logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Makam dr Porch itu Hitler kah?

Makam dr Porch itu HitlerMerdeka.com – Ini makam dr GA Poch, yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir Adolf Hitler, tokoh Nazi di masa Perang Dunia II. Pusara itu berada di belakang sebelah barat makam tokoh pejuang 10 November 1945, Soetomo atau Bung Tomo, di Taman Makam Umum (TPU) Jalan Ngagel, Surabaya, Jawa Timur.

Seperti makam lainnya, pusara dr GA Poch seperti juga makam Islam umumnya di Indonesia, dan diberi pagar besi berukuran sekitar 2×3 meter. Hitler diyakini, dalam pelariannya usai Perang Dunia II, sang Fuhrer datang ke Indonesia dan menjadi mualaf.

Dia berteman dengan dr Soetomo, tokoh pendiri Budi Utomo, organisasi pertama di Indonesia di masa pergerakan. Hitler juga sempat tinggal di rumah dr Soetomo di Surabaya dan mengabdi di RS Karang Menjangan Surabaya.

Menurut keterangan beberapa penjaga TPU Ngagel, saat meninggal Tahun 1970, Hitler dimakamkan di tempat tersembunyi agar tidak dikenali siapapun. Termasuk mengganti namanya dengan dr G A Poch asal Jerman yang bekerja di Rumah Sakit Karang Menjangan, sekarang RSUD dr Soetomo.

Tak hanya itu, tanggal lahir dan wafatnya juga dikosongkan. “Tahun 2010, ada orang Jerman datang ke sini, untuk membuktikan kebenaran makam Hitler. Kemudian memberinya tanggal wafatnya,” kata salah satu penjaga makam, Dwi Prayitno sambil menunjuk tulisan 16-01-1970, yang terdapat di depan pusara, Kamis (2/4).

Sekadar tahu, kabar Adolf Hitler dimakamkan di Surabaya ini, ketika seorang doktor lulusan Universitas Indonesia, dr Sosrohusodo, menulis artikel di Harian Pikiran Rakyat pada Tahun 1983. Saat itu, dia bertugas di kapal yang dijadikan rumah sakit bernama Hope di Sumbawa Besar.

Dalam artikelnya itu, Sosrohudodo menceritakan pertemuannya dengan doktor tua asal Jerman bernama Poch di Pulau Sumbawa Besar di Tahun 1960. Poch adalah pimpinan rumah sakit terbesar di pulau tersebut.

Dia mengklaim, Poch yang ditemui dan diajaknya bicara, sebenarnya adalah tokoh diktator asal Jerman, yaitu Adolf Hitler di masa tuanya. Sosrohusodo menunjukkan bukti kecurigaannya itu. Dia menyebut, dr Poch yang ditemuinya, tidak bisa berjalan normal. Poch selalu menyeret kaki kirinya ketika berjalan dan tangan kirinya selalu bergetar. Poch juga memiliki kumis vertikal mirip Charlie Chaplin, dan kepalanya gundul.

Kondisi ini diyakini mirip dengan gambaran Hitler di masa tuanya, yang ditemukan di sejumlah buku biografi sang Fuhrer. Saat bertemu dengannya di tahun 1960, Sosrohusodo menduga usia Hitler saat itu sekitar 71 tahunan.

Diberitakan sebelumnya, Rabu kemarin (1/4), Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengaku mendapat informasi dari orang yang dikenalnya bernama Cak Nun, tentang keberadaan makam Hitler di kompleks pemakaman Ngagel, tempat Bung Tomo dikebumikan. Risma-pun bingung dan menelusuri informasi itu dengan mendatangi makam pendiri Partai Nazi di Jerman tersebut.

http://m.merdeka.com/peristiwa/mengintip-makam-dr-poch-di-surabaya-yang-diyakini-pusara-hitler.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita