logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Hoax lagi tentang air minum yang disimpan di mobil

Hoax lagi tentang air minum yang disimpan di mobil(radarcirebon.com)-PESAN menakutkan : Bahaya meminum air mineral yang kepanasan di mobil membuat Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) angkat bicara. Sebab, pesan itu meresahkan. Katanya, air mineral yang kepanasan mengakibatkan kanker.

 

“IMPORTANT. Seorang teman kami jadi sangat sakit setelah minum air yang tersisa di dalam mobil dalam semalam dan dia sakit selama beberapa bulan,” tulis kalimat pembuka pesan tersebut. Menurut pesan itu, air kemasan yang ditinggal di dalam mobil sangat berbahaya.

 

Pesan itu mencatut nama musisi AS Sheryl Crow. Menurutnya, Crow pernah mengungkapkan di acara The Ellen Show bahwa meminum air mineral yang tertinggal di mobil bisa mengakibatkan kanker payudara. “Telah diidentifikasi sebagai penyebab paling umum dari tingginya tingkat dioksin pada jaringan kanker payudara” tulisnya.

 

Dalam pesan itu dijelaskan ahli onkologi yang menangani Crow. Katanya, perempuan tak harus minum air kemasan yang ditinggalkan di dalam mobil. “Panas bereaksi dengan bahan kimia di plastik botol yang melepaskan dioksin ke air. Dioksin itu toksin yang banyak ditemukan di jaringan kanker payudara” kata  pesannya. Pembuat pesan minta pembaca mengirimkan pesan itu ke perempuan2 di sekitarnya.

 

BPOM bereaksi dengan menerbitkan klarifikasi. Dalam rilis BPOM disebutkan, pesan itu hoax lama. “Lembaga penelitian yang disebut di pesan itu telah membuat klarifikasinya” tulis rilis BPOM. Dioksin tidak dapat dihasilkan dari kemasan plastik yang terpapar panas di mobil atau plastik yang dibekukan.

 

Setiap jenis kemasan pangan, plastik, kertas, dll, berpotensi melepaskan komponen penyusunnya ke dalam pangan yang dikemas. Perpindahan itu meningkat dengan adanya suhu tinggi dan waktu kontak lama. Tapi, proses produksi yang baik menjamin komponen penyusun tidak terlepas. Kalau terlepas, sudah sesuai persyaratan dan tidak menimbulkan risiko kesehatan.

 

“BPOM melakukan pengawasan dan kajian terhadap ber-jenis2 kemasan plastik. Hasilnya menunjukkan tingkat paparan masyarakat Indonesia dalam taraf aman,” tulis BPOM. Pesan menakutkan seperti di atas biasanya disertai peringatan menggunakan wadah plastik untuk menghangatkan makanan di microwave.

 

Hal itu pun turut dibahas dalam rilis BPOM. Menurut BPOM, tidak semua plastik bisa digunakan di microwave. Karena itu, tiap produsen makanan selalu menyertakan instruksi apakah wadahnya bisa dipanaskan di microwave atau tidak.

 

Fakta:

BPOM mengklarifikasi, dioksin tidak dapat dihasilkan dari kemasan plastik yang terpapar panas di dalam mobil atau plastik yang dibekukan. (gun/c19/fat; Bahan dari : http://www.radarcirebon.com/kanker-minum-air-yang-tertinggal-di-mobil-hoax.html)-FatchurR

One Response to Hoax lagi tentang air minum yang disimpan di mobil

  • Harry Reksosamudra says:

    Pesan kemasan plastik tertinggal dimobil mmg menggelisahkan kaum ibu2 yg suka lihat internet.
    Isteri sy lbh2 lagi, paranoid sekali dg berita itu, tp dia kan yg mengatur konsumsi dirmh, jd ya serba ribet.
    Sdh sy katakan meski terpapar panas asal tdk sp titik leburnya, tdk akan zat terlepas, tp dia bersikukuh lbh baik dihindari, wah klo gini ya sudahlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita