Durian merah

buah durian merahHutan Kalimantan tidak hanya terkenal sebagai salah satu paru-paru bumi paling penting.  Tak terhitung program dan dana yang keluar dari seluruh dunia untuk menyelamatkan pulau ini dari deforestasi dan kerusakan hutan total, sekaligus menyelamatkan keragaman hayati paling mengagumkan di muka bumi. Hutan Kalimantan adalah rumah bagi berbagai spesies satwa yang beberapa di antaranya hanya ada di pulau itu, pun juga tempat hidup bagi aneka pohon dan tanaman yang langka dan unik.  Saya tak pernah bisa membayangkan, bagaimana jika saya tersesat di hutan lebat Kalimantan, yang…(dalam keyakinan saya) menyimpan pohon-pohon buah yang enak.

Bagi yang suka durian seperti saya, mari sama-sama menelan ludah..hehe

Durian merah. Dagingnya merah

Saya pernah beberapa kali melihat durian yang dagingnya berwarna merah, yang saya dengar durian jenis ini cukup banyak ditemukan di hutan Kalimantan. Beberapa waktu yang lalu di Banyuwangi, saya juga sempat melihatnya. Tak henti saya berdoa agar saya bisa dipertemukan dengan durian ini, ingin sekali mencoba.

Nah, kalau foto yang di atas ini namanya Lahong. Untuk durian yang satu ini tidak ditemukan di daerah lain di luar Kalimantan, saya pun pernah melihatnya sekali. Sekali saja waktu di Samarinda. Lahong adalah durian berwarna merah.  Lahong mempunyai duri yang panjang dan lebih runcing dari pada durian biasa. Agak mirip rambutan, tapi tentu ukurannya jauh lebih besar.
Daging buahnya tipis, dengan wangi yang khas, bijinya berkulit coklat kehitaman. Masyarakat Kutai terkadang menjadikan buah Lahong ini sebagai campuran makanan Bubur Kacang Hijau. Aroma buah Lahong yang khas akan menambah sedap rasa Bubur Kacang Hijau.

Lahong termasuk tanaman langka. Untuk itu, selain harus cepat-cepat mengunjungi Kalimantan untuk mencoba durian ini, kita pun harus ikut dalam upaya mengatasi perusakan hutan Kalimantan, baik itu dari pertambangan, maupun perkebunan sawit.

Yuk, jelajahi negeri sendiri.

Sumber: http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/01/20/durian/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita