logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Medsos membiarkan Hoax bertebaran-Diancam Denda

hoax(inet.detik.com)-Jakarta; Bila aturan pengendalian konten negatif telah diterbitkan, dan medsos membiarkan beredar hoax dan hate speech di platformnya, pemerintah akan tak segan2 mendendanya. “Ya, akan didenda,” tegas Dirjen Aptikan Kemen-Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta.

Berapa jumlah dendanya ke FB, Twitter, dsb, pemerintah masih menentukan besarannya. Harus mengikuti aturan tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“(Besaran) dendanya harus diatur dengan aturan lain, seperti PNBP, sanksi administratif harus ada. Jumlahnya kita bahas karena penerimaan negara. Jadi, harus ada aturannya” tuturnya.
Kendati mencari besaran denda kepada medsos yang terbukti membiarkan peredaran hoax dan hate speech, pria yang disapa Semmny ini mengatakan dendanya kemungkinan sama dengan yang di Jerman. “Iya (medsos kena denda bila membiarkan konten negatif). Persis seperti di EU / Jerman)” pungkasnya.

Denda kepada medsos itu bahasan Permen Kominfo yang kini tengah dirancang pemerintah. Adanya aturan ini untuk mengendalikan maraknya peredaran hoax dan hate speech yang mengkhawatirkan bila memasuki masa Pilkada dan Pilpres 2019.

Sebelumnya, (April 2018), Kominfo mengirim tim khusus mengkaji dan memastikan eksistensi penerapan aturan mengenai isu berita palsu, hoax dan ujaran kebencian, khususnya medsos yang telah diterapkan di dua negara, yaitu Malaysia dan Jerman.
Pengiriman tim khusus itu lantaran maraknya peredaran konten hoax dan hate speech di medsos, terutama saat Pilkada dan menjelang Pilpres 2019. Mengenai kondisi itu, Kominfo melakukan langkah2 pencegahan segera, memastikan teknologi digunakan untuk keperluan yang baik, bukan kejahatan.

Tim Kominfo khusus ditugaskan MenKominfo Rudiantara untuk memastikan strategi legislasi/regulasi kedua negara yang pemerintahnya mengatur isu berita bohong, hoaks dan ujaran kebencian yang menyebar melalui platform medsos, serta perlindungan data pribadi. (Jsn; Afr; Agus Triharyanto;Bahan dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4150056/medsos-biarkan-hoax-bertebaran-pemerintah-ancam-denda)-FatchurR *

 

*** Dari pada berisiko kepaada diri kita, marilah kita ber-hati dan mengikuti kemajuan teknologi digital ini dengan manfaaat maksimal (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita