logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kementan ciptakan Terigu bahan pangan alternatif

Kementan ciptakan Terigu bahan pangan alternatif(ekonomi.kompas.com)-BOGOR, Ketergantungan pada terigu makin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari data Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (APTINDO). Berdasar data itu konsumsi terigu nasional meningkat dari 15,5 kg/tahun per kapita (2008), jadi 25 kg/tahun per kapita (2018).

 

Dengan kata lain konsumsi terigu nasional meningkat 1 kg /kapita/tahun. Jika dibiarkan, akan membuat beban devisa negara meningkat. Mengingat terigu bukan bahan baku lokal, maka upaya menekan ketergantungan dengan inovasi yang mengangkat pangan lokal potensial jadi alternatif pengganti terigu.

 

“Meski kita punya potensi, jika tidak dilakukan inovasi maka hasilnya biasa saja. Maka kita kelola potensi pertanian harus berbasis inovasi, sesuai amanat Presiden” ujar Kepala Balitbangtan Kementan M. Syakir ketika di temui di acara Pangan Lokal Fiesta, Kampus Pertanian Cimanggu, Bogor (7/11/18)

 

Dia sebutkan bahan pangan lokal sebagai alternatif pengganti terigu adalah sagu, hanjeli, sorgum, jagung, dan ubi kayu. Tak hanya menciptakan bahan pangan lokal sebagai alternatif, Syakir mengatakan, Kementan mengupayakan bahan2 itu bisa sampai ke produsen.

 

Hal ini agar mereka mau mengganti bahan pangan dari terigu ke bahan lokal alternatif. “Kementan juga membuka gerbang komersialisasi produk pangan lokal untuk segera dihilirisasi swasta di daerah potensial” ungkapnya. Pantauan Kompas.com, di acara Pangan Lokal Fiesta beragam bahan pangan lokal yang didorong Kementan berhasil diolah jadi produk2 olahan, seperti mie, roti, kue dll.

 

Selain pameran, acara Pangan Lokal Fiesta juga turut mengajak 1000 siswa mencoba mie dari bahan Sorgum. “Mienya enak, teksturnya padat, pokoknya tidak kalah dengan mie yang berbahan terigu,” kata Abdul siswa yang diundang mencicipi mie berbahan sorghum.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Tekan Konsumsi Terigu, Kementan Ciptakan Bahan Pangan Alternatif “, Penulis : Mico Desrianto; Editor : Mikhael Gewati; Bahan dari : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/07/112159726/tekan-konsumsi-terigu-kementan-ciptakan-bahan-pangan-alternatif)-FatchurR *

One Response to Kementan ciptakan Terigu bahan pangan alternatif

  • Harry Reksosamudra says:

    Konsumsi terigu per kapita 1 kg per tshun, artinya setiap tahun butuh tepung terigu 260 juta kg, suatu jumlah yg amat besar dan harus diimport, berapa devisa US$ nya ?
    Jk ada substitusi penggantinya yg bahan dasarnya berbasis domestik, mk penghematan devisa bisa terjadi, oleh krnnya perlu dicari bahan pengganti terigu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita