logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

HP dicharge di saku-meledak dan terbakar

semarang-ponsel di saku meledak(news.detik.com)-Dua hari yang lalu saya menerima WA tentang berita yang kejadiannya di Semarang delapan bulan yang lalu. Monggo dinikmati saja beritanya dan akan saya sajikan ilustrasi kemungkinan penyebabnya :

 

Semarang; Telepon seluler yang meledak di saku pemiliknya di Semarang diduga terjadi akibat terlalu sering diisi daya. Keterangan itu diperoleh polisi dari rekan korban. Kanitreskrim Polsek Semarang Tengah, AKP Pangesti Panca Wijanto, mengatakan konfirmasi dilakukan kepolisian usai peristiwa. Dan Keterangan kemudian diambil dari kepala keamanan, Suparno.

“Kita sudah ngobrol2 dengan sekuriti. Sempat ada bunyi pluk2 sebelum meledak,” kata Panca kepada detikcom, (3/10/2017). “Sering di-charge, baterainya mlembung,” tandasnya. Korban Yudianto saat itu belum dimintai keterangan karena masih beristirahat.
“Dia karyawan hotel. Ponsel milik Yudianto meledak di sakunya dan sempat membakar saku kemejanya. Peristiwa itu terekam CCTV dan viral di medsos. (Harry Rekso Sumber dari : Alg / Mbr;  Angling Adhitya Purbaya; Bahan dari :  https://news.detik.com/jawatengah/3668973/ponsel-yang-meledak-di-semarang-terlalu-sering-diisi-daya)-FatchurR

 

Ikuti terus analisis kemungkinan penyebaabnya :

(hipwee.com/feature)- Ponsel saat ini sudah bagaikan nyawa kedua bagi kita. Kemana pun kita pergi, kita nggak pernah lupa untuk membawanya. Nggak jarang banyak orang yang merasa kehilangan kalau benda ini ketinggalan. Namun, benda yang rasanya sangat dekat dengan kita ini ternyata bisa juga membawa petaka. Bukan cuma petaka filosofis kayak ‘mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat‘, tapi juga bencana seperti ponsel yang tiba-tiba meledak. Kejadian ini baru saja terjadi di Semarang. Sebuah video CCTV jadi viral karena memperlihatkan pria yang hendak mengambil ponselnya di saku baju, namun ponsel tiba-tiba meledak dan hampir membakar tubuhnya.

 

Ponsel meledak di Semarang sebelumnya meletup dan membakar kemeja korban yang pemilik Hotel

Peristiwa terjadi di hotel Ciputra Semarang pada 30/9/17. Pria di hotel itu sedang berbincang dengan orang lain, ketika hendak ambil ponsel di saku baju sebelah kirinya, tanpa disangka ponsel meledak.

 

Ledakan ini membakar kemejanya, karena panik pria itu melepaskan kemejanya, dibantu 2 orang saksi di tempat kejadian. Dalam CCTV nampak ledakan bisa diatasi.

 

Kejadian ponsel meledak ini bukan pertama terjadi. Pabrikan ponsel Samsung Galaxy Note 7  pernah dilarang dibawa saat penerbangan. Ada banyak hal menyebabkan terjadinya ledakan pada ponsel. Ponsel smarthphone yang kita punya tidak bernasib sama dan membahayakan diri. Simak ya uraian Hipwee News and Feature berikut!

 

1-Ponsel meledak, mungkin karena reaksi kimia dalam baterai Ponsel

Dilansir CNN, hampir semua baterai ponsel yang diproduksi berbahan dasar lithium. Baterai yang bertugas mengubah energi kimia jadi energi listrik. Sehingga di dalam baterai terdapat energi listrik yang mengalir dari anoda (kutub negatif) ke katoda (kutub positif) melewati elektrolit. Normalnya aliran ini lancar, namun jika terdapat masalah pada elektrolit, maka akibatnya bisa fatal.

 

2-Terlalu lama di Charge, sering daya gak seimbang di Anoda

Sebaiknya kita segera cabut aliran listrik ketika ponsel yang sedang dicharge sudah penuh. Agar aman dalam mencharging tak perlu penuh 100%. Ketika hampir 100% lebih baik jika charge dicabut.

 

“Ada hal2 berbahaya yang bisa terjadi. Salah satunya, Anda bisa kelebihan daya (overcharge), lalu panas berlebih dan memicu reaksi kimia di anoda.” menurut Director of The Joint Center for Energy Storage Research di Argonne National Lab, George Crabtree seperti dilansir dari Kompas.

 

3-Bateraai terlalu panas memicu ledakan

Suhu terlalu panas bisa picu aliran listrik di baterai jadi tak stabil. Ledakan bisa terjadi saat ponsel tak sedang di-charge. Reaksi kimia di baterai anoda dan katoda bisa terakumulasi hingga membuat suhunya naik. Makin panas suhu baterai hingga 150°C, maka baterai terbakar. Jika harus berspekulasi, mungkin ini penyebab meledaknya ponsel di saku pria itu. Jika terasa panas, ponsel harusnya dimatikan.

 

4-Bisa ada masalah dari Pabriknya alias defect

Jika mengingat kasus Samsung Galaxy Note 7 yang ditarik dari pasaran karena banyak kasus ledakan, maka faktor kelalaian produksi ponsel juga bisa jadi penyebab. Namun karena minimnya informasi produksi yang dibeberkan pabrikan ponsel, para ahli hanya bisa berspekulasi soal ini.

 

Namun ion lithium yang terdapat dalam baterai ponsel pernah menyebabkan ledakan, padahal ion lithium itu tidak dalam bentuk ponsel. CNN menyebutkan setidaknya ada dua kasus ledakan jet kargo yang disebabkan karena mengangkut produk ion lithium baterai.

 

Sebagai pengguna rutin ponsel apakah kita perlu takut ancaman ledakan yang mungkin terjadi? Jawabnya tidak. Jika kita bisa memaintain penggunaan ponsel, tidak membiarkan ponsel bekerja hingga baterai panas, tidak melakukan overcharge maka kemungkinan tidak akan terjadi ledakan.

 

Tapi nggak ada salahnya berhati-hati dalam menggunakan barang ya. (Ajeng Rizka; Bahan dari : https://www.hipwee.com/feature/lagi-ponsel-meledak-saat-dikantongi-4-alasan-kenapa-ini-bisa-terjadi/)-FatchurR

One Response to HP dicharge di saku-meledak dan terbakar

  • Sy awam thd tehnologi ponsel, tp addendum 1 menyatakan jk aliran listrik dr anoda ke katoda melewati elektrolit yg terganggu, bisa terjadi ledakan, sy tekankan pd kata gangguan. Elektrolit ini berupa lempengan padat ato apa shg bisa terganggu, jg hal apa yg bisa mengganggunya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita