logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Manusia Purba di Tibet

(koran-jakarta.com)-PARIS; Ilmuwan menemukan bukti spesies manusia purba yang disebut Denisova, hidup di dataran tinggi Tibet. Kemampuan bertahan hidup di lingkungan ekstrem seperti itu sebelumnya hanya dikaitkan dengan spesies kita, Homo sapiens.

 

“Nenek moyang manusia purba me­wariskan gen yang membantu manusia modern untuk ber­tahan hidup di ketinggian” demikian laporan penelitian yang diterbitkan di jurnal Na­ture, edisi Rabu (1/5).

 

Denisova itu spesies manusia misterius hidup di Asia sebelum manusia modern seperti kita berkembang di dunia, puluhan ribu tahun lalu. Hingga kini, satu2nya fosil manusia purba ini berasal dari fragmen2 tulang dan gigi di suatu situs purbakala Gua Denisova, di Pegunungan Altai, Siberia.

 

Hasil tes DNA menunjukkan mereka jenis berbeda dari manusia. Kini, ilmuwan berhasil mengidentifikasi fosil manusia purba Denisova dari situs lain. Fosil yang ditemu­kan itu mandible (tulang rahang bawah) yang ditemu­kan (1980) di gua karst Baishiya, Xiahe, Tibet, Tiongkok, di ketinggian 3.280 mt.

 

Teknik penanggalan seri uranimun, digunakan pada endapan kar­bonat di tulang itu dan didapa­ti hasil, fosil itu berumur 160.000 tahun. Jean Jacques Hublin dari Max Planck Institute bidang Antropologi Evolusi di Leipzig, Jerman, mengatakan pihaknya menemukan bukti spesies ma­nusia primitif yang hidup di ketinggian seperti itu adalah suatu kejutan.

 

“Ketika kita berurusan dengan ‘manusia purba’ seperti manusia Neanderthal, Deniso­va, dan spesies awal dari Homo sapiens, jelas spesies ini mampu tinggal di lingkungan yang eks­trem,” kata Hublin.

 

“Jika Anda lihat situasi di Eropa, kami memiliki banyak situs manusia Neanderthal dan orang2 mem­pelajari situs2 ini selama satu setengah abad hingga kini. Situs yang berada di lokasi tertinggi yang kami miliki berada di ketinggian 2.000 meter. Kami tidak me­miliki situs seperti di Tibet ini,” imbuh dia.

 

Terkait manusia Denisova yang tinggal di da­taran tinggi Tibet, Hublin me­nambahkan jelas ada sumber daya yang cukup bagi orang2 untuk tinggal di dataran tinggi itu dan tidak hanya datang sesekali.

 

Ungkap misteri

Peneliti tidak menemukan jejak DNA yang tersimpan dalam fosil ini, namun mereka ber­hasil mengesktrasi protein dari salah satu molar, yang dianalisis dengan menerap­kan analisis protein purba.

 

“Analisis protein menunjuk­kan tulang bawah Xiahe itu populasi manusia yang terkait erat Denisova yang tinggal di Gua Denisova,” ujar Frido Welker dari Copenhagen University, Den­mark, yang juga peneliti dari manusia purba ini.

 

Temuan ini menjelas­kan misteri mengapa individu yang diteliti di Gua Denisova memiliki varian gen yang diketahui dapat melindungi mereka dari hipoksia (kekurangan oksigen) pada ketinggian. Ini menjadi teka-teki karena gua Siberia terletak hanya 700 meter di atas per­mukaan laut. (AFP/BBC/ils/P-4; Bahan dari : http://www.koran-jakarta.com/manusia-purba-ditemukan-di-tibet/)-FatchurR *

One Response to Manusia Purba di Tibet

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Merujuk pd kitab suci 3 “agama” manusia diciptaan Allah, kitab tsb dari bgs Jahudi Judaisme. Identik dg Kitab Taurat maupun Al Qur’an, yg sy ambil versi awalnya dimana Allah menempatkan manusia ciptaannya Adam & Hawa ditaman Eden di apit oleh Sungai Euphrat & Tigress. Mengamati lokasinya adlh suatu dataran luas, tetapi adanya manusia digunung setinggi di Tibet, cukup mengherankan, bahaimana mrk bisa naik ketempat itu yg spt diketahui pd masa itu, tdk ada peralatan gergaji dll. Hal lain yg membuat heran, jk lgs ber migrasi dari wilayah sejuk/panas kesuatu wilayah yg dingin dg cuaca ekstrim, bagaimana cara mrk bertahan hidup ??? Hakekatnya banyak pertanyaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita