logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengemudi saat banjir

mobil mogok banjirJakarta – Banjir tidak diharapkan, selain menghambat aktivitas, banjir bisa membuat mesin mobil rusak parah. Sebaiknya, hindar jalanan yang tergenang air. Tapi, kalau sudah terjebak, jangan panik. Dalam rilis di Beritasatu.com, Senin (29/12), Chevrolet Indonesia berbagi tips aman mengemudi pada keadaan tersebut.

 

  1. Arahkan kendaraan ke bagian tertinggi jalan, karena air berada pada titik dangkal di titik tersebut.
  2. Gunakan gigi rendah (pertama atau ‘L’), tergantung pada jenis transmisi.

 

  1. Jaga kecepatan konstan. Mesin yang melambat dapat membiarkan air masuk melalui pipa knalpot dan merusak catalytic converter.
  2. Masuklah ke dalam genangan dengan kecepatan tidak lebih dari tiga km/jam dan tambah menjadi enam km/jam ketika kendaraan yang dikemudikan sudah berada di tengah genangan. Teknik tersebut akan menciptakan gelombang haluan di depan kendaraan dan mengurangi air di sekitar mesin dan mengurangi induksi air melalui saringan udara, juga mengurangi kerusakan komponen listrik dan elektronik.

 

  1. Pastikan tidak ada kendaraan yang mengarah ke kendaraan Anda, karena ombak kecil yang ditimbulkan dapat mendorong air masuk ke kendaraan Anda, terutama jika gelombang air bergerak dengan kecepatan yang kencang.
  2. Apabila mobil sudah keluar dari genangan, gunakan-lah rem dengan perlahan untuk mengeringkan. Injak rem dengan kaki kiri jika sudah familiar dengan teknik ini dan lepas ketika merasa rem mulai bekerja.

(Penulis: Carla Isati Octama/FIR; Sumber:PR dan http://www.beritasatu.com/tips-otomotif/236683-6-tips-mengemudi-saat-terjebak-banjir.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita