Manfaat dan bahaya minuman berenerji

minuman-energiFlobamora.net – Untuk mengatasi kelelahan dan mengembalikan konsentrasi, para pekerja kerap mengonsumsi minuman berenergi. Bagaimana minuman ini memengaruhi tubuh?
Orang yang mengonsumsi 8-12 ons atau setara 236-354 ml minuman energi, ia juga mengasup 72-150 miligram kafein yang terkandung di dalamnya.

 

Kandungan ini memang masih lebih rendah dibanding empat gelas kopi yang mengandung 400 miligram kafein. Kafein diyakini berdampak baik bagi tubuh karena bisa mengurangi risiko diabetes, meningkatkan mood, dan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Namun, kafein dalam minuman energi bisa membahayakan. Terutama jika seseorang mengonsumsi minuman energi lebih dari 354 ml, yang didalamnya terkandung lebih dari 294 mg kafein. Minuman ini mengandung kafein dan gula, ditambah bahan lain seperti taurine, ephedrine, guarana, dan ginseng. Gabungan beberapa bahan inilah yang meningkatkan efek negatif gula dan kafein terhadap tubuh.

Minuman berenergi masih menyimpan efek berbahaya lain. Menurut Maria Pagano, peneliti Case Western Reserve University, Department of Psychiatry, minuman berenergi menimbulkan ketagihan yang tidak diketahui tiap orang. Dia menjelaskan efek minuman berenergi pada tubuh, hingga membuatnya merasa lebih berenergi:

1. Pada otak
Kafein menghalangi efek adenosin, yaitu zat kimia otak yang membantu tubuh untuk tidur. Kafein juga menyebabkan jaringan saraf pada otak selalu dalam kondisi waspada. Hal ini dikarena kelenjar pituitary selalu dalam kondisi fight atau flight, yang merupakan respon tubuh.

2. Aliran darah
Setelah mode fight atau flight, kelenjar pituitary akan melepaskan adrenalin. Adrenalin adalah sinyal bagi liver untuk melepaskan lebih banyak glukosa, yang merupakan sumber energi, ke dalam aliran darah.

3. Jantung
Adrenalin menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan mata melebar. Efek inilah yang dicari para pekerja yang lembur dan merasa konsetrasinya berkurang. Meski begitu hal tersebut tidaklah bagus, riset terbaru dari Jerman membuktikan konsumsi kafein dan taurin dalam satu paket minuman berenergi akan mengalami debaran jantung lebih dari satu jam

4. Kembali ke otak
Dengan kandungan glukosa yang tinggi dalam aliran darah, tubuh dalam kondisi fight atau flight, dan meningkatnya kadar dopamin, maka otak seperti diakali untuk percaya tubuh masih memiliki cukup energi untuk beraktivitas.

5. Kulit
Bila minuman energi dikonsumsi usai berolahraga, maka tubuh akan semakin kekurangan cairan. Usai berolahraga sebaiknya konsumsi air atau elektrolit untuk menggantikan keringat yang keluar lewat kulit.

6. Tubuh
Terlalu banyak kafein akan menimbulkan efek diuretik, yang berisko menyebabkan dehidrasi. Bila berlebihan mengkonsumsi stimulan dan kurang air maka tubuh akan merasa gelisah dan terganggu.


(Editor       :   Ana Dea; Sumber   :   www.foxnews.com dan http://www.flobamora.net/berita/1117/2014-03-09/manfaat-dan-bahaya-minuman-berenergi-bagi-tubuh.html)-FatchurR

2 Responses to Manfaat dan bahaya minuman berenerji

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Setiap pagi saat main basket di Chinatown, pemainnya dari semua kelas masyarakat yang ada, juga ras orangnya beraneka. Yang cacat tangannya kanannya putus juga main dengan percaya diri, demikian yang gelandangan tidak punya rumah dan badannya bau kami terima main. Itulah kesetaraan Ke Bhinekaan di USA paling tidak ini gambaran di Chinatown Los Angeles. Ada RAY LEE yang USA, maksud saya kelahiran USA asal orang tuanya dari mana ras apa sangat tabu dipertanyakan kalau belum kenal dekiat.

    Setiap datang main selalu ada yang bawa apa apa untuk kami semua, ada yang kontribusi tambahan beli bola, atau sepatu/ kaus t shirt bagi yang homeles itu. Saya yang diminta pegang uangnya. Ga ada pengurus apalagi bendahara. RAY ini selalu membawa gatorade buat kami. Ga sungkan sungkan ada saja yang menegur mengapa tidak bawa air saja yang lebih sehat!

    Memang sebainya kita hanya minum air putih, kalau pingin ya bikin jus sendiri ataubeli yang buatan rumahan/ bisa dilihat prosesnya sajalah. Lebih aman.

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Kalau kita bisa menahan diri dengan makan sehat secara ilmiyah dan seimbang dirumah. Pastilah kita tidak memerlukan makanan minuman khusus penambah energy!

    JANGAN TERMAKAN PROMOSI YANG MEMBUTAKAN SESEORANG SEHINGGA LUPA MEMPELAJARI LEBIH MENDALAM UNTUK PERTIMBANGAN SEBELUM MENGAMBIL KEPUTUSAN.
    Dalam hal ini keputusan untuk minuman berenergy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita