Mengenal Tekno Komunikasi CDMA

Dalam diskusi di grup WA-A68 hari ini ada yang menanyakan tentang CDMA. Berikut pengenalan secara ringkas.

Merdeka.com – Selama ini banyak pengguna telepon seluler kategori ponsel atau smartphone mengetahui ada teknologi CDMA atau code division multiple access. Sejarah CDMA (tertulis di Wikipedia), tekno CDMA pertama saat meletusnya Perang Dunia II. Teknologi ini digunakan untuk menyulitkan tentara Jerman dalam menangkap sinyal yang jelas dan lengkap.

Dalam perkembangannya, CDMA digunakan dalam banyak sistem komunikasi termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi. CDMA adalah metode akses chanel menggunakan banyak frekuensi radio telekomunikasi dan juga merupakan protokol data wireless. CDMA beroperasi pada frekuensi 800-1900 MHz.

Cara kerja CDMA adalah ketika pengguna mobile beraktivitas dengan menggunakan perangkat berbasis teknologi ini, maka data yang dikirimkan berbentuk potongan kecil atau dalam bentuk sistem kode (coding) unik untuk meminimalisir terjadinya kebocoran atau komunikasi silang.

Kelebihan CDMA adalah biaya panggil lebih murah dan kualitas komunikasinya lebih baik dibanding GSM. Selain itu, CDMA juga tidak membutuhkan equalizer dalam mengatasi setiap gangguan sinyal spektrum, serta memiliki proteksi yang lebih baik dari sisi penyadapan dibandingkan GSM.

Sayangnya, karena mayoritas paten CDMA dimiliki Qualcomm, maka teknologi ini tidak banyak di-upgrade / update pengembangan. Bila dibanding GSM, tekno CDMA berada di bawahnya. Sejak 2010, secara global, teknologi CDMA jarang digunakan. Banyak vendor berhenti memproduksi perangkat berbasis CDMA dan operator seluler pikir-pikir melanjutkan pemberian layanan teknologi ini.

Di Indonesia, teknologi dan perangkat berbasis CDMA sering ditemui karena ada beberapa operator seluler memberikan layanannya. Ketika teknologi makin maju dan cepat, keterbatasan CDMA membuatnya makin tersisih dan diperkirakan 2014 ini masa CDMA mulai layu. [das; http://www.merdeka.com/teknologi/mengenal-lebih-jauh-tentang-teknologi-komunikasi-cdma.html]-FatchuR

3 Responses to Mengenal Tekno Komunikasi CDMA

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Wah flexy ku terancam degradasi ya?

  • Fatkhurr says:

    Benar mBak Mimik. Siap2 dan ikhlas diganti sarana lain yang kemungkinan diintegrasikan ke layanan Telkomsel

  • Aryanto T(P65) says:

    Benar kalau telkomflexy sudah pernah diberitakan disurat kabar akan ditutup sedang esia belumada pemberitahuan, menurut saya kemungkinan karena kalah bersain marketingnya dengan Esia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita