Kecerdasan Finansial (Fin)

cerdas finansialIstilah IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), bahkan SQ (Spiritual Quotient) pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, tetapi bagaimana dengan Fin-Q? Mungkin istilah yang ini belum terlalu akrab atau masih jarang kita dengar.

 

Fin-Q, singkatan untuk Financial Quotient : Kesadaran mengenai kondisi keuangan dan kemampuan untuk memahami pentingnya perencanaan keuangan serta pengelolaan keuangan yang baik. Di era global sekarang ini, kecerdasan finansial menjadi sesuatu yang mutlak dipahami bila ingin sukses.

 

Roda perekonomian bergerak cepat, pasar modal dan keuangan mengikuti kecepatan transfer data melalui akses Internet. Ketidakmampuan memahami dan membelanjakan uang secara cerdas dan menginvestasikan dana yang ada sering membuat seseorang terperangkap “bekerja untuk uang” sepanjang hidupnya.

 

cerdas finansialJika ingin maju, yang harus dilakukan, berstrategi membuat “uang bekerja untuk Anda”. Fin-Q juga bisa digunakan mengukur kecerdasan finansial rata-rata masyarakat. Misalnya survei Fin-Q yang dilakukan oleh Citi terhadap 500 orang responden di Indonesia.

 

Responden dipilih acak, syaratnya minimal 18 tahun dan punya tabungan di bank atau kartu kredit. Survei melalui kuesioner online, terdiri dari 40 pertanyaan berbagai topik terkait keputusan keuangan dan kebiasaan keuangan yang baik. Survei Fin-Q dilakukan Citi rutin tiap tahun, dan terakhir tanggal 14-19/12/2011 lalu.

 

Hasil Fin-Q 2011 menunjukkan rata-rata skor Fin-Q orang Indonesia berada di angka 57, naik 5 poin dari tahun sebelumnya. Beberapa temuan menarik diantaranya:

–  Hanya sekitar 62% dari orang Indonesia yang merasa bahwa mereka telah memiliki pemahaman yang “baik” atau “sangat baik” mengenai pengelolaan keuangan pribadi.

 

–  Tiga hal yang menjadi perhatian utama bagi orang Indonesia adalah meningkatkan jumlah tabungan, memenuhi kebutuhan bulanan, dan menabung untuk hari tua.

–  Dalam hal menabung untuk hari tua, kebanyakan orang Indonesia lebih memilih untuk berinvestasi kas keras (tabungan/deposito berjangka), berinvestasi properti, atau membeli asuransi.

 

Tertarik untuk mengetahui temuan Fin-Q lainnya? Simak kelanjutan laporannya di edisi MYWealth pekan depan. (http://mywealth.co.id/topic/perencanaan-keuangan/memahami-kecerdasan-finansial-fin-q/)-FatchurR

One Response to Kecerdasan Finansial (Fin)

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Web ini pernah memuat “Rencanakan Hidupmu ” Memang manusia harus merencanakan hidupnya meski yang memutuskan TUHAN jua. Bekalnya adalah Kemampuan Leadership, mengatur diri dan orang sekitarnya. Kecerdasan Finansiil untuk merencanakan passive income bagi siapa saja, kaum buruh sampai juragan. Agar suatu saat bisa bebas waktu dalam mencari uang karena passive income sudah lebih dari cukup untuk kewajiban keuangan kita yang wajar dan sederhana dan bermartabat. Kesadaran Spirituil untuk bertanggung jawab membagi kasih kepada segenap Ciptaan TUHAN lainnya, sambil memikul tanggung jawab diri dan keluarga dan tugas profesinya.
    Tiga bekal ini harus simbang dan dipelajari berbarengan, ini yang dinamakan sukses, yang mudah mudahan terberkati. Membawa berkah bagi diri, keluarga dan sekitarnya.
    Dengan standar ini, siapa saja bisa sukses dan terberkati, kaum buruh maupun juragan. Kekayaan dan jabatan malah mengundang perangkap minum air laut dan godaan, melupakan kewajiban berbagi pada Ciptaan TUHAN yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita