logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Hoaks yang bikin Ilmuwan Dunia terkecoh(1/4)

patung romawi neo attician(liputan6.com/global)-JAKARTA; Istilah “hoaks” sering menjadi buah bibi akhir-akhir ini. Hoaks atau “Kebohongan” itu, sering diciptakan sengaja dengan motif tertentu.

 

Beberapa orang bertujuan agar terkenal, sebagian yang lain berniat melontarkan lelucon. Namun bagaimanapun, Kebohongan tetap salah, karena dapat menyebabkan publik tersesat sepanjang sejarah.

Sebagian kebohongan memang sangat aneh, menggemparkan, dan mudah diketahui sebagai hal yang tidak valid. Namun, empat Kebohongan berikut dinilai cerdas dan mampu menyesatkan.

 

Bahkan para ilmuwan, cendikiawan, dan sejarawan yang biasa berpikir empiris serta mampu mengenali kepalsuan, dapat pula tertipu. Berikut informasinya, dilansir dari Listverse, Sabtu (9/2)

 

1-Penemuan Patung Romawi Neo Attician

Seorang petani Prancis tengah bekerja di ladang (1937), ketika bajaknya menghantam batu keras. Ia lantas berinisiatif menggali ke dalam tanah dan menemukan patung marmer berukiran indah. Segera ia memberi tahu khalayak, yang kemudian berbondong-bondong datang.

 

Menteri Seni Rupa Prancis kala itu, turut mendengar kabar. Dengan sigap ia menugaskan sebuah komisi khusus untuk mempelajari temuan.

 

Hasil dari analisis mereka mengatakan temuan itu merupakan representasi otentik dari periode neo-Attican, dalam wujud patung Romawi yang diperkirakan dibuat antara 200 SM – 200 M. Pemerintah Prancis menyatakan temuan sebagai harta nasional yang antik, dan disimpan di museum.

 

Dua tahun kemudian, Francesco Cremonese, seniman lokal mengaku ia yang telah memahat dan mengubur patung itu. Ia marah, karena karyanya tidak mendapatkan perhatian sebelumnya.

 

Banyak orang meragukan, namun Cremonese, mengundang mereka yang tertarik untuk menyaksikan bengkel seninya. Di sana ia menunjukkan potongan-potongan yang telah dihancurkan dari patung, sebelum ia menguburnya.

 

Para ahli membandingkan potongan2 dari bengkel Cremonese dengan bagian patung yang rusak. Ternyata benar, membentuk patung yang sempurna. (Siti Khotimah; Bahan dari : https://www.liputan6.com/global/read/3891251/4-hoaks-yang-pernah-bikin-para-ilmuwan-dunia-terkecoh)-FatchurR * Bersambung……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita