logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Ditemukan Wilayah Di Bumi Yang Tidak Ada Kehidupan

Di Dallol Ethiopia Bumi Yang Tidak Ada Kehidupan(suara.com)-Sepanjang pengetahuan manusia, Bumi jadi satu-satunya planet yang dipastikan memiliki kehidupan. Namun, penelitian terbaru menemukan sebuah wilayah di Bumi yang tidak punya kehidupan sama sekali.

 

Dikutip dari Science Alert pada (3/11/2019), ilmuwan meneliti lokasi ekstrem, yaitu kolam hydrothermal yang terletak di Dallol, Ethiopia. Tempat ini berisi air super asam dan sangat asin, berwarna hijau, kuning, orange, dan coklat.

 

Jika dipandang dari jarak jauh, kolam ini terlihat elok. Namun, para ilmuwan melarang makhkuk hidup mendekati area ini, karena sangat beracun, mengingat di bawah kolam tersebut terdapat gunung berapi.

 

Penelitian terbaru ini menepis asumsi penelitian sebelumnya yang mengatakan kolam hydrothermal Dallol itu masih memungkinkan untuk ditinggali organisme ultra mikro. “Kami menyanggah klaim bahwa ada kehidupan di kolam hydrothermal Dallol,” ujar Jodie Bella, salah seorang tim peneliti dari Universite Paris-Sud, Prancis.

 

“Apakah ada kehidupan di situ? Kami katakan tidak, berdasarkan kombinasi teknik mikroskopik dan molekular,” imbuhnya.

 

Sebelum sampai pada kesimpulan tersebut, tim peneliti menggunakan berbagai teknik ilmiah untuk menganalisis beragam sampel yang diambil dari lingkungan Dallol. Hasilnya, tidak ada pertanda kuat ada kehidupan yang berkembang biak di sana.

 

“Kebanyakan dari mereka berhubungan dengan kontaminasi laboratorium dan yang lainnya adalah bakteri dari manusia, mungkin dari turis yang datang ke situs itu,” tandasnya.

 

Oleh karena itu, tim peneliti menyimpulkan bahwa mikroba yang hidup dan aktif tidak dijumpai di sana. Buruknya kondisi lingkungan di sana menyebabkan sel makhluk hidup mudah hancur.

 

Namun tentu saja temuan ini belum final karena studi yang menyeluruh belum dilakukan. Tapi untuk sementara, mereka sepakat menyimpulkan bahwa makhluk hidup takkan bisa bertahan di kolam hydrothermal Dallol.

 

(Ririn Indriani; Tivan Rahmat;  Bahan dari : https://www.suara.com/tekno/2019/11/03/145725/peneliti-temukan-wilayah-di-bumi-yang-tak-ada-kehidupan)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita