logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Dunia Batik awali Pembukaan ASIAN Para Games-2018

pembukaan asian para games-2018(beritasatu.com)-JAKARTA; Adegan upacara pembukaan Indonesia 2018 Asian Para Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), (6/10) diawali dengan menampilkan dunia batik yang mempresentasikan esensi keberagaman.

 

Penari cambuk yang mewakili pembuat Mandala menghitung mundur berinteraksi dengan motif batik dan nomor yang diproyeksikan oleh laser. Irama terus berdentum menuju puncak dan berakhir dengan membahana saat mencapai angka nol dengan petasan.

 

Setelah kemunculan angka nol, Rosalina Oktavia, model disabilitas hadir di belakang Penari Cambuk  menggunakan kostum Ikon. Penari Cambuk membungkukkan badan sebagai simbol penghormatan bagi komunitas disabilitas, diiringi menyalanya gelang2 LED dari tempat duduk, menciptakan efek gelombang sebelum diakhiri pertunjukan pyro yang mengagumkan.

 

Memasuki Ikon Keberagaman, menampilkan relief di candi sebagai saksi hidup kisah ini. Mereka menyimpan cerita abadi tentang pria-wanita, difabel dan non-difabel, hidup dalam keharmonisan. Cerita tentang Islam, Hindu, Buddha, Konghucu, Kristen, dan Katolik beribadah berdampingan dengan damai.

 

Awalnya, relief di candi terlihat seperti statik, namun lama kelamaan, tampak sebagian relief ini pemeran2. Sebanyak 20 orang pemeran, termasuk (5 pemeran disabilitas) berada di permukaan candi, memerankan pertunjukan gambar hidup di panggung utama di balik kepulan efek asap.

 

Pemeran2 membawakan prop dan ikon bercahaya melambangkan 5 daerah dan 5 agama di Indonesia. Satu per satu ikon bersinar dengan musik dan koreografi yang terinspirasi dari masing2 ikon. 20 pemeran relief muncul dari candi Indonesia yang unik. Wajah2 masyarakat Indonesia diproyeksikan di layar.

Warna utama kostum pemeran ikon adalah merah dan emas, warna utama baju nasional Indonesia yang
bisa ditemukan di setiap suku. Setiap daerah yang diperankan berkain dari daerahnya masing2 yaitu Toraja, Betawi, Padang, Jawa, Batak. (Hendro D Situmorang; Bahan dari : Suara Pembaruan dan http://www.beritasatu.com/olahraga/514944-dunia-batik-awali-pembukaan-asian-para-games-2018.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita