logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kesalahan beli rumah atau KPR

Merdeka.com – Rumah saat ini jadi kebutuhan primer. Selain tempat tinggal, bagi sebagian orang rumah dijadikan lahan investasi. Harga tanah dan rumah terus melonjak setiap tahun, khususnya di kota besar.

Sebagian orang menyesal setelah membeli rumah. Mereka kurang cermat dan tidak hati2 dalam proses transaksi dan memilih rumah.

 

Secara umum, ada lima kesalahan yang sering dilakukan pembeli rumah. Bagi Anda yang ingin membeli rumah, ada baiknya Anda menghindari lima kesalahan berikut, seperti dikutip dari rumah.com:

 

1-Tidak mengamati lingkungan sekitar

Merdeka.com-Hindari ambil keputusan buru2. Meski rumah itu terlihat bagus dan murah, Anda harus mensurvei lingkungan rumah. Beberapa hal penting yang perlu diketahui adalah, apakah kawasan tersebut rawan banjir, macet, atau rawan kriminalitas?

 

Untuk mengetahuinya, Anda dapat meninjau lokasi rumah pada waktu2 tertentu, misal pada hari kerja, akhir pekan, pagi hari, sore atau malam hari. Atau untuk lebih mudahnya, tanyakan hal tersebut pada penduduk sekitar.

 

2-Mengambil KPR tenor singkat

Jika Anda berniat beli rumah tinggal, pilihan cicilan KPR tersingkat bukan hal tepat. Lebih baik Anda ambil periode lama, sehingga Anda bisa atur keuangan untuk hal lain yang penting, misal biaya sekolah anak, beli mobil, renovasi rumah, dsb.

 

Agar hemat uang, Anda pilih KPR yang menawarkan uang muka rendah, sehingga uang bisa dialokasikan untuk yang lain. Untuk melihat kemampuan membayar KPR, Anda hitung pengeluaran tetap bulanan, sisa uang itu adalah besaran kemampuan Anda bayar cicilan KPR.

 

3-Lupa biaya tersembunyi

Banyak yang lupa saat beli rumah ada pengeluaran2 yang harus di hitung, seperti bea materai, biaya aplikasi, biaya legal, dan pajak. Hitung cermat pengeluaran2 untuk beli rumah, dan sesuaikan kondisi keuangan. Anda bisa tanya ke agen property/pengembang biaya2 tambahan itu.

 

4-Percaya perjanjian lisan

Jual-beli rumah itu transaksi besar di bawah payung hukum. Jadi, jangan percaya janji yang diberi penjual secara lisan. Semua tertulis dan ditandatangani dua belah pihak, jika perlu bubuhkan materai.

 

Meski perjanjian seputar hal kecil : Pemilik rumah akan memberi sofa/peralatan dapur untuk bonus, sebaiknya tertulis di akta jual-beli. Anda dapat minta penjual rumah menulis hal2 yang diberikan bersama rumah dan tanda tangani bersama. Jika Anda anggap hal itu tidak penting, Anda bisa merekam seluruh pembicaraan yang berisi perjanjian itu.

 

5-Tidak diasuransikan

Asuransi properti itu sepele, tapi baru bermanfaat bila rumah kebakaran atau hancur akibat bencana alam. Asuransi properti manfaatnya : Mengganti kerugian akibat rumah terbakar, tersambar petir, banjir, pencurian, dsb.

 

Jika Anda tidak mau repot beli asuransi rumah secara terpisah, belilah rumah melalui fasilitas KPR yang juga memberi asuransi. (IDR; http://www.merdeka.com/uang/5-kesalahan-tak-disadari-saat-beli-rumah-termasuk-pilih-kpr.html)-FatchurR

————–

 

Pengetahuan lainnya yang disarankan untuk dibaca :

  1. Pengaruh radio jamming
  2. Memilih Helm yang nyaman-aman
  3. Warna baju cepat pudar jika dijemur
  4. Sinyalemen

————–

 

Pengaruh radio jamming
Himbauan ke pemilik mobil, hati2 jika parkir di keramaian seperti di mall/pasar / tempat hiburan. Ketika kita sudah ke luar dari kendaraan, ternyata pintu tidak bisa dikunci dengan remote. Sekadar ngingatin, itu bukan baterai remote lemah. Jangan gunakan kunci kontak untuk kunci secara manual.

Mobil tsb terkena “radio jamming” dari kendaraan lain yg berada tidak jauh dari kendaraan anda. Kejadian ini dialami, sebut saja Mr.X di ‘rest area’ tol-Jagorawi. Saat ingin meninggalkan mobil, pintu tidak dapat dikunci dengan remote. Karena buru2, akhirnya gunakan kunci kontak untuk mengunci.
Alangkah kaget ketika ia balik ke mobil. Pintu tak terkunci dan laptop yang teronggok di jok belakang raib. Rupanya lubang kunci di pintu dijebol dengan kunci-T. Termasuk rumah kunci kontak, tapi mobil tidak dibawa mungkin ramainya orang dilokasi.

Lantas, hubungannya dengan “radio jamming”? Alatnya disebut “Radio Jammer” didesain mengacaukan sinyal, sehingga suara yang ke luar tak sempurna. Di negara totaliter, Radio Jammer dipakai mengganggu frekwensi radio, terutama radio asing, sehingga suaranya tidak ke luar.

Kini, Radio Jammer dimanfaatkan u/menyikat mobil, atau ambil barang di dalam. Dengan alat ini, “sistem alarm & central lock” mobil lumpuh. #JADI KESIMPULANNYA : kalau pintu tidak bisa dikunci dengan remote control, sebaiknya kita BATALKAN parkir di area itu. PINDAH TEMPAT yg agak jauh dr jangkauan radio jammer itu, jangan ambil resiko. (Hindartini-A57; dari grup WA IAMDP)

Catatan : terlepas dari benar tidaknya info ini, ke-hati2an memang diperlukan (FR)

———–

 

Memilih Helm yang nyaman-aman

Jakarta-Helm, wajib digunakan saat berkendara. Fungsinya melindungi kepala saat benturan atau hal lain yang tidak diinginkan. Helm apa yang bisa memberi perlindungan maksimal? Berikut tips pilih helm dari Frans Lee, perwakilan dari Cargloss Proriders, distributor merk helm Arai di Indonesia.

 

1-Pastikan pilih helm sesuai ukuran kepala. Ukuran helm yang terlalu sempit membuat penggunanya sakit dikiri, kanan, dan atas kepala. Bila terlalu longgar, pengguna tidak nyaman karena helm akan bergerak pada saat tertiup angin. Helm longgar berbahaya pada saat terjadi benturan.

 

2-Pilih helm yang bahan shellnya keras atau tidak lentur. Bahan keras pada luar helm sangat penting untuk memberi perlindungan maksimal.

3-Pilih helm yang melindungi seluruh tempurung kepala. Gunakan helm full face atau minimal open face karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala saat berkendara.

 

  1. Pilih helm bagian dalam yang lembut dengan kemampuan maksimal menyerap keringat. Bahan yang lembut membuat penggunanya jadi lebih nyaman memakai helm walau dalam waktu lama.
  2. Pilih helm berlapisan pengaman dalam tebal untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras. Bagian dalam tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin terjadi.

 

  1. Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat agar helm tidak mudah lepas dari kepala.
  2. Pilih helm yang memenuhi standard, karena jenis helm ini melewati proses uji. (Herman/PCN; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/tips-otomotif/334677-tips-memilih-helm-yang-aman-dan-nyaman.html)-FatchurR

————–

 

Warna baju cepat pudar jika dijemur

Merdeka.com-Anda pernah punya pakaian yang warnanya memudar ketika sering di jemur? Hal ini wajar karena sinar matahari yang menyinari baju itu mengandung radiasi ultraviolet (UV). Sinar UV bisa menyebabkan warna baju pudar, apa lagi jika pakaian sering di jemur ketika kemarau. Bukan karena dicuci lalu dijemur di bawah sinar matahari, pakaian juga bisa pudar ketika Anda sering pakai di luar.

 

Penyebabnya karena susunan berbagai bahan kimia di baju. Pewarna baju ini mengandung ikatan2 kimia dan jumlah cahaya yang diserap dalam panjang gelombang tertentu. Saat dijemur di sinar matahari, sinar ultraviolet matahari bisa memecahkan ikatan kimia yang ada, sehingga pewarna itu memancarkan cahaya selain aslinya, yang disebut dengan bleaching effect.

 

Misal, baju berwarna hijau memantulkan cahaya bukan lagi hijau, hingga terlihat pudar. Jenis kain dan pewarna pakaian menentukan warna baju tersebut mudah pudar. Kain dan pewarna yang bisa memantulkan cahaya lebih banyak, membuat baju semakin rentan warnanya memudar.

 

Untuk mengatasi warna baju pudar, Anda bisa atur cara menjemurnya. Jika Anda punya tempat jemuran yang berjajar, lebih baik menggantung pakaian berwarna gelap di bagian dalam dan pakaian terang di bagian luar, karena pakaian gelap lebih mudah pudar.

 

Pakaian terang yang diletakkan di luar jadi pelindung sinar matahari tak langsung kena baju warna gelap. Anda bisa membalik pakaian ketika menjemur agar warna pakaian yang tampak dari luar tidak pudar. (Lar; Sumber: Mega Clothes Pegs dan Everyday Mysteries dan http://www.merdeka.com/teknologi/kenapa-warna-baju-cepat-pudar-jika-sering-dijemur.html)-FatchurR

————–

 

Sinyalemen

Analisa atas Sinyalenen ini oleh saya: Untuk yg sayang negeri ini
Banggalah jadi bangsa Indonesia

Punya gunung emas belum tentu berkah, bisa juga (beresiko) musibah. Minyak dan emas selalu terkait keserakahan yg minta kurban nyawa manusia. Cadangan emas dibumi Papua yang kini dikelola FP masih punya cadangan jutaan Kg emas lagi yang baru habis dieksploitasi pada tahun 2056. Kontrak Karya (KK) FP habis pada 2021.

Pernah terjadi MoU antara pemerintahan dan Freeport 2009 untuk memperpanjang lagi s/d 2041. Tapi berlindung ke UU Minerba, bahwa KK baru bisa dievaluasi 2 tahun sebelum kontrak habis, maka Jokowi membatalkan MoU itu. Jika FP tidak diperpanjang kontraknya, maka cadangan emas milik AS yang jadi pondasi mata uang Dolar diseluruh dunia bakal rontok.
AS tetap ingin menancapkan kukunya di FP, apapun taruhannya. Negosiasi ulang KK FP bisa dilaksanakan 2019, saat Jokowi masih berkuasa s/d Okt 2019.

Opsi Amerika cuma ada 2:
Perpanjang kontrak FP (meski ada beberapa penyesuaian) atau hancurkan Indonesia?.
Pada kurun ( 2015 )-2018 bangsa ini bakal ( Sudah & berlanjut ) diserang issue separatis / konflik SARA.

( Lewat 1: Partai Legal yg tidak berideologi Pancasila Bhineka Tunggal Ika UUD45&NKRI,

2: Kelompok penekan pemerintah agar tidak bisa bekerja semestinya. Baik sbg onderbouw partai busuk maupun NGO kuli Asing.

 

3: kelompok teroris radkjal dan latent dari berbagai Agama, Islam, Kristen dll yg menafsirkan ajaran Kitab Suci nya kearah sektarian intoleran, tidak mengajarkan saling pengertian saling memahami, untuk membangun jembatan KASIH )

Kelompok ( partai legal non Pancasilas,  aktivis radikal & teroris ) bakal kebanjiran transfer uang Dolar dan Real ( maupun RMB ). Pentolan kelompok ( Kuli Politik Perusuh ) intoleran itu aslinya cuma menjalankan peran sebagai event organizer ( E  O ) bernama KERUSUHAN.

Terima order, terima fulus, bikin kerusuhan disana-sini, dan kirim laporan kepada sang juragan. Gereja dibakar, masjid dibakar, larangan membangun masjid, larangan membangun gereja, ( & rumah ibadah & beribadah lain2 ) makin berseliweran( Kejadian& ) beritanya di sosial media.

Mereka yang ingin beragama tetapi miskin pengetahuan ( hati2 ada yg mengajarkan TEKNIK beragama dgn mengesampingkan ilmu pengetahuan, melainkan berupa indoktrinasi radikalis belaka ), bakal jadi korban hasutan provokator yang memimpin mereka ( jadi radikalis jihadis sampai bersedia ) angkat senjata. ( bukan memikul Salib KASIH )

Isue Sunni-Syiah (model anti perbedaan yg ada di tiap sekte agama2) yg  yang sukses menghancurkan Suriah dan Irak akan diduplikasi di republik ini ( lewat Sekte Agama2 lain yg radikal juga ). Aceh dan Papua, titik masuk potensial bagi AS ( & Asing Neolub/Nekolim lain ) untuk men Suriah kan NKRI.

Para oportunis yang mendompleng (&didomplengi) kepentingan Amerika (& Asing Neolib/Nekolum lain) bakal berpesta-pora.

Parpol2 busuk ikut menunggangi kepentingan AS (& Asing Neolib/Nekolim lain) untuk menggulingkan pemerintahan sah (dgn korupsi, issue2 ekonomi, dll yg menganggu jalannya pemerintahan, pejabat & PNS yg hidup Ber mewah2 jauh dari taraf hidup Bangsa Indonesia. Ini  merusak Solidaritas & Ketahanan).

Dengan konsesi jika Jokowi terguling dan mereka berkuasa, maka KK FP bakal diperpanjang (&diikuti peraturan investasi Asing yg diperlunak persyaratannya sampai  terjadi yg diprediksi Bung KARNO, kita jadi een natie van koeli een koeli van natie=Bangsa Kuli yang jadi Kulinya Bangsa Asing ).

Hura hara dan kegaduhan politik makin banyak. Demo buruh dan mahasiswa bakal merajalela. Bisa jadi buruh dan mahasiswa adalah obyek penderita dari para aktivis yang melakukan konspirasi dengan parpol busuk yang melacurkan diri kepada AS ( &Asing Neolib&Nekolim lainnya).

Bangsa ini terancam, negeri ini ( bersama  negeri yg tidak patuh pada Neolib & Nekolim ) sedang memasuki episode bencana didepan mata. Tapi warganya sibuk berkelahi akibat  beda aspirasi politik yang beda afiliasi, beda agama& satu sekte beda tafsir agama ). Masih ribut melakukan dikotomi sebagai pendukung Prabowo atau pendukung Jokowi.

Banggalah jadi INDONESIA. Cobalah buka mata hati dan nurani anda, dan sejenak mengesampingkan suku, agama, mazhab atau warna kulit anda. Berpikir dan bertindaklah sebagai warga negara Indonesia. Negeri tercinta sedang terancam bahaya. Ayo bersatu padu, ayo saling mendukung. Jangan mau dipecah belah oleh Rambo dan sejenisnya.

Bangsa ini besar dan kaya raya jika warganya bersatu ( dengan cerdas ) membangun negeri. ( sesuai tujuan Kemerdekaan para Founding Father ” Mencerdaskan & Mensejahterakan Bangsa dulu baru kemudian menuju masyarakat Adil&Makmur). CINTAILAH NEGERIMU SEPERTI KAU MENCINTAI ORANG TUA MU

(Semoga yg mencinrai Indonesia dan dunia yg Adil & Beradab memahami situasi ini ) Semoga Tuhan yang Maha Esa  Senantiasa melindungi kita semua. Aamiin. (Go Hwie Khing-A60; dari grup WA IAMDP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita