logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Hindari Perang kata2 pemicu perpecahan

pilpres 2019(beritasatu.com)-JAKARTA; Pakar komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, perang kata2 dan tagar di medsos jelang Pemilu Presiden 2019 bisa picu perpecahan.

 

“Kondisi ini harusnya tak perlu terjadi bila masing2 kubu mempromosikan promosi kebaikan calonnya, bukan saling serang kejelekan lawan politiknya” kata Hendri di Jakarta (19/9). Masyarakat harus bertanggung jawab mengelola medsos. Informasi yang disampaikan harus benar dan menyejukkan.

 

“Jangan sampai gara2 itu, Indonesia pecah,” kata pendiri Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) ini. Dia sarankan kedua kubu bijak saat berkampanye, konvensional atau di dunia maya. Di satu sisi, keramaian jelang pilpres bisa dianggap bentuk kegairahan masyarakat menyambut pesta demokrasi.

 

Di sisi lain bisa jadi masalah bila setelah pilpres terjadi kubu2an di masyarakat. Hal senada dikemukakan Direktur Eksekutif Komunikonten, Institut Media Sosial dan Diplomasi Hariqo Wibawa Satria menanggapi tagar #2019TetapPancasila dan #2019TetapAntiPKI.

 

Yang terjadi di medsos setelah dua tagar itu keluar, kedua pendukung lewat akun asli atau anomim saling menunjukan bukti ada PKI di kubu Jokowi-Maruf dan ada HTI-Khilafah di kubu Prabowo-Sandi. “Bahayanya tak semua masyarakat paham yang mengeluarkan tagar itu benar2 mencurigai, menuduh, atau sekadar strategi mempertahankan suara dan menambah suara baru” tuturnya.

 

Menurut dia tingkat bahaya yang tertinggi adalah ketika masyarakat benar2 meyakini jika Prabowo-Sandi menang maka berarti juga kemenangan HTI, sedang jika Jokowi-Maruf menang maka itu juga kemenangan PKI.

 

“Kita saling mencurigai, menuduh, bahkan mempersekusi sehingga pembicaraan terhadap program dan ide dari kedua pasangan untuk NKRI menjadi terpinggirkan” ujarnya. (BW; Bahan dari : ANTARA dan http://www.beritasatu.com/nasional/511523-perang-katakata-dan-tagar-bisa-picu-perpecahan.html)-FatchurR *

 

*** Saran buat pembaca : Jangan ikutan arus yang menyebabkan perpecahan diantara kita. Kalau memungkinkan meredam kecenderungan perpecahan itu (FR)

One Response to Hindari Perang kata2 pemicu perpecahan

  • Harry Reksosamudra says:

    Kekuasaan ternyata punya daya tarik luar biasa bg partai atau komunitas tertentu, mrk berupaya saling provokasi yg tdk ada sangkut pautnya dg jabatan yg diperebutkan.
    Mestinya kan adu program shg minimal memambah pengetahuan saat jd penguasa yg dg demikian kebaikan pelaksanaan program rakyat bisa lbh mengena.
    Pdhal provokasi itu jelas hanya buang energi sia2 tanpa hasil, mestinya hal ini disadari oleh pihak2 yg berkompetisi, anehnya setiap pilkada aplgi pilpres, segala unek2 rasa tdk suka yg dikemukakan, kan ini tdk beda saat kita msh remaja anak sekolahan. Kumahak teu kt org Sunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita