logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mahfud MD Ingatkan Ancaman Hukum para Pengedar Hoaks

Mahfud MD Ingatkan Ancaman Hukum para Pengedar Hoaks(nasional.tempo.co)-JAKARTA; Mantan ketua MK, Mahfud MD, mengingatkan untuk tidak menyebarkan berita bohong atau Hoaks. Ia sebutkan penyebar hoaks bisa diancam 3 peraturan perundang-undangan.

 

“Saudara, saya ingatkan, jangan bikin hoaks. Ada 3 fakta hukum yang bisa menggiring orang masuk penjara” kata Mahfud di depan tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Kalbar, dalam kegiatan apel kebangsaan dan deklarasi pemilu damai 2019 di rumah Radang Pontianak, 12/4/2019.

 

Ada tiga fakta hukum bisa menggiring seseorang masuk penjara karena membuat hoaks, menyebarkan hoaks, membuat, menstransmisi dan membagikan. Perbuatan itu merupakan pelanggaran hukum.

 

Pertama KUHP. “Kalau saudara membuat hoaks menyangkut pejabat publik, menyangkut harkat martabat orang, memfitnah orang dengan sesuatu yang tidak ada, itu ada ancaman di dalam KUHP,” ujar Mahfud.

 

Misalnya, dia contohkan, karena fitnah, mencerca pejabat publik. Hukumannya 2 tahun ke bawah. Tapi mesti diingat, kalau sudah melalui “smartphone”, maka akan berhadapan dengan UU ITE (UU Informasi dan Transaksi Elektronik).

 

Ancaman UU ITE, hukumannya 6 tahun dan denda Rp 1M. “Apa ada orang yang dihukum karena memfitnah pejabat publik? Ada. Saya contohkan Zaenal Ma’arif, Eggy Sujana itu menghina Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), dilaporkan ke polisi dan masuk penjara,” kata Mahfud.

 

Kalau sekarang, dialami Buni Yani, Prita Mulia Sari dan banyak lagi. Karena itu, jangan mengira yang dihukum tidak ada. “Dan yang dihukum sekarang itu, AD Pentolan Band” ucapnya.

 

Juga ada UU No. 1/1946. Isinya, siapa yang menyebarkan berita bohong yang menyebabkan kekisruhan, kontroversi, keributan di tengah masyarakat, ancamannya 10 tahun. “Siapa orang yang dihukum itu? Ada. Ratna Sarumpaet,” kata Mahfud.

 

Ia sengaja menyampaikan contoh2 orang yang dihukum karena menyebarkan berita bohong agar peserta yang hadir dalam acara tersebut tidak main2 dengan berita bohong. (Widiastuti; Bahan dari : ANTARA dan https://nasional.tempo.co/read/1195077/mahfud-md-ingatkan-tiga-ancaman-hukum-bagi-pengedar-hoaks)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita