logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Memanaskan air dengan microwave

Memanaskan air dengan microwaveAnak saya yang berumur 26 tahun memutuskan untuk membuat minuman kopi. Ia mengambil secangkir ai  r & dipanaskan ke dalam microwave untuk dipanaskan sampai mendidih (sebagaimana sering dia lakukan sebelumnya).

Saya tidak tahu pasti berapa lama dia mengeset timer pada microwave tersebut, tetapi dia mengatakan kalau dia ingin air tersebut mendidih. Ketika timernya sudah otomatis mati, dia mengambil cangkir tersebut dari dalam oven.

 

Dia lihat ke dalam cangkir, dan nampak bahwa air dalam cangkir tidak mendidih, tetapi tiba-tiba air di dalam cangkir “muncrat” ke wajahnya. Cangkir tersebut masih tetap dipegang sampai dia melemparkan dari tangannya, tetapi semua air panas tersebut telah muncrat ke wajahnya karena adanya energi.

Semua wajahnya melepuh dan dia mengalami luka bakar (kulit ari) dan kulit jangat melepuh ber-air, yang mungkin akan meninggalkan bekas luka. Dia juga hampir kehilangan sebagian penglihatan pada mata kirinya.

Sewaktu di rumah sakit, dokter yang merawatnya mengatakan bahwa hal ini sering terjadi, dan seharusnya tidak memanaskan air (hanya air) didalam microwave oven. Jika air dipanaskan dengan cara ini (dalam microwave), sesuatu harus dimasukkan ke dalam cangkir untuk bisa men-difusi-kan energi seperti stik kayu, tea bag (teh celup), dll. Tetapi akan lebih aman kalau mendidihkan air pada ketel air. Mohon teruskan informasi ini kepada semua rekan dan keluarga.

Respon dari Microvae Supplier :
Terimakasih untuk kontak dengan kami. Kami sangat senang dapat membantu anda. Pesan yang anda terima adalah benar. Memasukkan air dan cairan lainnya ke dalam microwave tidak selalu nampak mendidih (ada gelembung-gelembung udara) pada saat mencapai titik didihnya.

Air / cairan tersebut dapat mengalami “superheated / super panas” dan sama sekali tidak mengeluarkan gelembung-gelembung air. Cairan yang mengalami “superheated / super panas” akan
menggelembung / muncrat saat cangkir dipindahkan atau saat sesuatu seperti sendok atau teh celup dimasukkan ke dalamnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi dan mengakibatkan cedera, jangan memanaskan cairan apapun ke dalam microwave lebih dari 2 menit untuk setiap cangkir. Setelah pemanasan, biarkan cangkir tersebut tetap di dalam microwave untuk sekitar 30 detik sebelum memindahkan atau menambahkan sesuatu ke dalam cangkir itu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. (Yong Sidharta; https://thomy265.wordpress.com/tag/bahaya-memanaskan-air-dengan-microwave/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita