logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Indonesia akan membuat Pusat desain Ponsel

Nicki Minaj Kickstarts The UK Leg Of Her 'Pink Friday' Tour In London Jakarta – Kemenperin berencana mengalokasikan dana sekitar Rp 11 miliar untuk membangun pusat desain ponsel dan aplikasi mobile di Batam. Rencana tersebut akan dieksekusi tahun ini dengan mendirikan sebuah Techno Park.

Hal itu diungkap oleh Direktur Industri Elektronik dan Telematika, Kemenperin, Ignatius Warsito, usai diskusi Impact of Apps Economy for Job Creation and Creativity in Indonesia, di Mercantile Athletic Club, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

“Tahun ini, setelah arahan dari presiden kan mesti buat Techno Park. Kemenperin pegang lima. Melihat potensi daerah, karena di Batam banyak komponen elektronik, maka bisa dijadikan satu basis Techno Park yang kita kembangkan untuk ponsel, desain ponselnya,” ujarnya.

Pusat desain ini rencananya akan diisi dengan lembaga sertifikasi, training center untuk proses pembuatan ponsel, hingga fasilitas pengujian desain tersebut. Mulai dari prosesor yang digunakan, hingga spesifikasi-spesifikasi lain, semua akan dibuat di sana.

Selain hardware, pusat desain di Batam Techno Park itu juga terlibat dalam proses pengembangan software. Khususnya untuk software yang bakal dipakai di dalam ponsel.

Harapannya semua itu menghasilkan desain yang bagus dan dapat dipakai oleh vendor tertentu. Sementara dari sisi vendor, hal tersebut juga bakal mempermudah mereka karena nilai desain dan software yang dikerjakan oleh tenaga lokal akan masuk dalam persentase Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Menurut Ignatius, dana untuk membangun Techno Park ini akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Nantinya akan dibuat juga struktur pengelola yang melibatkan pemerintah daerah agar sistem operasionalnya berkelanjutan.

“Di sana sudah ada FGD (Focus Group Discussion) dan Pokja (Kelompok Kerja). Sementara ini dipimpin oleh Kemenperin karena butuh bimbingan untuk pengembangan riset, soal dana dan beberapa hal lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini pusat desain itu sedang dibangun dan mulai start tahun ini. “Selanjutnya, kami akan meminta roadmap mereka untuk lima tahun ke depan akan melakukan apa saja,” pungkas Ignatius. (rou/ash; Achmad Rouzni Noor; http://m.detik.com/inet/read/2015/09/16/154710/3020570/317/indonesia-mau-bikin-pusat-desain-ponsel-dananya-rp-11-miliar)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita