logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Menghabiskan Banyak Waktu Di WA Berdampak Buruk?

Menghabiskan Banyak Waktu Di WA Berdampak Buruk(lifestyle.bisnis.com)-JAKARTA; Studi terbaru yang diterbitkan International Journal of Human-Computer Studies, menemukan aplikasi pesan berbasis teks yang menawarkan fungsi obrolan grup pengguna berdampak positif pada kesehatan psikologis.

 

Hasil studi berjudul “Psychosocial Outcomes Associated with Engagemen with Online Chat Systems” menunjukkan makin banyak pengguna menghabiskan waktu untuk Whatsapp per harinya, maka semakin tinggi harga diri mereka sebagai hasil dari perasaan lebih dekat dengan teman dan keluarga.

 

Linda Kaye, profesor dari Edge Hill University mengatakan banyak perdebatan, apakah menghabiskan banyak waktu di media sosial berdampak buruk bagi kesejahteraan psikologi penggunanya.

 

“Studi ini menunjukkan itu mungkin tidak seburuk yang banyak orang pikirkan. Semakin banyak waktu yang dihabiskan semakin mereka merasa dekat dengan teman dan keluarga. Mereka menganggap hubungan ini sebagai kualitas yang baik,” katanya seperti dikutip Gadetsnow, Minggu (30/6/2019).

 

Dia menambahkan selain mempererat ikatan pertemanannya, semakin banyak orang berafiliasi dengan kelompok Whatsapp mereka maka semakin banyak hal terkait positif terkait kompetensi sosial mereka.

 

Menurut para peneliti, afiliasi grup juga berarti bahwa pengguna Whatsapp tidak merasakan kesepian. Tampaknya, menggunakan media sosial untuk terhubung dengan teman dekat merupakan hal baik untuk aspek kesejahteraan penggunanya.

 

Penelitian tersebut memilih 200 pengguna – 158 wanita dan 42 pria – dengan rerata usia sekitar 24 tahun. Hasilnya ditemukan bahwa rata-rata pengguna menghabiskan waktu sekitar 55 menit untuk mengakses Whatsapp.

 

Penelitian dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang berkaitan dengan modal ikatan sosial dan bagaimana penggunaan teknologi berhubungan dengan kesejahteraan psikososial.

 

“Ini menimbulkan anggapan teknologi sosial dapat merangsang hubungan dan peluang komunikasi, sehingga meningkatkan aspek kesejahteraan penggunanya secara positif,” kata Kaye.

 

(Syaiful Millah; Editor : M Taufikul Basari; Bahan dari : https://lifestyle.bisnis.com/read/20190630/220/939466/benarkah-menghabiskan-banyak-waktu-di-whatsapp-berdampak-buruk)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita