logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengenal Kota Los Angeles

New_LA_Infobox_Pic_Montage_5Los Angeles adalah salah satu kota besar yang terdapat di negara bagian California AS.
untuk mengenal kota ini lebih jauh, kita simak referensi ini.

SEJARAH BERDIRINYA KOTA LA :
City of LA, adalah kota besar di barat AS, kota terpadat kedua di AS (setelah New York City) dan adalah kota terbesar di California. Para penjelajah Spanyol menamai sebuah sungai yang indah dalam bahasa Spanyol: El Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Ángeles del Río de Porciúncula, dalam bahasa Indonesia:

 

“Desa Ibu Kita Ratu dari para Malaikat di Sungai Porciuncula”. Pada 4/9/1781, para pemukim dari Misi San Gabriel mendirikan kota dan menamainya sesuai nama sungai itu, namun dalam bentuk yang lebih singkat. Nama resminya adalah El Pueblo de la Reina de los Ángeles, atau “Kota Ratu dari para Malaikat.”

METROPOLITAN LOS ANGELES :
Wilayah metropolitan Los Angeles terdiri dari pusat kota Los Angeles dan daerah sekitarnya yang terdiri dari 87 kota besar dan kecil lainnya di kabupaten Los Angeles, serta kota-kota di Orange County.
Kota-kota besar dan penting di kabupaten Los Angeles adalah:

 

  • Los Angeles: Pusat pemerintahan dan pusat bisnis, terdapat banyak gedung pencakar langit. Gereja Katedral, Little Tokyo, LA Convention Center, stadion olahraga Staples Center dan Dodger Stadium, China Town, dan stasiun kereta api Union Station terletak di pusat kota Los Angeles. Hollywood berada di sebelah barat dan tidak jauh dari pusat kota.
  • Long Beach: Lokasinya di sebelah selatan. Merupakan kota pelabuhan dan kota kedua terbesar.
  • Beverly Hills: Terkenal sebagai kawasan paling eksklusif di Los Angeles karena banyak rumah-rumah orang kaya dan ternama, serta toko dan butik kelas dunia.
  • Santa Monica: Kota pantai di ujung barat Los Angeles yang juga merupakan kawasan bisnis dan pariwisata.
  • Torrance: Terdapat mall terbesar di LA yaitu Del Amo Fashion Center. Perusahaan mobil Toyota dan Honda juga berkantor di kota ini.
  • Glendale: Kota yang cukup padat penduduknya ini terletak di sebelah utara Los Angeles, dan banyak perusahaan besar berkantor disini.
  • Burbank: Tepat di sebelah barat dari Glendale, kota ini dekat dengan kawasan Hollywood dan juga terkenal dengan media seperti stasiun televisi dan studio film.
  • Pasadena: Tepat di sebelah timur dari Glendale, kota ini terkenal dengan parade bunga yang diadakan setiap tahun dan kota tua Pasadena.
  • Monterey Park: Kota di bagian timur Los Angeles atau di daerah lembah San Gabriel ini meskipun secara resmi bukan daerah pecinan atau China Town, tetapi banyak restoran China dan Asia lainnya seperi Vietnam, Malaysia, dan Indonesia berlokasi di sini.
  • Pomona: Kota di ujung timur yang terkenal dengan universitas negeri politeknik yaitu California State Polytechnic University, Pomona. LA County Fair atau sejenis pekan raya diselenggarakan di kota ini.

 

 PEREKONOMIAN LA :
Ekonomi LA didorong oleh sektor pertanian, perminyakan, perfilman, aeronautika, perdagangan luar negeri dan pariwisata. LA adalah titik masuk terbesar bagi imigran di AS. LA dua kali menyelenggarakan Olimpiade, dan merupakan tempat bagi institusi ilmiah dan kebudayaan yang terkenal.
Perusahaan mobil Asia banyak yang berkantor pusat untuk Amerika Serikat di metropolitan Los Angeles. Toyota dan Honda memiliki kantor di Torrance, kota di bagian barat daya. Mitsubishi, Mazda, Hyundai, dan Kia kantornya berada di Orange County.

FASILITAS PENDIDIKAN  LA
Banyak college dan universitas negeri maupun swasta di Los Angeles dan Orange County.
Universitas di Los Angeles diantaranya:

  • University of California, Los Angeles (UCLA)
  • University of Southern California (USC)
  • California State University, Los Angeles (CSULA)
  • California State University, Long Beach (CSULB)
  • California State University, Northridge (CSUN)
  • California State University, Dominguez Hills
  • California State Polytechnic University, Pomona
  • California Institute of Technology (Caltech), Pasadena
  • Woodbury University, Burbank
  • Pepperdine University
  • National University (California)

 

FASILITAS HIBURAN DI LOS ANGELES :
Los Angeles juga terkenal akan dunia hiburannya. Tempat yang paling terkenal di Los Angeles untuk hal ini adalah Hollywood. Di Hollywood terdapat Universal Studio, Grauman’s Chinese Theatre, Hollywood Bowl, dan bukit Hollywood dimana terdapat tulisan Hollywood yang besar.
Getty Center adalah museum besar yang menyimpan lukisan dan karya seni lainnya terletak di kawasan Brentwood, LA bagian barat.
Disneyland terletak di sebelah tenggara Los Angeles, tepatnya di kota Anaheim, Orange County.
Santa Monica, kota di sebelah barat terkenal dengan 3rd Street Promenade yaitu sebuah jalan yang khusus untuk pejalan kaki yang ramai dengan toko dan restoran, serta pantai-nya yang indah.

TRANSPORTASI LOS ANGELES
LA atau California bagian selatan secara keseluruhan terkenal jalan bebas hambatannya freeway yang lebar dan menjangkau banyak daerah. Jalan bebas hambatan Interstate 5 atau yang dikenal Golden State Freeway dan Santa Ana Freeway melintasi metropolitan LA secara diagonal tenggara – barat laut.

 

Jalan bebas hambatan lain yang penting adalah Interstate 405 yang membentang dari kota San Diego melaui Orange County dan Los Angeles dan berakhir lembah San Fernando. Pusat kota Los Angeles dilalui oleh jalan bebas hambatan US State Route 101 yang juga melewati Hollywood dan terus ke Santa Barbara dan terus menyusuri pantai Samudera Pacific ke kota San Francisco di California Utara.

 

Jalan bebas hambatan Interstate 10 berawal dari Santa Monica, melewati pusat kota Los Angeles dan terus membentang ke arah timur sampai ke negara bagian lain dan berakhir di negara bagian Florida, pantai timur Amerika Serikat.
Mobil adalah kebutuhan yang sangat penting di California selatan. Dengan penduduk lebih dari 15 juta di metropolitan LA dan Orange County, ada sekitar 12 juta unit mobil.
Transportasi massal di LA terdiri dari kereta bawah tanah subway yang melayani daerah barat, serta kereta api untuk keluar kota dengan stasiun pusat-nya Union Station di tengah-tengah kota Los Angeles.
Metropolitan Los Angeles atau California bagian selatan memiliki pelabuhan laut yang besar yaitu Port of Los Angeles dan Port of Long Beach.
Bandar udara international Los Angeles yang dikenal dengan nama LAX berlokasi di kawasan Westchester di kota bagian barat.

 

Bandar udara lainnya di wilayah metropolitan Los Angeles adalah Bob Hope Airport di Burbank yang tidak begitu jauh dari Hollywood, Long Beach Airport di bagian selatan, John Wayne Airport di Orange County, dan LA/Ontario Airport di bagian timur. (http://tammy-anythingourlife.blogspot.com/2011/07/mengenal-kota-los-angeles-california.html)-FatchurR

 

Catatan : Jangan lupa cinta Indonesia yang banyak obyek wisata dan budayanya yang beragam dan menarik. (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita