logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Keuskupan silaturahmi ke Gubernur Jabar

Keuskupan silaturahmi ke Gubernur JabarBANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID – Hari Idulfitri dijadikan sebagai momen merajut kembali kebersamaan. Tak hanya saudara seiman, tapi diharapkan dapat memelihara kerukunan lintas agama.

Harapan itu disampaikan Romo Hilman dari keuskupan Kota Bandung. Ya, pada acara open house Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung pada Jumat (17/7/2015), gubernur juga mengundang perwakilan dari Katerdral Bandung.

 

“Per-tama2,  saya senang bisa kumpul bersama tokoh2 agama, dengan masyarakat disini,  terlebih di Idul fitri ini kita bisa lebih membuka diri dan datang bersama kesini, ini rutin kita lakukan ke gubernur, walikota, Pangdam, dan ketua MUI,” ujar Romo Hilman.

 

Romo Hilman menilai, untuk di Bandung tidak ada friksi antar umat yang kentara. Bahkan, pada saat natal tiba gubernur dan walikota di undang ke katerdral mereka.

“Kalau di daerah kan namanya pastor paroki, kita sudah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama juga di daerah. Kalau di Jabar tidak terlalu banyak masalah,” ujarnya.

Sementara itu dari rombongan keuskupan yang hadir tampak kepala Katerdal Bandung, pastor Leo van Beurdeun, kepala Uskup Ir Antonius,dan juga dari bagian hubungan antar agama Pastor Agus dan beberapa biarawati gereja.

 

Menanggapi soal penyegelan gereja yang santer terdengar dewasa ini, Romo Hilman mengharapkan adanya ketegasan dari para pimpinan daerah.

“Jangan sampai izin sudah keluar, tapi dicabut kembali. Ini jadi tanda tanya. Seperti di Cikampek sudah mengantongi izin dari Bupati, tapi dicabut Bupatinya karena ada ormas2 tertentu, akhirnya kami sampai ke pengadilan, setahun disana dan akhirnya bisa beres juga,” paparnya.

 

Saat ini ia dan keuskupan Jawa Barat tengah menangani gereja di Pangandaran yang baru satu bulan ditutup. “Kenapa harus ada izin baru, padahal gereja itu sudah lama. Kami ingin berdialog, kemarin malam juga kami mendengarkan takbiran, dan kami juga gembira dan tidak mau mengganggu. Kami juga punya umat, hanya ingin berdoa satu jam seminggu sekali, tapi sangat susah,” harapnya. (Maulana Yudha; http://jabar.tribunnews.com/2015/07/17/rombongan-keuskupan-silaturahmi-ke-gubernur-jabar)-Aguk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita