logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kartu Saraswati lebih sakti

kartu saraswati sragenSRAGEN – Pemkab Sragen merancang kartu Sarase Warga Sukowati (Saraswati) model baru yang ”lebih sakti”.Ini untuk memberi pelayanan lebih baik kepada warga miskin. Kartu Saraswati baru ini tidak hanya mencakup satu pelayanan saja, yakni kesehatan, tetapi semua permasalahan kemiskinan bisa dilayani.

 

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK), Suyadi mengatakan, sekarang kartu Saraswati bisa dipakai untuk pelayanan yang menyeluruh bagi rakyat miskin.

 

Kartu itu mencakup pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, rumah sehat layak aman dan santunan duka cita. “Dengan inovasi ini, maka kartu Saraswati lebih sakti dan mampu memenuhi segala kebutuhan dan pelayanan warga miskin,” kata Suyadi, kemarin.

 

Karena merupakan satu keutuhan permasalahan yang dihadapi oleh satu keluarga, maka kartu baru itu mencantumkan seluruh anggota keluarga di dalamnya.

 

Pencantuman nama seluruh anggota keluarga di dalam kartu sebagai upaya pemberian penanggulangan kemiskinan semakin terintegrasi, terkontrol, detail dan terkoordinasi. Data kemiskinan yang ada di UPTPK juga selalu up to date sesuai aktual dengan kondisi di lapangan.

 

Desain yang ada sekarang dinilai mampu melayani permasalahan satu keluarga sekaligus secara utuh di berbagai aspek seperti pendidikan, kesehatan, tempat tinggal, hingga pengurusan santunan duka cita.

100 Mahasiswa

 

Diungkapkan, meski cakupannya meliputi seluruh permasalahan kemiskinan, tetapi kartu ini tetap bernama Saraswati. Karena kata saras memiliki makna holistik, utuh, keutuhan, atau menjadi satu utuh.

Kartu sakti itu memang tidak berganti nama, karena Saraswasti memiliki arti keutuhan di mana seluruh kebutuhan masyarakat tergabung utuh dalam satu kartu ini.

 

Bagi orang tua yang memegang kartu Saraswati, baik Melati, Menur atau Kenanga maka otomatis anak mereka yang masih sekolah mendapatkan kartu Sintawati (Sarana Pintar Warga Sukowati).

Dengan kartu Sintawati itu, Pemkab membantu anak miskin untuk bersekolah setinggi mungkin di perguruan tinggi di Pulau Jawa.

 

Saat ini, setidaknya sudah ada sekitar 100 mahasiswa dari keluarga miskin yang mendapat bantuan lewat kartu Sintawati. Pihaknya juga selalu memantau perkembangan mereka, termasuk dari kartu hasil studi (KHS) mereka setiap semester.

 

“Silakan semua anak miskin di Sragen sekolah setinggi mungkin karena Pemkab memberikan bantuan,” katanya. Pendidikan dinilai salah satu upaya untuk memutus mata rantai kemiskinan. (H53-68; http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/kartu-saraswati-model-baru-lebih-sakti/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita