logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kecanggihan Kereta Cepat China dan Jepang(1/2)

kereta cepat crh 380a(beritagar.id)- Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung sepanjang 150 km sebelumnya jadi rebutan dua raksasa Asia, Jepang dan Tiongkok. Mereka secara terbuka berlomba mendapat proyek prestisius ini, yang akhirnya dimenangkan China.

 

Terlepas dari masalah sosial ekonomi yang ada dalam penentuan siapa pemenang proyek transportasi yang menghubungkan Jakarta dan Bandung, mari kita bandingkan teknologi kereta cepat yang dimiliki oleh Jepang dan Tiongkok.

 

Teknologi Kereta Cepat Tiongkok

Jika yang dimaksud kereta cepat adalah layanan kereta api yang berkecepatan 200 km/jam, maka Tiongkok itu pemilik jaringan KA cepat terpanjang di dunia. Ada 16.000 km rel KA cepat dimiliki Negeri Tirai Bambu sejak memperkenalkan layanan ini pada 18/4/2017. Jumlah penumpang per hari yang  diangkut meningkat drastis dari 237.000 (2007) jadi 2,49 juta (2014).

 

Kereta cepat Tiongkok yang ditawarkan ke Indonesia adalah tipe CRH 380A.

Liputan6.com; mencatat setelah didaulat sebagai kereta tercepat kedua di dunia, Harmony CRH 380A mampu melesat dengan kecepatan maksimum 380 km/jam saat beroperasi.

 

Selama ujicobanya, Harmony CRH 380A, mampu melesat dengan kecepatan 486,1 km/jam di jalur antar kota Shanghai-Hangzhou pada Desember 2010. Tapi keunggulan Harmony CRH 380A tidak hanya pada kecepatannya saja.

 

Desain interiornya bersih dan elegan, pasti memanjakan penumpang kereta super cepat ini. Tak hanya itu, kereta canggih ini tak menimbulkan goncangan sedikitpun saat melaju membawa penumpangnya. CRH 380A ini kereta berkecepatan super tinggi yang dikembangkan China South Locomotive & Rolling Stock Corporation (CSR).

 

Kereta itu salah satu dari 4 model kereta yang dirancang beroperasi dengan kecepatan rata2 380 km/jam. CRH 380A mulai beroperasi reguler tujuan Shanghai-Nanjing dan Shanghai-Hangzhou di rel khusus kereta berkecepatan tinggi sejak Oktober 2010. Pada Desember-2010, CRH 380A mulai melayani rute Wuhan-Guangzhou untuk perjalanan se-hari2.

 

Salah satu kereta tercepat di dunia ini dirancang khusus untuk mampu beroperasi tanpa menimbulkan getaran sedikitpun. Para penumpang dijamin dapat merasa aman dan nyaman selama bepergian dengan kereta berteknologi canggih ini.

 

Kereta generasi baru ini terdiri dari lounge dan memiliki kompartemen 6 kursi deluxe. Di kereta, para penumpang disediakan tempat makan terpisah disebut Bistro Bar. Di ruang ini, penumpang dapat menikmati makanan-minuman ringan. Terdapat juga bartender yang siap melayani pilihan penumpang.

 

Terdapat juga zona VIP dekat kabin kemudi. Di sana para penumpang dapat menyingkap tirai kaca elektronik dengan menekan tombol dan melihat pemandangan super indah diluar. Setiap kursi di kereta ini dilengkapi layar, dashboard, lampu baca dan stop kontak listrik. Kursi berputar dipasang di seluruh kompartemen.

 

Fasilitas khusus disediakan untuk penyandang cacat. Satu toilet khusus penyandang cacat berfasilitas pintu otomatis dengan tombol on-off telah disiapkan. Detik.com menulis, sistem keamanan di kereta  Tiongkok ini : Keamanan operasi, struktur, proteksi kebakaran berstandar internasional.

 

Ada pula sistem alarm pendeteksi asap dan api, termasuk juga sistem peringatan gempa. (Bahan dari : https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/membandingkan-teknologi-kereta-cepat-china-vs-jepang)-FatchurR *

One Response to Kecanggihan Kereta Cepat China dan Jepang(1/2)

  • Harry Reksosamudra says:

    Memperhatikan jumlah penduduk Tiongkok ber lipat2 dr Jepang, masalah tehnologi masing2 punya keunggulan yg tdk terlalu jd pertimbangan, krn beda tipis saja.
    Tiongkok jelas lbh banyak memproduksi loco & gerbong nya, dlm artian lbh berpengalaman yg merupakan jaminan jika hasil produksinya betul2 dikerjakan para peofesional dibidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita