logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kemendag siapkan Inovasi Perijinan dukung tren Ekonomi Digital

Kemendag siapkan Inovasi Perijinan dukung tren Ekonomi Digital(ekbis.sindonews.com)-Jakarta; Pemerintah siapkan inovasi untuk kemudahan pengusaha sesuai tren ekonomi digital. Salah satunya kemudahan perizinan dengan menggunakan Nomor Izin Berusaha (NIB).

Sekjen Kemendag Karyanto Suprih mengatakan, pemerintah dengan seluruh paket kebijakan hingga Paket Kebijakan jilid 16 siap membuat aturan jadi lebih sederhana. Aturan menggunakan NIB ini akan menghapus aturan2 perizinan yang berjumlah ratusan seperti syarat SIUP, TDP, dsb.

“Nanti perizinan cukup menggunakan NIB saja. Dalam waktu dekat akan diputuskan. Supaya memudahkan pengusaha dari aturan yang jumlahnya ratusan,” ujar Karyanto dalam acara Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2018 di Jakarta.

Kemudahan lain yakni penggunaan Profile Seri, sehingga pengambilan data hanya dilakukan 1x. Saat mengurus di kantor lainnya tidak perlu diminta data lagi. Ini sejalan perkembangan perekonomian digital yang butuh banyak fleksibilitas.

Sekarang konsepnya berbeda karena pemerintah melihat semua pengusaha itu bagus, sampai nanti terbukti ada pelanggaran. Beda dengan dulu yang ketat sejak hulu karena mengganggap pengusaha2 itu tidak baik.

Sehingga rencananya akan ada produk2 yang tidak perlu diperiksa di pelabuhan atau bisa langsung keluar. “Tapi kami akan keras bila ada yang melanggar. Kami akan blacklist seperti aturan perbankan untuk track record nasabah yang tak patuh,” ujarnya.

Dia juga menghimbau pelaku usaha untuk mengikuti aturan main yang berlaku. Jangan lagi ada pengusaha nakal lalu menggoda petugas dengan berbagai macam barang.

“Kita sama2 jangan saling menggoda karena itu ujungnya tidak baik. Kami akan berikan perlakuan khusus untuk pengusaha yang mendapat penghargaan IMACO 2018 atas prestasinya. Saya akan sampaikan ke Menteri Perdagangan” ujarnya.

Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2018 memberi apresiasi ke perusahaan2 yang memiliki citra baik dan menurut karyawan dan pembaca majalah Warta Ekonomi merupakan perusahaan idaman untuk bekerja melalui desk research dan quantitative research melalui Jajak Pendapat (Jajakpendapat.net).

Hal ini karena memiliki citra sebagai perusahaan idaman tentu tidak mudah. Menciptakan kinerja baik harus dilakukan konsisten di setiap perusahaan terutama menciptakan corporate image dan reputation  yang sustainable dimata masyarakat.

Pencapaian ini menjadikan suatu perusahaan yang terdahulu memiliki image baik akan lebih mudah dalam meningkatkan kinerjanya. Karena dengan menciptakan image dan reputasi secara baik akan secara alamiah dapat sangat mudah memiliki tenaga kerja ahli atau berkualitas.

Terdapat 104 perusahaan ditetapkan berhak berpredikat perusahaan idaman indonesia. Terdapat 5 perusahaan teratas di masing2 18 sektor industri dan 14 pernghargaan yang diberikan secara special untuk perusahaan-perusahaan terpilih.

 

Industri yang dinilai antara lain agribusiness, automotive, bank, construction, consumer goods, financing, information technology, insurance, media, mining, oil and gas, pharmacy, property, retail, securities, startup, telecommunication, dan transportation. (akr; Hafid Fuad; Bahan dari :   https://ekbis.sindonews.com/read/1304916/34/kemendag-siapkan-inovasi-perizinan-dukung-tren-ekonomi-digital-1526034181)-FatchurR

2 Responses to Kemendag siapkan Inovasi Perijinan dukung tren Ekonomi Digital

  • Cara2 moderat mmg lbh efektif dlm menangani usahawan, dg demikian bisa terjalin kerjasama membangun bgs, sebab tdk ada bangkai tersembunyi selamanya. Jadoel lain lg ceritanya, spt issue yg merebak, PNS terima gaji dlm 2 mgg habis buat bayar bon warung/kelontong, hingga perlu cari hasil tambahan
    Bagi yg ada jalan, bisa menutupi pengeluaran, sedang bagi yg tdk bisa cark “ceperan” mau ato tidak mesti diusahakan dlm kantor sendiri, pertama terima persenan ala kadarnya, tp lama kelamaan mulai menggurita, selanjutnya dekadensi moral merebak merata.
    Jaman now paradigmanya sdh berobah, gajih dicukupi, menejemen diatur, demikian pula dg tata cara dg pihak pengusaha, sistimnya luwes dan cepat pelayanannya.
    Diterapkan sanksi berat bagi pihak yg melanggar, juga tindakan administratif ketat.

  • Fatkhurr says:

    Memiliki citra sebagai perusahaan idaman tentu tidak mudah. Menciptakan kinerja baik harus dilakukan konsisten di setiap perusahaan. Agar disuka dan diminati masyarakat yang berarti juga keuntungan bagi perusahaan dan karyawannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita