logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Hoaks Gebrakan Menteri Kesehatan Tentang BPJS

Hoaks Gebrakan Menteri Kesehatan(kompas.com)-Kabar seputar gerakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang berkaitan dengan pasien BPJS Kesehatan dapat dipastikan Hoaks.

 

Pesan yang beredar lewat aplikasi WA ini mengatakan pasien dalam kondisi darurat dapat langsung masuk dan dapat penanganan serius di rumah sakit manapun termasuk RS bintang 5 tanpa bayar lebih dulu. Selain itu, disebutkan pasien tak wajib bayar sepeserpun walau RS bintang 5 itu tidak ikut BPJS.

 

Pasien yang telah melewati masa kritis, dapat dirujuk ke RS yang tergabung dengan BPJS. Bahkan, dalam akhir informasi yang beredar itu menegaskan bahwa RS yang menolak pasien dalam kondisi darurat ini dapat dikenai sanksi pencabutan ijin. Berikut bunyi lengkap pesan tersebut:

 

GERAKAN MENTERI KESEHATAN YG BARU DR TERAWAN

Pasien BPJS dalam kondisi darurat bisa masuk DAN DITANGANI SECARA SERIUS DI rumah sakit manapun TERMASUK RS BINTANG 5 tanpa harus membayar LEBIH DAHULU. Dalam kondisi darurat, RS tidak boleh tanya tentang pembayarannya. PASIEN KONDISI DARURAT harus ditangani RS sampai maksimal baru bicara tentang Biaya.
Pasien Panduan Bpjs…tiddak wajib membayar sepeserpun walau RS bintang 5 tidak ikut BPJS. Karena setelah melewati masa kritis, pasien dapat dirujuk ke RS yg sdh bergabung dg BPJS. dan Rumah Sakit yg telah menangani pasien gawat darurat dapat menagihkan Ke BPJS.
BERGABUNG DENGAN BPJS KELAS MANAPUN.

Apabila ada RUMAH SAKIT yg menolak pasien dalam kondisi darurat, laporkan ke 1500567 HALOKEMENKES ATAU WWW.KEMKES.GO.ID TWEET@KEMENKES.

 

SEBARKAN INFO INI DAN LAPORKAN KE KEMENKES 1500567 DAN VIRALKAN RUMAH SAKIT YANG MENOLAK RAKYAT INDONESIA YG SAKIT KONDISI DARURAT. SANGSI TERBERAT RS YG MENOLAK PASIEN DALAM KONDISI DARURAT ADALAH PENCABUTAN IJIN RUMAH SAKIT.

 

Salah satu warganet yang mendapat pesan ini melalui Twitter mencoba melakukan konfirmasi, begini tulisnya: “Beberapa hari ini saya menerima chat dari WAG yg isinya mengenai gebrakan Menkes terkait pelayanan pasien darurat BPJS yg dapat dilayani di RS mana saja termasuk RS bintang 5. Benarkah ?,” tulisnya.

 

Tanggapan Kemenkes dan BPJS Kesehatan

Karo Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati menegaskan informasi ini hoaks atau tidak benar. “Narasi disinformatif ini menyebar sejak 2017,” kata Widyawati saat dihubungi Kompas.com, (7/11/2019).

 

Kabar ini bukan berasal atau gebrakan dari Menkes Terawan Agus Putranto. “Pesan itu juga bukan berasal dari Kementkes atau BPJS Kesehatan,” ujarnya. Rumah sakit tidak mengenal klasifikasi bintang 5, melainkan RS kelas A, B, C, dan D. Kelas pelayanan RS untuk pasien JKN terdiri dari kelas 1, 2, dan 3.

 

Peserta JKN-KIS yang memerlukan pelayanan gawat darurat dapat langsung memperoleh pelayanan di setiap fasilitas kesehatan, baik yang bekerjsama atau tidak kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

 

Hal ini tertuang dalam Pasal 63 Perpres No. 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta dilarang menolak pasien dan/atau minta uang muka, seperti diatur Pasal 32 ayat 2 UU No. 36/2009 tentang Kesehatan. Dikonfirmasi terpisah, Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Ma’ruf menegaskan isi dalam pesan itu tidak benar.

 

“Ini hoaks. Karena klasifikasi RS tak dikenal istilah bintang, seperti contohnya hotel atau airline. Yang ada kelas RS, dan diatur kriteria kelasnya berdasar permenkes yang berlaku,” kata Iqbal, (7/11/2019).

 

Iqbal menuturkan, pasien peserta JKN-KIS dengan kondisi gawat darurat wajib ditangani RS, baik yang bekerjasama maupun tidak bekerja sama. “Semua diatur dalam regulasi”. Pelayanan kegawatdaruratan telah diatur melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 47 Tahun 2018.

 

(Penulis : Mela Arnani; Editor : Nibras Nada Nailufar; Bahan dari : https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/07/135919565/beredar-hoaks-gebrakan-menteri-kesehatan?page=all)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita