Hoax Dettol Antiseptik Disebut Dapat Membunuh Virus Corona Covid-2019

(turnbackhoax.id)- Ramai di medsos postingan berupa foto bagian belakang kemasan Dettol antiseptik yang tertera bisa membunuh virus corona.

 

2019 N-CoV, kode nama sementara untuk menamakan virus Corona Wuhan, baru diidentifikasi pada akhir 2019. Bahan aktif dari Dettol adalah chloroxylenol, jenis disinfektan yang paling banyak di jual di pasaran. Jenis ini mampu mengatasi virus dan bakteri dalam jumlah besar, termasuk virus Corona. Tapi, belum pernah diuji secara klinis, terkait dengan manfaatnya untuk memerangi 2019 N-CoV.

 

Penjelasan :

Belum lama ini, viral di medsos berupa foto belakang kemasan Dettol antiseptik yang tertera dapat membunuh virus Corona, virus virus dan bakteri lain seperti E.Coli, Sammonella, MRSA, Rotavirus, Flu virus (H1N1), Cold viruses (Human corona cirus dan RSV)” tertulis di keterangan botol Dettol.

 

Pengguna medsos mulai membuat teori konspirasi terkait kabar ini. Ada yang sampai berpikiran, jika ada upaya pihak tertentu, untuk menutup-nutupi kebenaran dari kabar yang viral secara online ini. Dalam unggahan pengguna medsos mengajak meminum cairan Dettol. jelas hal ini adalah hal menyesatkan.

 

Di belakang kemasannya, Dettol benar mencantumkan benefit yang ditawarkannya. Salah satunya  untuk membunuh virus Corona dan penyebab flu biasa. Tapi strain virus Corona yang dimaksud dalam label Dettol, mungkin berbeda dengan yang ditemukan di Wuhan, Cina.

 

Untuk virus corona yang mewabah : 2019 N-CoV, kode nama yang digunakan untuk menamakan virus Corona Wuhan, baru diidentifikasi pada akhir 2019. Bahan aktif dari Dettol adalah chloroxylenol, yang merupakan jenis disinfektan yang paling banyak di jual di pasaran.

 

Jenis ini mampu mengatasi virus dan bakteri dalam jumlah besar, termasuk virus Corona. Akan tetapi, belum pernah diuji secara klinis, terkait dengan manfaatnya untuk memerangi 2019 N-CoV.

 

“Saya rasa Dettol belum pernah diujicoba untuk mengatasi 2019-nCoV. Yang diklaim pihak pabrikan, adalah benefitnya untuk membunuh berbagai jenis mikroba. Bukan spesifik menyebutkan 2019 N-CoV,” kata Michael Head, peneliti senior dari University of Southampton seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (1/2).

 

Hal senada disampaikan Jonathan Stoye, dari Francis Crick Institute. Menurutnya ini penting untuk diinformasikan apa yang tertera di label Dettol, adalah jenis virus Corona yang dikaitkan dengan gejala flu biasa. “Harus dijelaskan virus yang ditemukan di Wuhan ini, datu jenis dari beberapa jenis virus Corona,” jelas kepala divisi virologi tersebut.

 

Produsen Dettol RB telah mengklarifikasi, tidak ada yang menyarankan itu efektif dalam memusnahkan virus coronavirus Wuhan. Labelnya merujuk pada jenis bug yang lebih umum yang telah diuji dengan dan terbukti dapat membunuh.

 

Coronavirus itu sekelompok virus penyebab infeksi pernapasan ringan, termasuk flu biasa. Perlu diketahui, Cairan disinfektan ini digunakan untuk permukaan keras yaitu kulit dan atau luka. kandungan Chloroxylenol dalam Dettol beracun jika tertelan dan tidak boleh untuk aerosol yang dihirup orang.

 

(Syarief Ramaputra; Bahan dari : https://turnbackhoax.id/2020/02/03/salah-dettol-antiseptik-disebut-dapat-membunuh-virus-corona/)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita