logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Hewan ini berjalan diatas air

Merdeka.com-Di banyak film Jepang / Hollywood, ninja digambarkan sebagai pendekar misterius yang punya banyak kemampuan hebat, salah satunya berjalan di atas air. Ddi dunia binatang ada beberapa spesies yang berkemampuan ninja tersebut. Berikut lima di antaranya.

 

1.Anggang-anggang

Serangga ini tersebar hampir di seluruh nusantara. Anggang2 disebut laba2 air karena kebiasaannya berjalan atau melompat di atas air. Ciri khas serangga ini : Cara berjalannya yang nampak maju mundur beraturan. Tapi jangan salah, anggang2 bisa bergerak cepat di atas air (1,5 meter/detik)

 

Anggang2 bisa berjalan di atas air kerena punyi kaki berambut halus yang banyak. Rambut2 berukuran nano itu mempunyai susunan khusus dan dilapisi zat lilin yang membuat udara terperangkap di dalamnya. Alhasil, kaki2 berambut anggang2 bisa berfungsi bak pelampung.

 

2.Laba2 pemancing

Ini dia laba2 air sesungguhnya, laba2 Dolomedes atau laba2 pemancing. Serangga ini makanannya tidak lazim, yakni ikan. Untuk menangkap ikan dari sungai-kolam, laba2 ini berjalan di atas air. kemampuan itu berasal dari badan yang penuh dengan rambut halus anti air, mirip dengan milik anggang-anggang.

 

3.Tokek kerdil

Tokek mungil ini berasal dari hutan hujan Amazon. Tinggal di kawasan hutan sering tenggelam karena banjir, tokek kerdil mengembangkan sistem adaptasi hebat. Sisik-sisik tokek ini anti air, dikatakan tidak bisa basah. Dengan bobot tubuhnya yang ringan, tokek kerdil bisa membuat tubuhnya berdiri kokoh di atas air.

 

4. Kadal basilisk

Anda tentu kerap melihat aksi kadal satu ini di banyak video-video dokumenter dunia binatang. Ya, kadal basilisk adalah hewan dengan kemampuan berlari di atas air yang paling terkenal. Kadal ini hidup di pohon2, namun saat dikejar pemangsa atau hendak menangkap mangsa, kadal ini bisa berdiri dan berlari dengan kaki belakangnya.

 

Kecepatan langkah kaki kadal ini mampu menopang tubuhnya di atas air, membuatnya mampu berlari di permukaan air hingga beberapa meter sebelum akhirnya tenggelam dan berenang seperti biasa. (BBO); http://m.merdeka.com/teknologi/mirip-ninja-5-hewan-ini-bisa-berjalan-di-atas-air.html)-FatchurR

————

 

Sajian Iptek berikutnya adalah :

  1. Jangan coba plagiat
  2. GoogleMap bisa tunjukkan jejak
  3. Motor termurah HD jadi idola di IIMS

————-

 

Jangan coba plagiat

Merdeka.com – Banyaknya kasus plagiarisme oleh akademisi saat membuat karya ilmiah makin mengkhawatirkan. Inilah yang ditangkap Blue Camp’s Team UGM. Mereka menciptakan perangkat lunak yang mampu menangkap sinyal plagiat yang disebut Tessy (Test of Literatures Similarity).

“Cara kerjanya dengan membandingkan pola deretan huruf, frase, kalimat. Tessy menghitung kemiripan dua buah atau lebih manuskrip ke dalam bentuk persentase,” jelas inovator Tessy, Aman Rohiman dikutip dari rilis Inovasi Indonesia 2014 Kemenristek, Senin (4/5).

Kelebihan lainnya, Tessy dapat mendeteksi kemiripan dalam berbagai bahasa. Tessy pun dapat diakses secara online. “Ini merupakan pengembangan Tessy versi destop yang mendapat predikat software e-learning terbaik di ajang Acer Intel Competition 2008,” lanjut dia.

Kini Aman bersama dua rekannya, Didi Achjari dan Dimas Mukhlas Widiantoro bekerja sama bisnis untuk mengembangkan dan memasarkan Tessy. Mereka yakin kesiapan Tessy prima dan telah diuji di lapangan prototype. “Tessy mampu merekam jejak aktivitas user dan supervisor dan letak kemiripan ditunjukkan dengan akurat,”. Penemuan ini terpilih sebagai satu dari 106 inovasi yang diunggulkan Kemenristek tahun 2014. (Bal; http://m.merdeka.com/peristiwa/jangan-coba-coba-plagiat-tessy-bisa-melacaknya.html

————

 

GoogleMap bisa tunjukkan jejak

KOMPAS.com-Google baru merilis fitur baru untuk aplikasi peta Google Maps, Rabu (22/7/15). Fitur bernama Your Timeline ini mengizinkan pengguna melihat jalur yang dilewati setiap harinya. “Your Timeline bisa membuat Anda membayangkan rutinitas kehidupan nyata, mempermudah melihat perjalanan yang ditempuh, dan sekilas melihat tempat menghabiskan waktu,” tulis Gerard Sanz, Product Manager Google Maps, dalam blog resmi perusahaan.

Google menjamin, fitur ini bersifat pribadi dan hanya bisa dilihat sendiri. Pengguna tidak bisa membagi sejarah lokasi yang telah ditempuhnya kepada pengguna lain. Pengguna diberikan kebebasan untuk mengatur timeline-nya itu. Dalam artian, pengguna bisa menghapus sejarah jalur atau tempat yang dilaluinya.

“Anda bisa mengedit tempat mana saja yang muncul di Your Timeline, termasuk menghapus lokasi spesifik atau memberi tempat yang sering dikunjungi nama tersendiri, seperti Rumah Ibu atau Jalur Lari Favorit Saya. Tempat tersebut nantinya akan muncul di Google Maps setiap Anda log in,” lanjut Sanz.

 

Selain itu, Google mengintegrasikan fitur baru tersebut dengan aplikasi Google Photos. “Jika Anda menggunakan Google Photos, kami akan menampilkan foto yang dijepret di hari tertentu, untuk membantu mengingatkan,” tuturnya.

Your Timeline sebenarnya berfungsi yang sama dengan fitur Location History, yang juga ada di Google Maps. Bedanya, fitur Your Timeline lebih mudah diakses dan memiliki tampilan yang lebih baik. Tampilan fitur ini, seperti KompasTekno rangkum dari Venture Beat, memiliki desain khas Android 5 Lollipop, Material Design.

Nantinya, fitur ini bisa diakses langsung melalui toolbar yang ada di sebelah kiri layar perangkat Android. Toolbar itu dapat diakses dengan menekan simbol tiga garis yang ada di kotak pencarian, persis di sebelah kata Google. Pengguna juga bisa menyapu layar ke arah kanan untuk membuka menu tersebut. “Your Timeline” terletak di bagian atas, tepat di bawah Your Places.

Satu hal yang harus diingat, fitur Your Timeline baru bisa digunakan apabila pengguna mengaktifkan fitur “Location History” di perangkat Android. Biasanya, menu tersebut dapat dilihat di bagian Setting, kemudian Privacy.

Fitur Your Timeline baru akan dirilis untuk platform Android dan PC. Google melepas fitur Your Timeline bertahap. Hingga kini, fitur itu belum bisa dicoba di Indonesia. (Wicak Hidayat; Venture Beat dan http://tekno.kompas.com/read/2015/07/23/09380087/Google.Maps.Bisa.Tunjukkan.Jejak.Perjalanan)-FatchurR

————-

 

Motor termurah HD jadi idola di IIMS

Jakarta, KompasOtomotif – Mabua Harley Indonesia dapat angin segar dalam kesertaannya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Pada 4 hari gelaran IIMS, Mabua melego delapan unit. Tipe Street 500 jadi produk terlaris. Motor berkapasitas 500 cc yang diciptakan untuk kaum urban perkotaan ini mendapat animo yang cukup tinggi dalam beberapa hari pameran.

“Sudah empat hari, kita sudah jual delapan unit,” ucap wiraniaga di booth Harley kepada KompasOtomotif, Senin (24/8/2015). Motor yang dibanderol sebesar Rp 225 juta off the road ini menjadi produk termurah Harley. Dibandingkan dengan produk lainnya yang turut dijual seperti Softail Slim dan Road Glide Special, Street 500 menjadi yang terbanyak.

“Dari delapan unit, Street 500 yang paling banyak,” ucap tenaga sales itu tanpa menyebutkan berapa angka persis Street 500 dari total penjualan Mabua di IIMS. (Srtanly Ravel; Azwar Ferdian; http://lipsus.kompas.com/pameranotomotifnasional/read/2015/08/24/163831015/motor.termurah.harley-davidson.jadi.idola.di.iims)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita