan hasilnya kami bangga.” Salah satu daya tarik utama Motochimp adalah kepraktisan.

 

Sepeda motor ini memakai baterai lithium yang bisa dicas dengan colokan reguler, yang biasa ditemukan di rumah, selama kurang dari satu jam. Itu bisa jadi sumber tenaga Motochimp untuk menempuh jarak 60 km. Ini bukan jarak pendek dan cukup untuk memenuhi keputusan transportasi sehari-hari.

 

Komponen utama Motochimp itu tabung persegi panjang. Panjangnya 1 Mt dari bahan alumunium yang bisa dicat merah, biru, atau kuning. Seperti Vespa, Motochimp pakai roda kecil, yang diharapkan lebih adaptif dan lebih cocok untuk lingkungan perkotaan. Kecepataan maksimalnya 30 km/jam, tapi di jalan-jalan kota yang padat, bukankah kita juga tak bisa memacu kendaraan?

 

Jepang akan jadi pasar pertama Motochimp, menyusul negara2 Asia, Eropa, dan Inggris. Produsen Motochimp mengatakan mereka tidak berencana masuk ke pasar AS. Harganya? US$2.000 sekitar Rp26,8 juta. (Bahan dari :  https://www.bbc.com/indonesia/vert-aut-37980922)-FatchurR

One Response to Motor Listrik terinspirasi dari Gambar Anak2

  • Motochimp made in Singapore, dibanding motor konvensional, harganya lbh tinggi serta kegunaannya terbatas buat ngr2 yg warganya dipakai serbaguna sbg angkutan barang dll. Tapi dg kian beratnya menampung polusi, mumgkin pd suatu ketika setap ngr merobah policy penggunaan alat transport go green. Ya ditunggu sj kapan momentum itu tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita