logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Manfaat luar biasa dari tempe

Manfaat luar biasa dari tempeJAKARTA, KOMPAS.com – Tempe merupakan makanan tradisional kita berbahan dasar kedelai yang difermentasi. Tak hanya enak, tempe bermanfaat luar biasa bagi kesehatan. Ketua Forum Tempe Indonesia Profesor Made Astawan mengungkapkan, proses fermentasi dari tempe mengubah seseuatu yang kompleks menjadi lebih sederhana, seperti karbohidrat dan protein. Hal ini membuat tempe lebih mudah dicerna dalam tubuh.

 

“Khasitnya jangan diragukan, itu luar biasa. Kita punya warisan budaya yang sangat sederhana cara membuatnya. Bayangkan, tempe direbus kemudian dikasih ragi, difermentasi 40 jam, jadi makanan luar biasa,” ungkap Made di sela-sela acara Awarding Nutrifood Research Grant, di Jakarta, Kamis (20/8/2015).

 

Berdasarkan data Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, tempe merupakan makanan yang kaya gizi dan mengandung protein nabati dan asam amino. Tempe juga mengandung berbagai jenis vitamin B,  zat besi, zinc, isoflavon, riboflavon, lemak nabati, fosfor, karoten.

 

Protein pada tempe bisa menjadi pengganti kebutuhan protein yang didapat dari daging atau protein hewani. Apalagi, tempe termasuk makanan yang relatif murah sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

 

Kandungan protein, vitamin, dan mineral pada tempe juga bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Itulah mengapa tempe juga dianjurkan sebagai makanan pendamping ASI. Tak heran jika tempe aman dikonsumsi oleh semua kelompok usia, mulai dari bayi hingga lanjut usia.

 

Kemudian, kandungan isoflavon merupakan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit, seperti kanker. Made mengingatkan, pembuatan tempe pun harus higienis agar mendapat nilai gizi yang lebih optimal. Pengagas Rumah Tempe ini mengungkapkan, produksi higienis membuat tempe aman dimakan tanpa diolah alias mentah.

 

Di Rumah Tempe, para pembuat tempe diajarkancara membuat tempe yang baik. Pembuatan higienis menghindari kontaminasi dari luar. Sekjen Perhimpunan Ahli Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) ini mengatakan, pembuatan higienis membuat daya simpan tempe lebih lama. (Dian maharani; Bestari Kumala Dewi; http://health.kompas.com/read/2015/08/21/132000523/Manfaat.Luar.Biasa.dari.Makan.Tempe)-FatchurR

One Response to Manfaat luar biasa dari tempe

  • GoHwieKhing King Gaudi says:

    Sekarang tempe sudah mulai dimakan orang sedunia.
    Kalau dulu saya merasa lucu orang Barat makan tembe mentah sebagai isi sandwich atau burger. Sekarang sudah terbiasa dihidangkan direstoran mentereng untuk dimakan mentah.

    Dan sekarang saya tau makan tempe mentah lebih sehat daripada tempe goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita