logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kita bisa pantau Anggaran Danais via Jogjaplan

JogjaplanYOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemprop DIY melalui Bappeda Provinsi DIY, kini membuka diri se-lebar2nya pada masyarakat menyoal anggaran Dana Keistimewaan (Danais). Masyarakat bisa tahu, mengawasi, memberi masukan, hingga mengritik alokasi anggaran Danais lewat website jogjaplan.com.

 

Website jogjaplan.com dibuat Bappeda untuk menjaga transparansi anggaran Danais dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat aktif di dalamnya, yaitu tak hanya mengawasi tetapi juga memberi masukan. Lewat laman tersebut, masyarakat kini bisa turut mengawasi berbagai potensi penyimpangan terhadap Danais yang setiap tahunnya berjumlah ratusan milyar tersebut.

 

“Masyarakat kini bisa memantau perencanaan anggaran di DIY. Anggaran itu kini bisa dipantau bersama, antara pemerintah-masyarakat, bahkan hingga nilai rupiahnya. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka tidak akan lagi ada manipulasi,” kata Kepala Bappeda DIY Tavip Agus Rayanto pada Kamis (21/8).

 

Dalam laman tersebut, masyarakat disediakan menu untuk memantau Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUAPPAS). Sebagai contoh, usulan RKPD tahun 2015 untuk alokasi Danais terbesar adalah di sektor kebudayaan, yaitu sebesar Rp. 707.148.000.000,00. Dana tersebut terbagi untuk 23 program dengan 64 kegiatan.

 

Selain memantau anggaran dan mengawasi penggunaannya, masyarakat juga bisa mengajukan usulan program melalui website ini. Usulan bisa disampaikan dengan cara mengisi form usulan masyarakat, yaitu dengan cara menuliskan nama, alamat, dan nomor kontak pengusul.

 

Usai mengisi data diri, pengusul tinggal menyesuaikan dengan bidangnya masing-masing, misalnya usulan untuk bidang pendidikan, kebudayaan, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

 

Usulan dari masyarakat juga bisa berupa foto dan makalah atau proposal. Dengan adanya form usulan ini, masyarakat Yogyakarta kini tak perlu repot untuk datang langsung ke instansi terkait sekadar memasukkan proposal, yang tak jarang, hanya menumpuk di meja kantor.

 

“Berbagai usulan dan program dari masyarakat ditampung, untuk kemudian dibahas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Musyawarah ini bertujuan untuk menyusun anggaran,” ujar Tavip. (Tunggul Tauladan; Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja; http://www.satuharapan.com/read-detail/read/masyarakat-bisa-pantau-anggaran-danais-lewat-jogjaplan)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita