Mengenal Pemilu di USA

pemilu di amerika serikat 2012USA adalah negara penuh pesona bagi kita. Berbagai macam hal yang berasal dari Negeri Paman Sam, menarik minat kita. Salah satu yang penting ketertarikan orang Indonesia pada Amerika ialah dunia politik. Segala kebijakan USA menjadi bahan pembicaraan hangat di seluruh dunia. Rakyat USA telah memberikan suaranya pada pemilu Presiden 6/11/2012.

 

Berikut dijelaskan singkat mengenai Pemilu di USA, yang didasari dari pengalaman kuliah selama dua bulan terakhir di Colorado dan menjadi moderator US Election Outsearch di @America Jakarta.

 

Sistem kepartaian

USA menganut sistem dwi partai. Dua partai besar selalu menang Pemilu Presiden sejak 1852, yakni Demokrat dan Republik. Dua partai ini yang selalu menghadirkan Capres dan Cawapres bagi rakyat USA. Ada partai kecil, namun tidak mampu menandingi dua partai raksasa itu, dari ideologi dan finansial.

 

Ada pebedaan ideologi mencolok dari Demokrat-Republik. Demokrat menomor-satukan persamaan kesempatan dan kesetaraan bagi tiap warga negara USA, sedang partai Republik mengagungkan kebebasan berpendapat dan individu tanpa adanya intervensi dari manapun, termasuk pemerintah.

 

Pemilih

Warga USA berusia minimal 18 untuk ikut pemilu. Mereka mereka bisa mendaftarkan dirinya via online dengan mengisi formulir pemilih. Pemilih pemula, yang kuliah, seluruh Universitas di USA membuka pendaftaran bagi mahasiswanya. Pada Pemilu 2008, pemilih pemula, berusia 18-24, adalah lumbung suara utama bagi Presiden Barrack Obama dalam memenangkan pemilu Presiden pertamanya.

 

Warga di luar negeri bisa memilih karena pemerintah USA mengirimkan ballot (surat suara) ke alamat warganya di luar Amerika. Setelah terisi, ballot itu secepatnya dikirimkan kembali.Perbedaan dengan pemilu di Indonesia, warga USA bisa memberi suara tanpa harus menunggu hari-H pemilu, yang dilaksanakan di Selasa minggu kedua di bulan November pada tahun pemilu.

 

Pemilihan umum Presiden

Pemilu di USA dilakukan 4 tahun sekali. Presiden maksimal memimpin dua periode, atau total 8 tahun. Salah satu syarat Capres, dia harus WN USA yang lahir di Negeri Paman Sam. Jadi itu menutup setiap WN AS yang lahir di luar AS. Pemilu Presiden 2 tahap; Pemilu Pendahuluan dan Pemilu Presiden.

 

A. Pemilu Pendahuluan

Pemilu pendahuluan dari Januari-Juni di tahun berlangsungnya Pemilu. Tujuannya menentukan satu Capres dari partai, Republik dan Demokrat. Pemilu pendahuluan diikuti sejumlah bakal calon Presiden dari partai yang sama untuk memperebutkan posisi calon Presiden dari partai tersebut.

 

Para bakal calon berkampanye ke 50 negara bagian, mereka ber-iklan dan berdebat satu sama lain untuk menunjukkan kapabilitasnya sebagai calon yang layak mewakili partai dan bertarung dengan calon dari partai lain. Para Balon dipilih langsung oleh simpatisannya di tiap negara bagian. Balon dengan suara tertinggi akan dinobatkan sebagai Capres dalam Konvensi Nasional yang dihelat Agustus-September.

 

B. Pemilu Presiden

Setelah menang Konvensi Nasional partai, 2 Capres bersama Cawapres mulai kampanye di TV, Koran, dan media sosial. Selain itu, mereka berdebat terbuka, yang disiarkan langsung televisi Nasional. Debat dilakukan empat (4) kali; 3 untuk calon Presiden dan 1 untuk calon wakil Presiden.

 

Pentingnya suara pemilih pemula (mahasiswa), ditunjukkan dengan kampanye dan debat di Universitas seantero AS. Pemilu Presiden dilakukan pada hari Selasa di minggu kedua di bulan November, atau di antara tanggal 4-8 November. Presiden yang terpilih akan dilantik pada 20 Januari di tahun berikutnya.

 

Perhitungan suara

Meski dipilih langsung oleh rakyat, pemilu di AS sistemnya berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia, pasangan Capres yang telah mengumpulkan suara terbanyak akan langsung dinobatkan sebagai pemenang pemilu, namun di AS masih ada Electoral College yang berperan menentukan pemenangnya.

 

Electoral College adalah sistem perhitungan suara. Tap negara bagian memiliki jumlah electoral college berbeda, didasari besarnya populasi negara bagian. Contoh California memiliki jumlah electoral college terbanyak 55, diikuti Texas (34) dan New York (29).Sluruh electoral college : 538, dan seorang calon harus meraih minimal 270 jumlah electoral college untuk memenangkan pemilu.

 

Capres dan Cawapres dinyatakan mendapat suara dalam electoral college :  Misal dalam pemilu 2008 Obama meraih 1.000.000 suara di California dan lawannya, McCain 950.000 suara, otomatis Obama mendapatkan 55 suara electoral college dari California. Dan jumlah suara electoral college lah yang dihitung untuk menjadi pemenang pemilu bukan jumlah suara pemilih.

 

Jadi, sepasang Capres dan Cawapres tidak butuh menang di mayoritas Negara Bagian untuk memenangkan Pemilu, mereka cukup menang di 11 Negara Bagian dengan jumlah electoral college terbesar, seperti California (55 suara), Texas (38), New York (29), Florida (29), Illinois (20), Pennsylvania (20), Ohio (18), Michigan (16), Georgia (16). North Carolina (15), New Jersey (14), total jumlah electoral college dari 11 Negara Bagian itu adalah 270

 

Hal itu sudah cukup untuk mengunci kemenangan di pemilu Presiden AS tanpa mempedulikan hasil di 39 Negara Bagian sisanya. (http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/10/19/mengenal-pemilu-amerika-serikat-502168.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita