Mengintip pembangunan Tembok Besar China(2/3)

Rasanya tujuan pembangunan itu jaman now jika untuk pertahanan tidak layak. Karena Bom bisa mengalahkan Negara ini. Yuk kita lanjutkan info dari sumber  manajemenproyekindonesia.com

 

Desain Bangunan

Tembok ini badan utama arsitektur tembok raksasa.Fungsinya penghubung menara suar, menara pengintai dan pintu gerbang jadi garis pertahanan.Tinggiannya tergantung dataran.Pada daerah2 strategis dibuat lebih tinggi.Saat melintasi gunung/daerah tidak rata dibuat serendah mungkin untuk menghemat bahan dan tenaga.

 

Rata2 tinggi tembok 23-26 kaki. Lebar atasnya 5 m dan lebar bawahnya 8 m. Tiap jarak 180-270  mt ada semacam menara pengintai, tinggi menara pengintai 11-12 mt, menara pengintai ini juga untuk menyimpan senjata dan bahan pangan. Totalnya 8.851 km. Ini setara jarak Jakarta – Amman (Yordania).

 

Di sisi dalam tembok dibangun pintu dan tangga naik turun. Tembok Besar dibangun dengan batu besar disisipi tanah dan batu pecahan. Material tembok raksasa beda2 sesuai periode dinasti.Sebelum batu bata ditemukan, tembok besar dibuat dari tanah, batu dan kayu.Karena pembangunannya butuh sumber daya banyak, para pekerja memanfaatkan bahan2 seadanya.

 

Saat melewati gunung, batu gunung digunakan. Pada saat membangun di tanah datar, tembok dibuat dari tanah yang digemburkan dan jika lewat padang gurun, bahannya rerumputan campur pasir dan ranting2 pohon konifer.

 

Masa Dinasti Qin, teknologi belum maju, sehingga materialnya tanah atau tanah campur kerikil.Pada masa itu struktur benteng belum didirikan.Bagian2 tembok terdiri dari gundukan batu2 besar. Masa Dinasti Han, bahan tanah dan batu seperti sebelumnya masih digunakan. Dinasti Tang, batu bata sudah diproduksi.

 

Karena mahal, terbatas pada gerbang kota dan tembok yang dekat. Baru zaman Dinasti Ming, teknologi pembangunan tembok lebih maju. Pertengahan periode dinasti ini batu bata berkualitas diproduksi. Batu bata lebih baik dari tanah/batu kerikil, lebih ringan, tahan beban dan lebih efektif dalam waktu cepat.

 

Batu masih dipakai, fondasi, pinggiran luar dan gerbang dikarenakan lebih kuat dari batu bata. Adukan batu kapur dengan beras ketan efektif sebagai semen yang merekatkan batu bata. Bersambung…….

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://manajemenproyekindonesia.com/?p=2622)-FatchurR

One Response to Mengintip pembangunan Tembok Besar China(2/3)

  • Harry Reksosamudra says:

    Inspirasi pembuatan tembok besar asal muasalnya dr rasa takut, serbuan org Mongol yg terkenal jagoan perang dipimpin oleh Jengis Khan. Maka bgs Han demi keselamatannya dibangun tembok dg segala daya yg ada, dr bahan seadanya yg banyak didpt pd wilayah setempat. Dampaknya banyak bangunan kuno di China yg bertahan sp skrg, dr sejak dibangun bertahan lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita